Membuat Situs yang bersahabat dengan Search Engine SEO

Mengapa harus bersahabat dengan Search Engine?

Membuat Situs yang bersahabat dengan Search Engine SEO

Waktu pertama kali bikin blog, saya bingung kenapa dibutuhkan waktu berbulan-bulan supaya tulisan blog saya bisa dicari melalui mesin pencari. Setelah sekian lama nge-blog dan berusaha tanya om google, akhirnya diketahui bahwa tulisan/halaman web haruslah memudahkan mesin pencari mencari deskripsi yang sesuai dengan setiap topik yang dicari oleh mesin pencari.

Suatu mesin pencari (Search Engine) akan bekerja dengan cara mengirimkan tugas berupa Crawler, Spider, ataupun Bot untuk mengindeks sebuah situs, kemudian memasukkan kedalam Database mesin pencari. Mereka tidak akan bisa mengindeks konten situs berupa Java Script, Gambar (gambar hanya diindeks “Tag Alt”), dan sama sekali tidak bisa menelusuri sebuah konten “Flash”.

Sejatinya semua aplikasi tersebut berguna untuk membuat tampilan website anda semakin menarik (eye catching), dan pada kebanyakan website tidak terdapat sebuah informasi apapun yang bisa memberikan penjelasan mengenai konten unik yang ada dalam halamannya. Padahal penjelasan tersebut sangat dibutuhkan oleh sebuah mesin pencari untuk mendeskripsikan apa sih yang terdapat dalam konten unik tersebut. Deskripsi tersebut mungkin tidak dibutuhkan oleh para pembaca situs namun sangat dibutuhkan oleh mesin pencari. Istilah ini disebut dengan SEO singkatan dari Search Engine Optimization, biasanya berupa plugin yang berguna untuk menginputkan deskripsi sebuah halaman web.

Sangatlah penting bagi para admin web untuk memberikan input penjelasan terhadap konten unik di suatu halaman web, karena ini akan memudahkan mesin pencari memberikan info kepada orang-orang yang mencari “isi” suatu website. Orang-oran akan mencari di mesin pencari berupa Keyword atau kata kunci, dan mesin pencari akan membandingkan kata kunci tersebut yang relevan dengan isi suatu website. Oleh karena itu sangatlah penting bagi admin web untuk menyediakan konten yang mudah ditafsirkan, diidentifikasi, dan dianalisa oleh mesin bot, sehingga mesin bot akan memberikan data yang relevan yang akan diinformasikan mesin pencari kepada seseorang.

Untuk membuat website anda mudah terindeks oleh mesin pencari, maka anda haruslah rajin memberikan deskripsi yang jelas terhadap setiap halaman dan konten yang terdapat dihalaman website anda. Minimal kita pahami apabila kita ingin mencari suatu situs dengan kata kunci tertentu, maka apasih kata kunci yang tepat agar situs kita bisa relevan dengan yang dicari.

Cara mesin bot bekerja hampir sama dengan orang yang membaca dahulu papan informasi suatu gedung, sebelum memasuki gedung tersebut untuk mengunjungi sebuah ruangan. Mesin bot akan membaca informasi utama yaitu judul halaman dan deskripsi halaman, kemudian membandingkannya dengan isi halaman dan dengan cara apa dia dicarinya. Selanjutnya mesin bot akan menjalankan beberapa alogaritma untuk memastikan apakah konten tersebut relevan dengan yang dicari. Selain itu dia juga memastikan bahwa anda tidak menggunakan teknik curang dalam membuat halaman web untuk memanipulasi peringkat web (Page Rank) supaya lebih tinggi.

Berikanlah informasi yang kontekstual kepada halaman web anda sehingga memudahkan bot memahami konten yang terindeks, yang pada akhirnya bot akan mem-broadcast hasil pencarian yang tepat terhadap topik yang dicari.

[tooltip tiptext=”Sitemap, URL, Tag, Keyword,”]Sementara segitu dulu ulasannya, ada beberapa artikel lagi yang akan saya tulis seperti Sitemap, URL, Tag, Keyword, dan lainnya, pantau terus blog saya… hehehehe.. [/tooltip]

 

Disadur dari: http://docs.joomla.org/ Membuat Situs yang bersahabat dengan Search Engine SEO

 

Membuat Situs yang bersahabat dengan Search Engine SEO

One Reply to “Membuat Situs yang bersahabat dengan Search Engine SEO”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.