Close
centos

Pengguna CentOS Linux 8 menuju kematian

Ngeri yo judulnya.. menuju kematian… hahaha..

Bisnis… semuanya hanyalah masalah bisnis… duitt…

Red Hat mengakhiri dukungan CentOS Linux 8 pada 31 Desember 2021. Sekarang bagaimana dengan anda wahai para pengguna CentOS ?

Apa yang bisa dilakukan?

Selama bertahun-tahun, CentOS Linux dicintai oleh administrator sistem yang paham Linux. Mereka dapat menggunakannya dan mendapatkan semua RHEL tanpa membayar dukungan, kecuali jika mereka benar-benar membutuhkan bantuan. Sekarang CloudLinux , pendukung lama CentOS, sedang membuat ulang model yang sama untuk mendukung klon RHEL-nya, AlmaLinux .

AlmaLinux

AlmaLinux adalah klon RHEL yang solid. Seperti musuhnya, Rocky Linux , AlmaLinux berjalan selangkah dengan RHEL. Misalnya, versi terbaru AlmaLinux adalah AlmaLinux 8.5 , yang merupakan salinan persis dari RHEL 8.5.

Yayasan AlmaLinux , organisasi nirlaba di balik AlmaLinux, juga mengerjakan Proyek Elevate open-source . Ini adalah upaya untuk memungkinkan migrasi antara versi utama dari turunan RHEL. Jadi, misalnya, Anda akan dapat dengan mudah berpindah dari CentOS 7.x ke klon RHEL 8.x mana pun. 

Elevate melakukan ini dengan menggabungkan kerangka kerja Leapp Red Hat dengan perpustakaan dan layanan yang dibuat komunitas untuk kumpulan metadata migrasi yang diperlukan. Layanan ini, Package Evolution Service (PES), memungkinkan Anda mengunduh, menyesuaikan, dan mengirimkan kumpulan data baru untuk paket. Pengguna dan pengelola dapat menggunakan PES untuk membantu membuat migrasi lancar dan mudah.

CloudLinux menawarkan dukungan multi-tingkat untuk AlmaLinux, yang mencakup patch dan pembaruan reguler untuk kernel Linux dan paket inti, perjanjian tingkat layanan pengiriman patch (SLA), dan dukungan insiden 24/7. Selain itu, Perforce juga menawarkan dukungan komersial untuk AlmaLinux dan Rocky Linux . 

Alternatif lain

LINUX AMAZON

OS CLOUDLINUX

HPE CLEAROS

ORACLE LINUX

RED HAT ENTERPRISE LINUX

ROCKY LINUX

Masih Pusing?

Yah mungkin saya juga ngga bisa menentukan mana yang terbaik untuk kebutuhan anda, saya bukan ahli linux, ataupun sysadmin server, saya hanya pengguna wordpress yang kadang bersentuhan dengan web server.

Namun dari banyak pengguna CentOS, mereka lebih mudah migrasi ke AlmaLinux

Sumber: https://www.zdnet.com/article/centos-linux-8-is-about-to-die-what-do-you-do-next/

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

%d blogger menyukai ini: