Close
Webserver

Anda harus mengkonfigurasi server web dengan panduan alat ini

Bagi Anda yang mengonfigurasi web server, tentunya kita menginginkan server yang bagus, aman, cepat dan sesuai dengan pengoptimalan mesin pencari (SEO).

Alat SEO Online Pemeriksaan Konfigurasi Server Web

Saya menemukan pemeriksaan server web online ini https://tools.keycdn.com/http2-test . Sangat membantu bagi saya untuk mengetahui apakah konfigurasi server saya mutakhir dengan teknologi informasi terkini mengenai server web.

Modul yang tersedia:

  • Web (Penganalisis Alat Situs Web Online)

  1. Tes Kecepatan Situs Web Tes Kecepatan HALAMAN LENGKAP

    Apa itu alat Uji Kecepatan Situs Web?

    The website alat Speed Test adalah tes kecepatan halaman penuh yang dapat dilakukan dari 10lokasi berbeda di seluruh dunia. Ini memungkinkan kinerja halaman HTML apa pun untuk diuji dan diukur. The hasil kembali akan memberikan rincian dari permintaan, ukuran konten, dan waktu pemuatan. Selain itu, terdapat waterfall lengkap yang merinci pengaturan waktu dan header HTTP dari setiap aset.

    The website alat Speed Test dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari situs Anda untuk melihat di mana perbaikan dapat dilakukan. Pertimbangkan untuk menambahkan KeyCDN ke tumpukan Anda untuk mengurangi latensi situs web Anda secara signifikan.

    Kode status HTTP apa yang ada?

    Jenis konten apa yang ada?

    • Halaman HTML
    • File JavaScript
    • File CSS
    • File gambar
    • File video
    • File font
    • File lain
  2. URL Uji Kinerja SPEED

    Apa itu alat Uji Kinerja?

    Alat Uji Kinerja adalah pengujian kinerja aset tunggal yang dapat dilakukan dari 10 lokasi berbeda di seluruh dunia. Ini memungkinkan kinerja URL apa pun untuk diuji dan diukur. Hasil yang dikembalikan akan memberikan rincian waktu pemuatan dan header respons HTTP.

    Alat Uji Kinerja dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja satu aset untuk melihat di mana perbaikan dapat dilakukan. Pertimbangkan untuk menambahkan KeyCDN ke tumpukan Anda untuk mengurangi latensi situs web Anda secara signifikan.

    Ada waktu apa?

    • DNS  – Mengembalikan waktu pencarian sistem nama domain (DNS).
    • Hubungkan  – Waktu yang diperlukan untuk terhubung ke server.
    • TLS  – Overhead koneksi TLS pada aset individu.
    • TTFB  – Waktu yang dibutuhkan dari saat klien membuat permintaan HTTP hingga ia menerima data byte pertama dari server.
  3. Pemeriksa Header HTTP ANALISIS KEPALA RESPONS HTTP

    Apa itu alat Pemeriksa Header HTTP?

    Alat Pemeriksa Header HTTP adalah tes curl online. Ini memungkinkan header respons HTTP dari URL apa pun untuk dianalisis. Secara opsional, kirim  header khusus Referer dan X-Pullpermintaan serta opsi pengkodean konten, seperti Brotli dan Gzip. Hasil yang dikembalikan akan memberikan keluaran curl yang lengkap.

    Alat Pemeriksa Header HTTP dapat digunakan untuk memverifikasi konfigurasi server, seperti memeriksa apakah perlindungan hotlink dan kompresi file telah disiapkan dengan benar atau tidak.

    Kode status HTTP apa yang ada?

    Apa itu curl?

    curl  adalah alat baris perintah sumber terbuka yang digunakan untuk mentransfer data dengan sintaks URL, seperti dalam kasus alat ini, permintaan HTTP dan HTTPS.

     

  4. Tes HTTP / 2 VERIFIKASI DUKUNGAN HTTP / 2

    Apa itu HTTP / 2?

    HTTP / 2 adalah pembaruan protokol HTTP besar pertama sejak 1997 ketika HTTP / 1.1 pertama kali diterbitkan oleh IETF. Protokol HTTP baru diperlukan untuk mengikuti pertumbuhan web secara eksponensial. Penerus HTTP / 1.1 membawa peningkatan signifikan dalam efisiensi, kecepatan, dan keamanan, serta didukung oleh sebagian besar browser web modernDaftar  browser yang mendukung HTTP / 2  dapat ditemukan di caniuse.com.

    • HTTP / 2  adalah biner, bukan tekstual.
    • Ini sepenuhnya multiplexing, mengirim banyak permintaan secara paralel melalui satu koneksi TCP.
    • Ini menggunakan kompresi header  HPACK  untuk mengurangi overhead.
    • Hal ini memungkinkan server untuk “mendorong” tanggapan secara proaktif ke dalam cache klien daripada menunggu permintaan baru untuk setiap sumber daya
    • Ini menggunakan  ekstensi ALPN baru  yang memungkinkan koneksi terenkripsi lebih cepat karena protokol aplikasi ditentukan selama koneksi awal.
    • Ini mengurangi waktu perjalanan pulang pergi (RTT) tambahan, membuat situs web Anda memuat lebih cepat tanpa pengoptimalan apa pun.
    • Pemisahan domain  dan penggabungan aset tidak lagi diperlukan dengan HTTP / 2.

    HTTP / 2 memperkenalkan penyempurnaan lainnya, detail selengkapnya:  HTTP / 2 RFC7540

    Pengujian ini dapat memeriksa HTTP dan HTTPS, tetapi sebagian besar browser hanya mendukung HTTP / 2 untuk HTTPS, yang berarti Anda harus  bermigrasi ke HTTPS  jika ingin memanfaatkan keuntungan kinerja.

    Apakah tes ini juga memverifikasi SPDY?

    Tidak secara langsung, tetapi menguji ekstensi TLS mana yang didukung untuk menegosiasikan protokol. Ekstensi TLS yang diuji adalah  NPN  atau  ALPN . Negosiasi Protokol Berikutnya (NPN) muncul sebagai bagian dari protokol SPDY tetapi sudah tidak digunakan lagi. Application Layer Protocol Negotiation (ALPN) adalah penerus NPN dan disetujui oleh IETF ( RFC7301 ). Namun, NPN mengiklankan protokol yang didukung dari server ke klien dan pengujian ini akan menampilkan protokol yang diiklankan jika HTTP / 2 tidak didukung. Iklan protokol telah dibalik di ALPN (klien ke server). Fase pertama dari pemeriksaan HTTP / 2 ini menjalankan tes ALPN dengan hanya H2 dalam daftar protokol.

    Bagaimana cara menguji HTTP / 2 melalui baris perintah?

    Dapatkan terbaru  ikal  rilis dan menggunakan perintah ini: curl --http2.

  5.  Tes Brotli VERIFIKASI DUKUNGAN KOMPRESI BROTLI

    Apa itu kompresi Brotli?

    Brotli  adalah algoritma kompresi open source baru yang dikembangkan oleh Google sebagai alternatif untuk Gzip, Zopfli, dan Deflate. Studi kasus Google   tentang Brotli telah menunjukkan rasio kompresi hingga 26% lebih kecil dari metode saat ini, dengan penggunaan CPU yang lebih sedikit.

    Dukungan Brotli

    Baik server dan klien (browser) harus kompatibel dengan Brotli untuk memanfaatkan ukuran file yang lebih kecil dan berjalan melalui koneksi HTTPS. Kompresi Brotli saat ini didukung oleh browser berikut:

    Alat Uji Brotli

    Dengan alat kami, Anda dapat dengan cepat  memeriksa apakah server web Anda mengirimkan muatan terkompresi Brotli  ke klien Anda. Negosiasi dilakukan melalui Accept-Encoding: br header permintaan. Server dapat menambahkan “br” Content-Encoding: bruntuk menyandikan respons dengan Brotli.

     

  • Jaringan (Penganalisis Alat Jaringan Online)

  1. Pencari Lokasi IP LOOKUP ALAMAT IP ATAU HOSTNAME

    Apa itu Geolokasi IP?

    Geolokasi IP  adalah pemetaan alamat IP ke lokasi geografis internet dari perangkat yang terhubung. Dengan memetakan alamat IP secara geografis, ini memberi Anda informasi lokasi seperti negara, negara bagian, kota, kode pos, garis lintang / bujur, ISP, kode area, dan informasi lainnya.

    Bagaimana cara kerja Pencari Lokasi IP?

    Layanan WHOIS ARIN memberikan informasi kontak dan pendaftaran untuk alamat IP dan tersedia secara gratis untuk diakses. Saat perusahaan memperoleh blok alamat IP, permintaan diajukan dan kemudian IP tersebut ditetapkan ke ISP yang diminta.

    Data geoloaksi IP diperbarui secara otomatis dan termasuk data yang dibuat oleh  MaxMind . Pembaruan manual tidak dimungkinkan.

    Seberapa akurat Geolokasi IP?

    Ada banyak  basis data lokasi IP berbeda  yang dapat Anda gunakan. Sebagian besar vendor mengklaim akurasi 98% atau lebih tinggi. Pemetaan IP ke kota-kota tertentu terkadang dapat sedikit berbeda berdasarkan lokasi hub jaringan penyedia ISP terdekat.

    Apakah itu mendukung pencarian lokasi IPv6?

    Ya, geoloaksi IPv6 juga didukung. Cukup masukkan alamat yang valid di atas untuk melakukan pencarian IPv6.

  2. DNS Checker IP ATAU HOSTNAME LOOKUP

    Pemeriksaan Subnet Klien EDNS

    Subnet edns-client-subnet standar IETF   dikembangkan untuk mengarahkan konten ke pengguna dengan lebih baik dan menurunkan latensi dalam kerja sama antara layanan DNS rekursif dan penyedia CDN. Misalnya, saat menggunakan Open DNS atau Google Public DNS, dan Anda mengunjungi situs web yang disajikan dari penyedia CDN yang mendukung subnet klien EDNS, seperti KeyCDN, versi IP Anda yang terpotong ditambahkan ke permintaan DNS, yang kemudian merutekan berbasis klien di lokasi geografis subnet klien ke server yang paling optimal.

    Apa itu DNS?

    DNS, yang merupakan singkatan dari  sistem nama domain , adalah layanan Internet yang menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Kueri ini dilakukan oleh Server Nama Domain (server DNS) atau server terdekat yang telah diberi tanggung jawab untuk nama host tersebut. Anda dapat menganggap server DNS sebagai buku telepon untuk internet. Sebuah server DNS memelihara direktori nama domain dan menerjemahkannya ke IP.

    Data DNS Umum

    • J: Menunjukkan alamat IP domain.
    • AAAA: catatan alamat IPV6.
    • CNAME: Nama kanonis, digunakan untuk membuat alias domain.
    • NS: Server nama, menunjukkan server nama mana yang berwenang untuk domain tersebut.
    • MX: Mail exchange, daftar server pertukaran email yang digunakan untuk domain.
    • TXT: Penggunaan data administrator untuk fakta dan verifikasi domain.
    • SRV: Layanan, menentukan layanan TCP tempat domain beroperasi.
    • PTR: Catatan penunjuk, memetakan alamat IPv4 ke CNAME.
    • SOA: Status otoritas, menyimpan informasi tentang kapan domain diperbarui.
  3. Ping Uji IP ATAU PING HOSTNAME

    Bagaimana Saya Dapat Meningkatkan Waktu Ping Saya?

    Waktu ping, juga disebut sebagai latensi situs web, dapat dikurangi menggunakan beberapa teknik berbeda seperti yang dijelaskan di bawah ini.

    • Mengurangi jumlah permintaan HTTP
    • Tambahkan Expires atau Cache-Control Header
    • Komponen Gzip
    • Memanfaatkan CDN untuk  mengurangi latensi situs web  dengan menyimpan cache aset situs web di server edge global (POP)
    • Manfaatkan HTTP / 2 dengan meminimalkan jumlah perjalanan pulang pergi dari pengirim ke penerima dan dengan transfer paralel

    Apa itu Ping?

    Ping adalah utilitas yang digunakan untuk mengirimkan   paket ICMP ke sebuah alamat untuk melihat seberapa cepat responsnya (dan bahkan jika ada). Ping penting ketika menyangkut latensi situs web   karena sesuai dengan waktu tunda (dalam milidetik) untuk berapa lama data berjalan melintasi internet, ke alamat tujuannya, dan kemudian kembali kepada Anda. Ping yang lebih cepat berarti koneksi yang lebih responsif.

