Traffic turun? Kenali penyebabnya.

Temukan dan perbaiki saat traffic turun drastis akibat perubahan periodik algoritma filter SERP google panda sandbox dan dance.

Pernahkan anda mendapati traffic web anda menurun drastis dengan kata kunci dan pencarian? dan artikel menghilang dari SERP, padahal sebelumnya anda menduduki halaman pertama dan rangking potensial. Kira-kira faktor apa yang menyebabkan ini terjadi dan bagaimana cara mendeteksi mengatasi dan memperbaikinya?

  • Setelah meneliti dan mengevaluasi, dari berbagai sumber dan paling utama dan google webmaster tools, Ada beberapa hal yang menyebabkan traffic turun terutama karena efek algoritma dan dampak Google dance PANDA dan SANDBOX milik raksasa paman Google. Yang semakin ketat dan diperbaharui aturan maupun matriknya secara periodik.

  • Algoritma Filter search engine yg dimiliki raksasa google ini memang sangat canggih, sehingga meskipun berbentuk bots, atau robots, Dengan algoritma tersebut bisa mendeteksi susunan alfabet sebuah huruf vokal dan konsonan bisa memiliki keterkatitan tidak dengan konten dan tag yang direlease, Ini luar biasa, karena bisa mengintepretasikan logika manusia menjadi algoritma yang dimengerti mesin, dan Itulah Google search engine terbaik dunia.Search engine google sekarang sudah bisa menyaring, memfilter domain, mengenali isi web, dan memaknainya baik secara semantik dan semiotik. Ini sudah mendekati perspektif manusia, shingga jika anda mengoptimalkan web hanya sekedar memburu trafik dan mengincar mesin maka hasilnya bisa sia-sia belaka, mengingat mekanisme dan cara kerja search engine ini semakin memprioritaskan sisi humanis dalam menghasilkan kata pencarian si serp.

Susah menjelaskan bagaimana algoritma canggih satu-satunya miliki paman google ini, karena memang sangat kompleks, Intinya ada pada metrik dan algoritma yang bisa menentukan apakah website dengan prosedur guidlines webmaster google, layak menduduki halaman depan SERP atau tidak. Intinya hanya itu. Hasil serp yang lebih banyak dengan berbagai filter untuk menyaring materi dari beragam artikel dan konten yang akurat dengan banyak pilihan bagi penggunanya, menjadikan fitur ini menjadi kelebihan google dibandingkan dengan search engine yang lainnya. Jika mungkin baru kena algoritma lain mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan asalkan jangan kena sandbox. Karena cara mengatasi google sandbox ini bisa lebih sukar dari yg kita duga. Google sandbox biasanya digunakan untuk masa akhir setelah situs dievaluasi dengan algoritma google yg lainnya.

6 faktor penyebab traffic turun dengan drastis terjadi & mungkin pada anda? karena efek Sandbox setelah difilter Google Panda dan diacak goyang oleh Google dance?

  • 1. Artikel atau konten yang tidak original atau Copas, Mungkin saja jika anda saat ini masih memiliki traffic tinggi maupun hal tersebut belum ketahuan google, Maka tinggal tunggu waktu saja. Algoritma google sudah terbukti sangat genius, dan jangan coba-coba bermain-main dengan algoritmanya, jika tidak ingin terkena resikonya. Visitor Drop! Karena search engine terbaik dan paling banyak digunakan adalah Sang raksasa GOOGLE. Meskipun mungkin site anda dengan SEO terkini apa saja, mampu menguasai Yahoo, Bing, Ask. Tetap saja GOOGLE yang utama.

  • 2. Malakukan cloacking, atau melakukan duplikasi link yang mengarah pada satu konten menggunakan plugin atau tag-script bikinan anda sendiri, namun memiliki jumlah yang sangat banyak perharinya. Tanpa memfilter dan menempatkan link yang paling tepat dengan konten anda.

  • 3. Konten yang tidak memiliki relevansi yang kuat dan fokus. Konten yang bagus dan berkualitas menurut guidelines google adalah, Konten yang tidak terlalu banyak tapi memberikan pengetahuan yang fresh, Unik dan rich experience pada setiap pengunjungnya. Bagaimana robots BOT google bisa mendeteksi website ini? sudah dijelasakan diatas, Algoritma search engine yang satu ini memang sudah bukan golongan cerdas, Tapi genius! susah menerangkan bagaimana matrik detektornya, saya sendiri takjub, dan ingin belajar dari Google, hehehe..:).Unik disini bukan berarti menuliskan bahasa gaul yang “dibelok-belokan” agar dianggap unik oleh search engine. Sebab jika google hummingbird tidak mampu memaknai isi blog secara semantik dan semiotik tapi blog dijejali dengan kata-kata gaul yang dibelokan apalagi banyaknya komentar-komentar spam yang sama sekali tidak berhubungan dengan topik yang diulas, maka jaminan 100% kena getah dan sasaran google panda lantaran dianggap spam.

  • 4. Google Robots juga bisa mendeteksi lamanya visitor singgah dan berapa lama hinggap disitus anda (Bounce Rates) :  inipun menjadi ukuran SERP yang sekarang sudah diintegrasikan pada setiap detektor algoritmanya. Google juga mempertimbangkan In-Bound dan Out-Bound Link, OnPage dan Off Page. Hati-hati mengoptimasi yang satu ini, Jika anda beruntung maka SERP anda akan naik sangat tajam, Tapi sebaliknya, jika anda gila-gilaan mengoprak-aprek hal tersebut dengan tidak hati-hati dan sedikit melanggar Violations dari google webmaster guidlines, maka sebaliknya siap-siap gigit jari dan pusingnya minta ampun jika sudah terjerat, 3 Perangkap paling dahsyat : Google Sandbox, Panda dan Google dance.

  • 5. Jangan terlalu banyak memasang scripts iklan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi website anda, ini jelas jadi pertimbangan khusus sang robot google. Disamping itu pengaruh memasang banyak iklan di blog juga dapat mengurangi trust tersendiri dari visitor blog atau web anda.

  • 6. Jangan mudah terpancing dengan panduan SEO maupun blog yang menyatakan cara meningkatkan traffic atau mendatangkan pengunjung dengan mudah! Mengapa? SEO Itu tidak Tokcer dengan satu teknik saja. Google lebih memaknai isi web secara semantik dan google juga menilai karakteristik web atau blog. Jadi jika SEO yg berhasil di terapkan di blog lain, jika anda terapkan diblog anda tanpa memahami karakteristik dan denah/sitemap blog anda, maka tidak akan berhasil & malah sebaliknya!.

Itulah 6 faktor utama penyebab traffic turun drastis dan jika anda mematuhi aturan diatas dengan disiplin dan fair tanpa berlebihan mengoptimalkan seo maka jamin traffic anda tidak hanya tinggi tapi stabil! dan ini yg penting.

Cara mendeteksi INDIKATOR penurunan traffic yang menjadi ukuran khusus jika terkena dampak ini baik sebagian atau keseluruhan isi konten? Caranya cek :

  • 1. Silahkan masuk ke search engine box, tentunya Google.

  • 2. Ketik “site:nama_domain_yg_dicek.com” silahkan lihat result, jika masih ada berarti aman, konten masih terdeteksi, meskipun belum berada pasa SERP yang anda harapkan, Jika tidak ada result, maka kemungkinan besar anda sudah masuk Snadbox stadium-1.

  • 3. Ketik “site:www.Nama_domain_yg_dicek.com” Jika tidak ada result, maka kemungkinan sudah masuk pada sandbox, stadium-2. Jika ada result, maka aman, situs anda masih dipertimbangkan google untuk tetap terindeks, tetapi tidak menjamin pada serp yang anda idamkan.

  • 4. Ketik “info:nama_domain_yg_dicek.com“, jika tidak ada result, maka kemungkinan domain anda dominan akan benar-benar dimasukan jeratan sanbox. Jika ada result maka masih ada harapan, untuk kembali ke serp dan sistem pengindekan.

  • 5. Jika ketiganya tidak menghasilkan result apapun, Maka selamat dan sekali lagi selamat, anda benar-benar di kick dan dijebloskan lumpur pasir dalam jeratan sandbox dan kerabatnya, baik Efek Google dance dan Panda yang semakin ketat dalam menakar dan mem-filter kualitas artikel dan materi bagi pengguna search engine. Simak dibawah ini jika anda cermat cara ini bisa untuk mengatasi google sandbox meskipun cepat tidaknya tergantung konsep situs yg sudah anda bangun.

Bagaimana cara mengatasi traffic turun? Akibat kena getah & sasaran google sandbox maupun perubahan filter serp dari algoritma search engine ini ?
  • 1. LANGKAH yang paling utama adalah Gunakan selalu referensi perbaikan dari Google Webmaster, Ingat jika anda ingin kembali ke SERP google, maka gunakan fasilitas ini, dan jangan segan menanyakan langsung ke ahli ahli disana, melalui Considerations Tools.
  • 2. Jika anda menggunakan Google Webmaster, pastikan anda sudah ter-verifikasi oleh google baik pengindekan untuk www.nama_domain_anda.com, maupun nama_domain_anda.com , keduanya harus! terverifikasi, jika tidak, anda hanya akan bisa menggunakan beberapa fasilitas saja.(Keduanya menggunakan akun gmail) Dan tidak akan mendapatkan report dan fasilitas maksimal dari google, Cara melakukan verifikasi ada di google webmaster tools, antaranya dengan memasang file indikator google_verifications dan tag dengan nomor seri khusus yang diberikan google kepada anda, sesuai dengan ID anda sendiri, dan anda harus lakukan sendiri, ini untuk jaminan ownership webmaster.
  • 3. Jika sudah melakukan hal diatas, diharap sabar dan tenang, tetap semangat, jangan putus asa, Tunggu satu atau 2 hari, dan kemudian lihat report, anda akan diberitahu google, atas apa saja yang harus sebaiknya anda perbaiki kedepannya, jika sudah mendapatkan ini, SEGERA respon dan lakukan perbaikan seluruh konten dan situs anda, baik menambah mengedit konten, maupun mencopot konten yang tidak sesuai dengan violations dari google webmaster guidelines.
  • 4. Jangan buru-buru menambah konten terlalu banyak, Karena pada posisi ini SERP akan dimatikan sementara ke web anda, dan Googlebots belum mereview kembali web anda, Masalahnya akan percuma saja jika sudah nulis artikel bagus dan banyak-banyak tapi tidak terindeks? Mubazir kan.., Jadi lakukan segala hal dengan Smart Think, jangan terburu-buru membabi buta nulis banyak konten, lakukan dengan linear, jika sminggu anda nulis 2 konten, maka tamhakan seminggu jadi 2-4 konten, ingat : kaidah kualitasnya harus sesuai dengan google webmaster guide lines. Berusahalah untuk sebisa mungkin memiliki konten yang sedang dantidak terlalu banyak, namun berkualitas dan memiliki konversi tinggi. Ini yang disukai Panda, karena Rich vocabullary dan tertarget.
  • 5. Jika sudah melakukan perbaikan-perbaikan seperti diatas atau sesuai yang anda terima dari google, Coba untuk mendapatkan backlink dari web ber PR-1 atau 2 lebih banyak lebih baik, entah bagaimana caranya silahkan diusahakan saja. Semampu anda bisa, ini untuk menambah referer dari web ber PR tinggi, logikanya : Jika ada visitor datang ke web anda dari situs yang memiliki PR lebih tinggi, maka web anda akan dipertimbangkan masuk SERP kembali dihalaman yang anda idamkan. Karena ini baik menurut algoritma Panda.
  • 6. Ini bisa dibilang langkah paling penting, yaitu melayangkan surat langsung ke google, melalui fasilitas di dashbord Google webmaster Tools, Tulislah considerations, sesuai dengan violations yang sudah anda dapatkan dari google, dan perbaikan-perbaikan yang tlah anda lakukan, dengan kesatria, tanpa prestis, akui saja, google akan suka dengan konsekuensi anda untuk mempertahankan kualitas konten dan relevansinya.
  • Berkomitmen untuk membuat artikel maupun materi yang benar-benar bermanfaat dengan standar orisinalitas artikel sesuai aturan dari search engine. Karena memang komitmen google sendiri adalah memberikan service dan layanan terbaik pada seluruh pengguna search engine dengan memberikan hasil pencarian yang tepat sesuai dengan kriteria pengindekan dengan menggunakan berbagai filter algoritma yang terus diperbaiki dan dikembangkan. Selain memberikan hasil pencarian yang akurat, google juga berkomitmen untuk para pelanggan adwords agar iklan mereka tepat pada blog atau web yang relevan dengan iklannya, yg dipasangi oleh para publisher penggiat adsense. Komitmen google yang satu ini menjadikannya sebagai search engine terfavorit karena memang google memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan search engine lainnya.
Dalam considerations silahkan tulis dan kirimkan, surat considerations dengan format dalam bahasa inggris tentunya, Begini formatnya :
  • Tulis apa saja pelanggaran yang anda sudah sadari dan sudah anda terima dari Google webmaster guidelines.
  • Tulis dan buktikan apa saja yang sudah anda perbaiki.
  • Tulis dan jelaskan dampak SERP yang anda terima, naik atau turun? tulis dan jelaskan saja.
  • Mintalah kepada sang paman Google untuk mereview kembali web anda, agar kembali terindeks dan syukur pada tempat yang anda idamkan.
  • Mintalah permohonan maaf dan berusaha akan mempertahankan kualitas konten dan melakukan perbaikan dengan wajar sesuai dengan google webmaster guide lines.
Jika anda sukses melakukan langkah 1-6 yang dikelaskan diatas dengan bertahap berurut dan sabar, maka insyalloh dalam ukuran hari bahkan jam, web anda akan kembali dilepasakan ke alam bebas oleh google sandbox yang canggih itu, dan kembali menghirup udara bebas.
Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan serp : Jika anda melakukan langkah 1 sampai 5 saja, maka tunggu dan berharap saja, paling cepat 1-2minggu, dan paling lama 3-6bulan.
Jika anda melakukan langkah diatas setengah-setangah, maka kemungkinan akan lama anda akan terindeks kembali, harap-harap cemas dan keberuntungan saja dari dewi fortuna. Jika lagi hoki yah muncul, jika tidak yah, stay aja bisar gak pusing, atau pakai layanan iklan baris saja. Meskpiun cape, tapi memang itu resikonya.
Oh, ternyata situs masih terindex disearch engine lainnya selain google, bagaimana ini ? apakah tetap harus melakukan langkah diatas dan maintenance konten dan web? Jawabannya terserah sesuai kebutuhan anda, karena :
1. Setiap search engine memiliki algoritma pengindekan berbeda-beda satu dengan lainnya, Bisa sajatraffic drop tuun drastis di google, tapi exist di Yahoo, Bisa saja anda drop di google dan yahoo, tapi exist di Bing dan Ask. Tapi memang boleh diakui dan dibuktikan sumber trafict tertinggi adalah dari sang raja dunia maya si Paman Google ini. Jadi usahakan perbaiki saja sesuai dengan aturan singgah sana kerajaan Google ini.
2. Jika anda ingin meraih index terbaik SERP dari 4 Search engine terbaik dunia seperti :
  • Google
  • Yahoo
  • Bing
  • Ask
Maka anda harus memahami dan membedakan cara kerja ke-4nya, dan mengaplikasikannya secara linear pada website anda, agar ke-4nya sama sama memberikan hasil maksimal, Karena pada kenyataannya melakukan ke-4nya sulit sekali, Jika beruntung bisa maksimal, jika kesalahan sedikit saja dalam SEO, Fatal Akibatnya. Maka hati-hati dan bersabar untuk sewajarnya menaikan trafict secara alami dan naturalis. Dan selalu mengikuti arahan dariwebmaster tools dan guidlines Google, Untuk standarisasi orisinalitas dan kualitas kontennya dan perhatikan juga prosedur SE (Search Engine) lainnya, agar sama-sama maksimal (diusahakan).
Dan filter algoritma dari google yang terbaru sekarang ini adalah google penguin yang ternyata jauh lebih ketat dalam menerapkan aturan serpnya. Maka dari itu jika ingin mendapatkan serp google yang maksimal, sudah pasti harus mematuhi peraturan google. Memahami pengertian search engine dan cara kerjanya dan memiliki komitmen untuk terus mengembangkan maupun melakukan perbaikan dengan fainess dan positif agar tidak terkena efek google dance lebih jauh. Semoga referensi cara mengatasi traffic turun ini bermanfaat dan memberikan motivasi yang positif dan semakin aplikatif.

 

Sumber: http://www.mcscv.com/produk_detail.php?page-id=Penyebab-Utama-Traffic-Turun-Drastis&rdmt=89091&id=defadm&pid=mengatasi-google-sandbox-panda-dance

2 Replies to “Traffic turun? Kenali penyebabnya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.