sinta ristekdikti

Cara Mendaftar di Sinta RISTEKDIKTI

Sinta (Indeks Sains dan Teknologi), yaitu portal aplikasi di website KEMENRISTEKDIKTI yang memberikan akses ke kutipan dan keahlian di Indonesia. Merupakan Sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, institusi dan jurnal di Indonesia. Sinta memberikan tolok ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, untuk menganalisis kecenderungan penelitian dan direktori ahli.

sinta ristekdikti

logo sinta ristekdikti

Sinta digagas pada tahun 2016 oleh Direktur Jenderal Penguatan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, dengan keterlibatan para ahli dari berbagai institusi. Konten Sinta dari jurnal Indonesia yang telah dipublikasikan secara elektronik memiliki profil atau google scholar dan pratinjau Scopus berisi sejumlah kutipan, indeks-h, indeks i-10, pengembangan selanjutnya akan mencakup prosiding makalah, buku dan paten peneliti di Indonesia, dan profil penulis dari google scholar. Pembaharuan data dari penulis, lembaga dan penerbit jurnal berdasarkan data di tahun 2017.

 

Visi Sinta

“Becoming the reference research performance”

Misi Sinta

  1. Develop a citation and expertise in Indonesia
  2. Identify and analyze research strengths of each institution
  3. Develop a system of analysis of research trends in Indonesia
  4. Develop expertise directory in Indonesia

 

Bagi para dosen maupun perwakilan lembaga pendidikan tinggi yang masih kebingungan cara mendaftar di Sinta, dapat membaca artikel cara mendaftar dari Sinta RISTEKDIKTI berikut ini:

 

Perlu diingat bahwa : Setelah pembuatan account sinta berhasil maka pendaftar harus melakukan aktivasi dalam waktu 24 jam setelah registrasi. Apabila tidak melakukan aktivasi maka link aktivasi akan expired dan harus melakukan registrasi ulang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: