Pembuatan Biopori

Menurut wikipedia lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir Raziudin Brata,[1] salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengansampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori.

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Biopori

 

Manfaat

Biopori memiliki segudang manfaat secara ekologi dan lingkungan, yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah. Selain itu, biopori juga bermanfaat secara arsitektur lanskap sehingga telah digunakan sebagai pelengkap pertamanan di berbagairumah mewah dan rumah minimalis yang menerapkan konsep rumah hijau.[8][9] Biopori kini menjadi pelengkap penerapan kebijakan luas minimum ruang terbuka hijau di perkotaan bersamaan dengan pertanian urban.

 

Akhirnya setelah membeli peralatan untuk biopori di Lottemart… eksekusi ngebor tanah… hahaha…

Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori Pembuatan Biopori

Bocah kecil itu ikut bantuin lho… mudah2an udah besar aware lingkungan ya nak… hehehe

Membuat Biopori

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.