Close
Security overkill

Apa itu SSL TLS HTTPS?

SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer, merupakan teknologi standar untuk menjaga koneksi internet tetap aman dan melindungi data sensitif apa pun yang dikirim antara dua sistem, mencegah penjahat membaca dan mengubah informasi apa pun yang ditransfer, termasuk detail pribadi yang potensial. Kedua sistem dapat menjadi server dan klien (misalnya, situs belanja dan browser) atau server ke server (misalnya, aplikasi dengan informasi identitas pribadi atau dengan informasi penggajian).

Hal ini dilakukan dengan memastikan bahwa setiap data yang ditransfer antara pengguna dan situs, atau antara dua sistem tetap tidak mungkin untuk dibaca. Ini menggunakan algoritme enkripsi untuk mengacak data dalam perjalanan, mencegah peretas membacanya saat dikirim melalui koneksi. 

Jenis informasi tersebut dapat berupa sesuatu yang sensitif atau pribadi yang dapat mencakup nomor kartu kredit dan informasi keuangan lainnya, nama dan alamat.

TLS

TLS (Transport Layer Security) hanyalah versi SSL yang diperbarui dan lebih aman. Umunya menyebut sertifikat keamanan sebagai SSL karena ini adalah istilah yang lebih umum digunakan.

Ketika seseorang membeli SSL dari vendor, misal dari DigiCert, Anda sebenarnya membeli sertifikat TLS terbaru dengan opsi enkripsi ECC, RSA, atau DSA .

HTTPS

HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) muncul di URL saat situs web diamankan dengan sertifikat SSL. Rincian sertifikat, termasuk otoritas penerbit dan nama perusahaan pemilik situs web, dapat dilihat dengan mengklik simbol kunci di bilah browser.

pexels-photo-285814.jpeg
Photo by Tranmautritam on Pexels.com

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

%d blogger menyukai ini: