Close

“No input file specified” pada CodeIgniter di CPanel

Hari ini ada info dari PIC Web FIK untuk katanya webnya hanya bisa diakses homenya saja, sedangkan directorynya tidak bisa diakses, dengan notifikasi No input file specified.

“No input file specified” pada CodeIgniter di CPanel
“No input file specified” pada CodeIgniter di CPanel

Kejadian “No input file specified” pada CodeIgniter di CPanel ini biasanya karena web server tidak mendapatkan info bahwa ada file di subfolder lain selain main folder di CI.

Secara umum jika menggunakan framework CodeIgniter untuk aplikasi web yang di upload ke server hosting CPanel dengan isian .htaccess default bawaan CI, ada kemungkinan aplikasi yang di upload belum berfungsi sebagaimana mestinya.

Umumnya error yang terjadi adalah munculnya pesan error “No input file specified” ketika Anda mengakses salah satu URL di website Anda. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan sedikit perubahan pada isi file .htaccess yang Anda gunakan.

File .htaccess standar yang digunakan di CodeIgniter adalah sebagai berikut:

RewriteEngine On RewriteBase / RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Yang perlu diubah hanyalah baris terakhir, yaitu menjadi sebagai berikut:

RewriteEngine On RewriteBase / RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule ^(.*)$ index.php?/$1 [L]

Jadi hanya dengan menambahkan tanda “?” (tanda tanya) di antara index.php dan /$1, script Anda sudah bisa berfungsi dengan baik.

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.