(Bahasa Indonesia) Tingkatkan Nafsu Makan Anak dengan Pijat Tuina

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Si kecil seringkali GTM alias gerakan tutup mulut? Ya, problem seperti ini kerap membuat banyak orang tua khususnya para ibu jadi uring-uringan.

Beragam cara dicoba agar si kecil mau buka mulut dan kembali melahap makanan. Mulai dari membuat menu baru hingga menghias makanan hingga nampak menarik.

Namun bagaimana kalau aksi tutup mulut tak kunjung berakhir?


Jangan panik, coba cara yang satu ini. Pijat tuina, namanya. Ini merupakan teknik pijat tradisional Cina yang diajarkan Dr. Fan Ya-Li (pakar tuina anak) untuk membantu menstimulasi nafsu makan anak serta meningkatkan penyerapan gizi.

Teknik ini mudah dan bisa dipelajari para orangtua yang kerapkali kesulitan dalam memberikan asupan makanan yang baik dan sehat.

Yuuk, ikuti tutorial pijat tuina di bawah ini. Dialih bahasakan dan diperagakan oleh Reza Gunawan (praktisi kesehatan holistik) & Atisha.

Langkah 1:

Tekuk sedikit ibu jari anak, dan gosok garis dipinggir ibu jari sisi telapaknya, dari ujung ibu jari hingga ke pangkal ibu jari antara 100-500 kali. Ini akan membantu memperkuat fungsi pencernaan dan limpa.

Langkah 2:

Pijat tekan melingkar bagian pangkal ibu jari yang paling tebal berdaging 100-300 kali. Ini uraikan akumalasi makanan yang belum dicerna serta menstimulasi lancarnya sistem cerna.

Langkah 3:

Gosok melingkar tengah telapak tangan 100-300 kali, dengan radius lingkaran kurang lebih 2/3 dari tengah telapak ke pangkal jari kelingking. Stimulasi ini memperlancar sirkulasi daya hidup dan darah, serta harmoniskan 5 organ utama tubuh.

Langkah 4:

Tusuk dengan kuku anda serta tekan melingkar titik yang berada di tengah lekuk buku jari yang terdekat dengan telapak, untuk jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking. Tusuk dengan kuku 3-5 kali dan pijat tekan 30-50 kali per titik. Ini memecah stagnasi di meridian dan menghilangkan akumulasi makanan.

Langkah 5:

Tekan melingkar dengan bagian tengah telapak tangan anda di area tepat diatas pusarnya, searah jarum jam 100-300 kali. Ini Menstimulasi makanan agar lebih lancar.

Langkah 6:

Dengan kedua ibu jari, tekan dan pisahkan garis dibawah rusuk menuju perut samping 100-300 kali. Ini memperkuat fungsi limpa dan lambung yang juga memperbaiki pencernaan.

Langkah 7:

Tekan Melingkar titik dibawah lutut bagian luar, sekitar 4 lebar jari anak dibawah tempurung lututnya, 50-100 kali. Ini akan harmoniskan lambung, usus, dan pencernaan.

Langkah 8:

 

Simak video Tingkatkan Nafsu Makan Anak dengan Pijat Tuina sebagai berikut ini:

Pijat secara umum punggung anak. Lalu tekan dengan ringan tulang punggungnya dari atas ke bawah 3 kali. Lalu cubit kulit di kiri-kanan tulang ekor dan merambat keatas hingga lebar, 3-5 kali. Ini memperkuat konstitusi tubuh anak, mendukung aliran chi (daya hidup) sehat dan memperbaiki nafsu makan anak.

Lakukan cara ini 1 kali sehari selama 7 hari. Umumnya satu seri cukup, bila perlu ditambah maka berikan jeda 1-2 hari sebelum seri baru. Jangan paksa anak untuk makan di saat ia tidak mau! Karena hal ini hanya akan memicu trauma psikologis anak terhadap makanan. Dan jangan biasakan anak untuk makan dengan sambil membaca atau main.

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa di SHARE kepada ibu-ibu yang punya anak yang malas makan.

Biasanya orang tua, khusunya para ibu, khawatir ketika sang anak tak mau makan. Banyak yang mengakalinya dengan !emberikan vitamin kepada si anak untuk mengembalika nafsu makannya tapi cara ini banyak yang tak membuahkan hasil.

Mungkin para ibu bisa mencoba cara lain seperti yang satu ini yaitu dengan pijat Tuina. Pijat ini mampu mengembalikan nafsu makan serta membantu penyerapan gizi pada anak.

Note:
Kalau anak anda tidak nafsu makan atau penyerapan nutrisinya terganggu , lakukan 1x terapi.
1 set terapi = 1 x protokol terapi per hari, selama 6 hari berturut-turut.

Bila perlu mengulang terapi, beri jeda 1-2 hari dahulu.

Cukup pijat salah satu sisi tangan saja, tidak perlu kedua sisi

Jangan paksa anak makan karena akan menimbulkan trauma psikologis

[Sumber: Rayya Bookstore]

 

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.