Categories
Kepemimpinan dan Manajemen TIK

Framework ISO 20000:1-2011

Source : ISO/IEC 20000-1:2011
Framework ISO 20000:1-2011
Framework ISO 20000:1-2011 http://www.erdisusanto.com/2015/03/framework-isoiec-200001-2011.html
Pada struktur kerangka kerja ISO/IEC 20000 yang terlihat diatas dalam sistem manajemen layanan terdiri dari :
  • Cakupan : berisi tentang definisi cakupan dari standar
  • Definisi dan Istilah : berisi tentang daftar definisi dan istilah yang digunakan
  • Kebutuhan Manajemen Sistem : berisi kebutuhan umum bagi manajemen sistem yang terdiri atas tanggungjawab manajemen, kebutuhan dokumentasi dan pelatihan
  • Perencanaan dan Implementasi Perubahan Layanan TI : berisi kebutuhan bagi organisasi untuk menjalankan metode PDCA
  • Perencanaan dan Implementasi Perubahan Layanan maupun Layanan Baru : berisi kebutuhan umum berkaitan dengan perubahan maupun penyediaan layanan baru yang meliputi adanya kesepakatan biaya dan kualitas, kejelasan akuntabilitas dan perencanaan
  • Service delivery proses terdiri atas proses-proses seperti capacity management, service continuity and availability management, service reporting, service level management, dugetting and accounting for IT service
  • Control process terdiri atas configuration management dan change management
  • Relationship management terdiri atas business relationship management dan supplier management
  • Resolution Process : terdiri atas incident management dan problem management

 

Reference From : International Organisation for Standardization (ISO/IEC). 2011. “ISO/IEC 20000 – 1: 2011 Information Technology – Service Management – Part 1 : Service management system requirements”
Framework ISO 20000:1-2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Just Shared on Tel-U

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading