Source : ISO/IEC 20000-1:2011 |
Pada struktur kerangka kerja ISO/IEC 20000 yang terlihat diatas dalam sistem manajemen layanan terdiri dari :
- Cakupan : berisi tentang definisi cakupan dari standar
- Definisi dan Istilah : berisi tentang daftar definisi dan istilah yang digunakan
- Kebutuhan Manajemen Sistem : berisi kebutuhan umum bagi manajemen sistem yang terdiri atas tanggungjawab manajemen, kebutuhan dokumentasi dan pelatihan
- Perencanaan dan Implementasi Perubahan Layanan TI : berisi kebutuhan bagi organisasi untuk menjalankan metode PDCA
- Perencanaan dan Implementasi Perubahan Layanan maupun Layanan Baru : berisi kebutuhan umum berkaitan dengan perubahan maupun penyediaan layanan baru yang meliputi adanya kesepakatan biaya dan kualitas, kejelasan akuntabilitas dan perencanaan
- Service delivery proses terdiri atas proses-proses seperti capacity management, service continuity and availability management, service reporting, service level management, dugetting and accounting for IT service
- Control process terdiri atas configuration management dan change management
- Relationship management terdiri atas business relationship management dan supplier management
- Resolution Process : terdiri atas incident management dan problem management
Reference From : International Organisation for Standardization (ISO/IEC). 2011. “ISO/IEC 20000 – 1: 2011 Information Technology – Service Management – Part 1 : Service management system requirements”
Framework ISO 20000:1-2011