Punya usaha baru hidup? Dan ingin selalu hidup? Usahakan terus pelayanan prima!

My Activities

Dalam melakukan sebuah bisnis, Kita dihadapkan dengan orang-orang yang sangat sering berinteraksi dengan bisnis kita, baik pembeli, pemasok maupun reseller kita.  Hal yang tak kalah penting kita kedepankan adalah memberikan pelayanan yang baik sehingga mereka akan cukup senang berinteraksi dan berbisnis dengan kita.  Tentunya dengan memberikan layanan prima yang special untuk keberlangsungan dan kenyamanan dalam menjalankan bisnisnya.  Pelayanan prima biasanya sangat berhubungan erat dengan bisnis jasa pelayanan yang dilakukan dalam upaya untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pelanggan atau konsumen, sehingga pelanggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik dan benar.

Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga merupakan strategi dalam rangka memenangkan persaingan. Akan tetapi tidak cukup hanya memberikan rasa puas dan perhatian terhadap pelanggan saja, lebih dari itu adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan, sehingga dapat menimbulkan kesan positif dari pelanggan.  Pelayanan prima harus ditunjang oleh kualitas sumber daya manusia yang handal, mempunyai visi yang jauh ke depan dan dapat mengembangkan strategi dan kiat pelayanan prima yang mempunyai keunggulan.

Di samping itu, harus diupayakan terus menerus untuk meningkatkan kemampuan para pelaku usaha yang langsung memberi pelayanan agar dapat menumbuhkan dedikasi dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan untuk tetap setia menggunakan produk barang dan jasa kita, tanpa sempat lagi melirik atau memakai produk lain.  Kita tidak sadari betapa pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan karena keberhasilan pelayanan prima yang dapat juga menimbulkan hal-hal sebagai berikut;

  1. Pelayanan prima dapat menimbulkan keputusan pihak pelanggan untuk segera membeli produk yang kita tawarkan pada saat itu juga,
  2. Pelayanan prima dapat menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap produk kita,
  3. Pelayanan prima diharapkan dapat mempertahankan pelanggan agar tetap loyal (setia) menggunakan produk kita,
  4. Pelayanan prima diharapkan dapat mendorong pelanggan untuk kembali lagi membeli produk kita, dan
  5. Pelayanan prima dapat menghindarkan terjadinya tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang tidak perlu.

Ada “3 Konsep Dasar” dalam Pelayanan Prima yang diharapkan dapat menunjang peforma bisnis Anda, dikenal dengan Konsep 3A diantaranya  :

 

Konsep Sikap (Attitude)

Keberhasilan bisnis industri jasa pelayanan akan sangat tergantung pada orang-orang yang terlibat didalamnya.  Sikap pelayanan yang diharapkan tertanam pada diri para pelaku usaha adalah sikap yang baik, ramah, penuh simpatik, dan mempunyai rasa toleransi yang tinggi terhadap pelanggannya. Pelanggan akan menilai perusahaan dari kesan pertama dalam berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut.

 

Konsep Perhatian (Attention)

Dalam melakukan kegiatan layanan, seorang wirausahawan di bidang jasa pelayanan harus senantiasa memperhatikan dan mencermati keinginan pelanggan. Apabila pelanggan sudah menunjukkan minat untuk membeli suatu barang/jasa yang kita tawarkan, segera saja melayani pelanggan tersebut dan tawarkan bantuan, sehingga pelanggan merasa puas dan terpenuhi keinginannya. Hal-hal sederhana seperti  mengucapkan salam pembuka pembicaraan, menanyakan apa saja keinginan pelanggan, mendengarkan dan memahami keinginan pelanggan, melayani pelanggan dengan cepat, tepat dan ramah, serta menempatkan kepentingan pelanggan pada nomor urut 1 (number one person).

 

Konsep Tindakan (Action)

Pada konsep perhatian, pelanggan “menunjukkan minat” untuk membeli produk yang kita tawarkan. Pada konsep tindakan pelanggan sudah ”menjatuhkan pilihan” untuk membeli produk yang diinginkannya. Terciptanya proses komunikasi pada konsep tindakan ini merupakan tanggapan terhadap pelanggan yang telah menjatuhkan pilihannya, sehingga terjadilah transaksi jual-beli.  Bentuk-bentuk sederhana pelayanan berdasarkan konsep tindakan misalnya segera mencatat pesanan pelanggan, menegaskan kembali kebutuhan/pesanan pelanggan, menyelesaikan transaksi pembayaran pesanan pelanggan dan tidak lupa mengucapkan terimakasih diiringi harapan pelanggan akan kembali lagi

Itulah dahsyatnya sebuah pelayanan yang semestinya diberikan kepada pelanggan-pelanggan kita sepanjang usaha yang kita jalankan, dan semata untuk memberikan sebuah magnet sekaligus kunci untuk mengikatkan diri kiat pada akses pasar yang lebih riil dengan mengandalkan permintaan mereka yang ta pernah berhenti dan selalu berkesinambungan.  Selamat mencoba….

 

Sumber: http://strategidanbisnis.com/artikel/838/utamakan-pelayanan-p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.