  4. Ping Tes IPv6 IPV6 ATAU PING HOSTNAME

    Menggunakan Tes Ping IPv6

    Tes Ping IPv6 sangat mirip dengan alat Tes Ping kami   tetapi dalam hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan ping ke host IPv6 atau IP secara bersamaan dari lokasi yang berbeda. Ping penting dalam hal latensi situs web  . Alat mengirimkan paket ICMP ke alamat untuk melihat seberapa cepat responsnya. Ping yang lebih cepat berarti koneksi yang lebih responsif.

    Contoh alamat IPv6 (www.google.com): 2a00:1450:400a:804::2004

    Bagaimana cara melakukan Ping IPv6 di CLI?

    Cukup gunakan perintah ping6 tools.keycdn.com. Mungkin diperlukan untuk menentukan antarmuka dengan argumen -I eth0 (ganti eth0 dengan antarmuka yang sesuai).

  5. Tes Traceroute LACAK IP ATAU HOSTNAME APA PUN

    Menggunakan Alat Traceroute

    Alat ini biasanya digunakan untuk mendiagnosis cegukan atau gangguan dalam transfer data dan menentukan di mana hal itu terjadi. Traceroute IPv4 atau IPv6 ini unik karena memungkinkan Anda menguji berbagai lokasi sekaligus sekaligus. Ini memungkinkan Anda dengan cepat  menentukan apakah ada paket yang hilang atau latensi yang tidak terduga  ke IP atau nama host yang diberikan. CDN dapat membantu mengurangi latensi secara dramatis   dengan meminimalkan jarak antar lompatan.

    Apa itu Traceroute?

    Traceroute , juga disebut tracert, adalah utilitas yang menggunakan   paket ICMP untuk merekam rute melalui internet dari satu komputer ke komputer lainnya. Ini menghitung waktu yang dibutuhkan untuk setiap hop saat paket diarahkan ke tujuan. Untuk menjamin keakuratan, setiap hop di-query beberapa kali (dalam hal ini empat kali) untuk mengukur respon dari hop tersebut dengan lebih baik.

    Direktori Traceroute #

    OLEH NEGARA

  6. BGP Looking Glass DIRECTORY

    Daftar lengkap server kaca pencarian BGP yang terletak di berbagai wilayah geografis.

    Apa itu BGP Looking Glass? #

    BGP, juga dikenal sebagai  Border Gateway Protocol , adalah protokol perutean Internet. Alat kaca tampak BGP adalah perangkat lunak yang diinstal pada  server kaca tampak  yang dapat diakses dari jarak jauh untuk memberikan informasi perutean. Router akses server looking glass, yang merupakan milik penyedia layanan looking glass, dan mengembalikan informasi mengenai tabel perutean BGP. Informasi ini digunakan untuk memverifikasi rute yang dikonfigurasi dan disebarkan dengan benar.

    Bagaimana Saya Menggunakan BGP Looking Glass? #

    Banyak alat looking glass juga hadir dengan opsi untuk melakukan perintah traceroute, perintah ping, dll. Pastikan Anda telah memilih opsi BGP dan memasukkan alamat IP yang ingin Anda uji di bidang kueri atau argumen. Alat kaca pencarian BGP kemudian akan mengembalikan output yang menampilkan jumlah jalur yang tersedia dan jalur terbaik dari jaringan router ke jaringan yang Anda tentukan. Selain itu, ini juga akan menampilkan jalur yang akan diambil router untuk mencapai  AS (sistem otonom) Anda .

 

  • Keamanan (Alat Online Untuk Pemindai Keamanan)

  1. DEKODER SERTIFIKAT Pemeriksa Sertifikat

    Apa itu Sertifikat Menengah?

    Daftar sertifikat SSL, dari sertifikat akar hingga sertifikat pengguna akhir, mewakili rantai sertifikat SSL, atau  sertifikat perantara . Ini harus dipasang ke server web dengan sertifikat utama sehingga browser Anda dapat menautkannya ke otoritas tepercaya. Mereka digunakan dalam   konfigurasi zona SSL Khusus .

    Anda dapat menggunakan alat di atas untuk memecahkan kode sertifikat SSL Anda untuk memeriksa apakah Anda kehilangan sertifikat perantara.

    Sertifikat SSL Menengah Hilang?

    Jika Anda tidak memasang sertifikat SSL perantara, browser web akan menampilkan kesalahan “Sertifikat tidak valid” atau “sertifikat tidak dipercaya”. Anda dapat menggunakan  alat Penyusun Rantai Sertifikat kami  untuk mendapatkan sertifikat perantara Anda.

  2. Penyusun Rantai Sertifikat MEMBUAT SERTIFIKAT MENENGAH

    Dapatkan Rantai Sertifikat Anda

    Jika Anda memiliki sertifikat rantai yang hilang atau tidak tahu apa itu, Anda dapat menggunakan alat pembuat  rantai sertifikat di  atas untuk mengambilnya. Cukup tempelkan konten file .crt Anda dan itu akan mengembalikan sertifikat lengkap Anda termasuk sertifikat perantara. Anda kemudian dapat menginstalnya di server web atau penyedia CDN Anda. Ini juga akan mengembalikan sertifikat yang didekodekan.

    Apa itu Rantai Sertifikat?

    Daftar sertifikat SSL, dari sertifikat akar hingga sertifikat pengguna akhir, mewakili rantai sertifikat SSL  , atau sertifikat perantara. Ini harus dipasang ke server web bersama dengan sertifikat utama. Jika mereka tidak diinstal, browser web akan menampilkan kesalahan “Sertifikat tidak valid” atau “sertifikat tidak dipercaya”. Anda dapat menggunakan  alat Pemeriksa Sertifikat kami  untuk memvalidasi rantai Anda.

  3. Generator SHA256 MEMBUAT SHA256 HASH

    Hasil SHA256

    Generator online SHA256 memungkinkan Anda membuat  hash SHA256 (32-byte) secara instan  dari string atau nilai input apa pun, yang kemudian dikembalikan sebagai bilangan heksadesimal 64 digit.

    Apa itu SHA256?

    SHA, yang merupakan singkatan dari algoritma hash aman, adalah  algoritma hashing kriptografi yang  digunakan untuk menentukan integritas bagian data tertentu. SHA256 telah menjadi penerus SHA1 karena saat ini jauh lebih tahan terhadap serangan tabrakan, karena dapat menghasilkan hash yang lebih panjang yang lebih sulit untuk dihancurkan.

    Penggunaan Khas untuk SHA256

    Hash adalah metode satu arah sehingga hampir tidak mungkin untuk mendekripsi. Ini pada gilirannya berarti bahwa SHA256 sangat ideal untuk otentikasi hash tantangan, pencetakan jari, validasi kata sandi, tanda tangan digital, file pengidentifikasi unik, dan sebagai checksum untuk mendeteksi kerusakan data yang tidak disengaja.

  4. SSL FREAK Uji CVE-2015-0204

    Apa itu serangan FREAK SSL?

    Selasa 2015/03/03 – Peneliti tim miTLS (proyek gabungan antara Inria dan Microsoft Research) mengungkapkan kerentanan baru SSL / TLS – serangan SSL FREAK ( CVE-2015-0204 ). Kerentanan memungkinkan penyerang untuk mencegat koneksi HTTPS antara klien dan server yang rentan dan memaksa mereka untuk menggunakan kriptografi ‘tingkat ekspor’, yang kemudian dapat didekripsi atau diubah.

    Baca lebih lanjut tentang  serangan SSL FREAK .

    Bagaimana cara menghilangkan kerentanan?

    Tingkatkan versi OpenSSL menjadi setidaknya 1.02.

  5. Tes TLS Logjam CVE-2015-4000

    Apa itu serangan Logjam TLS?

    Serangan Logjam (CVE-2015-4000) bertentangan dengan Protokol TLS. Artinya, hal itu memengaruhi layanan yang menggunakan TLS. Serangan tersebut memberikan kemungkinan bagi penyerang man-in-the-middle untuk menurunkan koneksi TLS yang lemah ke kriptografi kunci pertukaran 512-bit. Penyerang dapat membaca dan memanipulasi data, yang ditransfer antara rekan menggunakan koneksi “aman” TLS. Serangan tersebut memiliki kemiripan dengan  serangan FREAK, tetapi penting untuk dicatat bahwa ini adalah cacat dalam protokol TLS dan bukan kerentanan karena implementasinya sendiri. Ia menyerang pertukaran kunci Diffie-Hellman (DH). Sebuah server, masing-masing layanan menggunakan TLS, yang memungkinkan (telah dikonfigurasi) cipher DHE_EXPORT dapat diserang. Ini juga memengaruhi semua browser web modern. Menurut para peneliti, 8,4% dari domain “1 Juta Teratas” terpengaruh.

    Baca lebih lanjut tentang  serangan Logjam TLS .

    Bagaimana cara menghilangkan kerentanan Logjam?

    Hapus cipher yang lemah dari daftar cipher yang diterima. Ini perlu dilakukan untuk setiap layanan yang menggunakan TLS (misalnya Apache, nginx, lighttpd, postfix, dovecot, sendmail, Microsoft IIS, dll). Contoh konfigurasi terperinci dapat ditemukan di sini:  Panduan untuk Menerapkan Diffie-Hellman untuk TLS

    Bagaimana cara menguji Logjam melalui baris perintah?

    OpenSSLopenssl s_client -connect www.example.com:443 -cipher 'EXP'

    nmap: nmap --script ssl-enum-ciphers -p 443 www.example.com

  • Alat Web Online Lainnya

  1. Epoch Converter UNIX EPOCH TIME CONVERTER

    Apa itu Waktu Epoch?

    Waktu waktu, juga dikenal sebagai  waktu Unix  atau waktu POSIX, adalah jumlah waktu dalam detik yang telah berlalu sejak 1 Januari 1970 (00:00:00 UTC). Penting untuk dicatat bahwa waktu ini tidak berubah di mana pun Anda berada secara geografis, itulah mengapa ini berguna untuk aplikasi online yang melacak waktu. Ini juga memungkinkan Anda untuk membandingkan tanggal secara terprogram dan matematis dengan ukuran waktu lainnya. Waktu Unix dapat diperiksa di sebagian besar sistem Unix dengan mengetik date +%s di baris perintah.

    Stempel Waktu Epoch UNIX

    Tujuan pengonversi waktu Epoch online adalah untuk  mengeluarkan stempel waktu UNIX Epoch menjadi tanggal / waktu yang dapat dibaca manusia , baik dalam waktu lokal atau GMT / UTC. Misalnya, sistem UNIX mungkin mencatat stempel waktu sebagai  1459734769  yang tidak berarti banyak bagi pengguna normal. Setelah dikonversi, untuk mengatakan format Y-m-d H:i:sP, itu menghasilkan keluaran  2016-04-03 18: 52: 49-07: 00 . Ini kemudian dapat dengan mudah dimanipulasi dan digunakan untuk ditampilkan kepada pengguna.

  2. Hex Converter MENGUBAH HEXADECIMAL DAN DESIMAL

    Apa itu Sistem Hex?

    Sistem heksadesimal, atau  heksadesimal , adalah sistem bilangan berbasis 16. Karena sistem desimal hanya memiliki 10 digit, 6 digit tambahan diwakili oleh 6 huruf pertama dalam alfabet. Misalnya, nilai heksadesimal B akan direpresentasikan sebagai 11 dalam bentuk desimal, atau nilai biner 1011. Heksadesimal adalah cara mudah untuk menyatakan bilangan biner di komputer modern di mana byte biasanya didefinisikan sebagai berisi delapan digit biner.

    Apa itu Sistem Desimal?

    Sistem desimal, adalah salah satu sistem bilangan tertua dan paling umum digunakan saat ini. Ini juga dikenal sebagai  penomoran basis 10  karena didasarkan pada 10 digit tunggal: 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9. Misalnya, nilai desimal 11 akan direpresentasikan sebagai nilai hex B, atau nilai biner 1011.

    Hasil Hex Converter

    Alat pengonversi heksadesimal online memungkinkan Anda untuk langsung mengonversi nilai  heksadesimal ke desimal  serta  desimal ke heksadesimal  . Ini juga mengeluarkan konversi ke biner.

Itu saja, beberapa hal bagus yang tersedia untuk memeriksa konfigurasi server web Anda. Semoga bermanfaat buat kalian semua…

Webserver
Webserver

This post is also available in: English

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.