Categories
Kepemimpinan dan Manajemen TIK

Metode PDCA Implementasi IT Service Management ISO 20000

ISO/IEC 20000 merupakan standar yang berkaitan dengan manajemen layanan TI (IT Service Management). ISO/IEC 20000 memberikan spesifikasi mengenai kelompok dalam proses manajemen dan kebutuhan-kebutuhannya. Secara umum ISO/IEC 20000 dapat dibagi menjadi dua bagian manajemen layanan TI, antara lain :
  • ISO/IEC 20000-1:2011 : menyediakan bagian pertama dari standar ISO 20000. Berisi mengenai spesifikasi dan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh organisasi penyedia layanan untuk membangun suatu manajemen layanan TI yang efektif dan mampu memenuhi kebutuhan pengguna.
  • ISO/IEC 20000-2:2012 : berisi serangkaian code of practice bagaimana menerapkan dan memenuhi kebutuhan pada ISO 20000-1.
Source : ISO/IEC 20000-1:2011 (http://www.erdisusanto.com/2015/03/metode-pdca-implementasi-it-service.html)
ISO/IEC 20000 menggunakan metode pendekatan PDCA (Plan-DO-Check-Act) dalam mengembangkan perencanaan dan implementasi IT service management yang dimana suatu organisasi perlu mendefnisikan tujuan, kebijakan, menentukan proses dan menentukan tahapan-tahapan  proses yang diperlukan secara berurutan, antara lain :
  • Plan : merupakan tahapan perencanaan melalui pendefinisian
  • Do : merupakan eksekusi terhadap kegiatan yang telah direncanakan
  • Check : menentukan apakah kegiatan yang telah dilakukan menghasilkan kegiatan yang telah diharapkan
  • Act : penyesuaian perencanaan berdasarkan informasi yang diperoleh selama fase pengecekan

Reference From : International Organisation for Standardization (ISO/IEC). 2011. “ISO/IEC 20000 – 1: 2011 Information Technology – Service Management – Part 1 : Service management system requirements”

 

Metode PDCA Implementasi IT Service Management ISO 20000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Just Shared on Tel-U

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading