Seorang leader harus mengambil keputusan dalam rutinitas sehari-hari. Namun, leader juga harus bisa memahami pendekatan manakah yang baik untuk situasi tertentu. Apakah topdown approach atau bottom-down approach?
Category: Kepemimpinan dan Manajemen
Ngopi tentang Kepemimpinan dan Manajemen
Hamid Fahmy Zarkasyi Suatu ketika Zia’ul Haq (alm) Presiden Pakistan tahun 1977-1989, mengumpulkan para wartawan untuk berdialog dan makan siang. Disela dialog itu Zia’ul Haq bertanya kepada Nizami, pimpinan redaksi koran the Nation. “Nizami menurut anda siapa yang mendirikan dan membangun negara”, tanya Zia. Nizami agak lama berpikir memahami logika Zia, dan lalu menjawab “Politisi”. […]
Dalam melakukan sebuah bisnis, Kita dihadapkan dengan orang-orang yang sangat sering berinteraksi dengan bisnis kita, baik pembeli, pemasok maupun reseller kita. Hal yang tak kalah penting kita kedepankan adalah memberikan pelayanan yang baik sehingga mereka akan cukup senang berinteraksi dan berbisnis dengan kita. Tentunya dengan memberikan layanan prima yang special untuk keberlangsungan dan kenyamanan dalam […]
In doing business, we are faced with people who are very often interact with our business, both buyers, suppliers and our resellers. It is no less important that we put forward is to provide good services so that they would be quite happy to interact and do business with us. Of course, by providing excellent […]
REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ali Mustafa Yaqub Imam Besar Masjid Istiqlal Pemimpin kita ini nama lengkapnya adalah KH Abdul Razaq Fachruddin, dan akrab disapa Pak AR. Beliau wafat di Yogyakarta pada 1995 dalam usia 79 tahun. Semasa hidupnya yang diisi dengan khidmah kepada Islam dan Indonesia penuh dengan keteladanan yang patut ditiru generasi masa kini. Kendati kami […]
Source : ISO/IEC 20000-1:2011 Pada struktur kerangka kerja ISO/IEC 20000 yang terlihat diatas dalam sistem manajemen layanan terdiri dari : Cakupan : berisi tentang definisi cakupan dari standar Definisi dan Istilah : berisi tentang daftar definisi dan istilah yang digunakan Kebutuhan Manajemen Sistem : berisi kebutuhan umum bagi manajemen sistem yang terdiri atas tanggungjawab manajemen, […]
ISO/IEC 20000 merupakan standar yang berkaitan dengan manajemen layanan TI (IT Service Management). ISO/IEC 20000 memberikan spesifikasi mengenai kelompok dalam proses manajemen dan kebutuhan-kebutuhannya. Secara umum ISO/IEC 20000 dapat dibagi menjadi dua bagian manajemen layanan TI, antara lain : ISO/IEC 20000-1:2011 : menyediakan bagian pertama dari standar ISO 20000. Berisi mengenai spesifikasi dan kebutuhan yang […]
hal yang lumrah jika dalam bermasyarakat kita menemukan orang yang suka dan tidak suka pada diri kita. Sebaik apapun tabiat orang pasti ada yang tidak menyukai. Begitu pula seburuk-buruknya orang masih ada pula orang yang menyukai. Orang yang tidak menyukai orang baik bisa dipastikan orang yang tidak suka tersebut memang bukan orang baik. Orang yang […]
From 7 Ways to Dramatically Advance Your Career by Bruce Kasanoff and Michael Hinshaw They didn’t waste time updating their resumes… The fastest way to advance your career is to drive innovation, rather than fall victim to it. Eliminate your industry’s persistent pain […]
Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang tetap mampu menunjukkan kinerja tinggi dan mencapai kesuksesan pada saat kondisi kritis dan penuh tekanan. Para pemimpin yang hebat pantang putus asa dan selalu berusaha menumbuhkan potensi-potensi terbaik dari timnya. Berikut ciri-ciri pemimpin yang hebat, menurut Justin Menkes dalam buku Better Under Pressure: How Great Leaders Bring Out the […]
Beliau adalah Sulaiman al-Qonuni bin Salim, orang-orang Barat mengenalnya dengan Sulaiman yang agung atau Suleiman the Magnificent. Ia adalah salah satu sultan yang termasyhur dari kerajaan Turki Utsmani. Pemerintahannya berlangsung selama 48 tahun, dimulai dari tahun 926 H hingga 974 H. Dengan demikian, ia adalah sultan terlama dibanding sultan-sultan lainnya yang memerintah kerajaan Turki […]
Dalam salah satu studi yang pernah dilakukan IBM Institute for Business Value dan IBM Strategy & Change, para chief executive officer (CEO) perusahaan maupun senior leader di sektor publik mengakui bahwa masyarakat dan perusahaan menghadapi tantangan yang makin kompleks. Kesimpulan yang menarik dan relevan bagi kita di saat hendak memilih pemimpin nasional ialah bahwa ‘kreativitas merupakan kompetensi kepemimpinan terpenting’ […]
Strategi Fungsional
Strategi fungsional adalah strategi yang lebih bersifat teknis yang merupakan rumusan arahan dan pedoman dan operasional. Startegi tersebut terdiri dari 6 jenis, yaitu: Strategi produksi, strategi ini untuk menetapkan apa yang menjadi produk unggulan, produk kompetitif, produk baru, sesuai dengan kompetensi pokok yang dimiliki. Strategi pemasaran, strategi ini untuk menetapkan pasar mana yang akan digarap, […]
Konsep Strategi
Konsep Strategi : Definisi, Perumusan, Tingkatan dan Jenis Strategi Pengertian Strategi Definisi strategi adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture (David, p.15, 2004).
Selecting the strategy
Scientists hypothesize that S. invicta populations in the U.S. evolved these different strategies as they invaded. The first colonizers of the U.S. found virgin territory to conquer — plenty of empty nest sites — and correspondingly, the single-queen colony form was selected for. As those colonies reproduced, they filled more and more of the available nest sites, and without […]
To understand how ant queens might fare in this evolutionary game, imagine two S. invicta queens ready to leave their home nests. One queen — let’s call her Mono — carries a gene that causes her to leave her home nest and start a colony by herself. So Mono always has a “go it alone” strategy — […]