Caraku mendidik anak anak agar tidak merokok dan pacaran

“Ila,..sudah punya pacar belum?”

Jawab Ila :” Akh..Mama,..Ila nggak mikirin kesana, habisin waktu, uang tenaga dan pikiran, kuliyah dululah Mama,..urusan kuliyah, organisasi saja segudang,..Ilakan dah capek capek, dan susah susah beberapa kali test untuk kepilih menjadi pengurus BEM, Himpunan Mahasiswa,.etc…dari sekian banyak yang di test, alhamdulillah Ila masuk,.masak harus disia siakan usaha itu?

“Lantas apa gak ganggu kuliyah, yang tujuan utama Ila ke Bandung?, alhamdulillah gak Mama,.IP Ila masih lumayan diatas 3,3 untuk pemula itu sudah lumayan tinggi, masih banyak dibawah Ila, yang IP nya 2, juga ada koq Mama. Yang tinggi ada tuh, 3,6.”

” Yah sudah,.lantas yang suka sama Ila ada?”
“Ada lah Mama,..ada beberapa orang
“Lantas Ila sendiri gimana?”
“Ila gak mikirin kesana dulu Mama,.lagian cowok yang Ila inginkan bukan sekedar ganteng, baik,alim,.tapi maunya yang pintar Mama”.

Lain lagi Rahmat:
“Mat,.sudah punya pacar belum?”
“Iiih,..Mama…yang enggak enggak saja Mama ini,..masih kecil Mama,..masih SMA”

“Lantas,..ada yang Mat sukai?”
“Yah adalah Mama,..orangnya cantik, pintar, putih, alim,.agamanya bagus Mat lihat, sering ikutan kegiatan keagamaan, berjilbab”
“Lantas,.dia suka sama Mat,..?”
“Mana tahu Mat, Mat gak pernah tanya,.dan gak pernah mikirin hal itu”
” Kalau Mat lihat, ada sih,..dia suka perhatikan Mat, nasehatin Mat, ingatin Mat..etc”
“Trus,..koq gak Mat tembak saja Nak, kalau suka?”
“Iih Mama..masih SMA Mama,.lagian masak pacaran sesama tingkat, teman?, gak luculah Mama?…lagian kan Mama sendiri bilang :Gak boleh pacaran,koq Malah Mama yang suruh tembak?”

“Kalau nantik dia jodoh Mat gimana, kan setingkat, seumuran, setemanan?”

” Yah itu nantiklah mama,.kalau jodoh yang diterima jodoh yang diberikan Allah itu,.tapi sekarang Mat mau pikir sekolah dulu,.Mat kan laki laki,.dikasih makan apa anak gadis orang nantiknya?”

“Gak Nak,..Mama cuman ingin menguji Mat saja,.masih teguh gak dengan nasehat Mama,.jangan didepan Mama A, belakang Mama B,.mama paling gak suka anak yang suka bohong sama orang lain, apalagi sama ortunya”. “Nantik, kalau ada bilang saja yah Mat,.baik baik milih jadi pendamping hidup nantiknya yah Nak, jangan salah pilih”.

“Iyah Mama,.Mat mikirin sekolah saja dulu, kasihan Baba dan Mama, sudah jauhan karena harus cari uang,..capek capek cari uang buat kami sekolah,..koq malah pacaran, tunggu berhasillah dulu, kerja dulu, dapat uang dulu,..gaji pertama Mat utuh buat Mama dan baba juga adek adek,.kalau kakak katanyakan, gaji pertama setengah buat Mama Baba, setengah buat kakak,.kalau Mat sepenuhnya buat Mama dan baba,..kalau perlu selama setahun utuh,..lihat kondisi nantiklah,.berapa persen buat Mama baba dan adek adek(huahahaha).

Lain lagi anak ketiga Abdurrahman, dan kami panggil dengan sebutan Yaman.
“Man,..sudah punya pacar belum?”
“Iih Mama,..anak kecil ditanya tanyain,..yah enggaklah Mama..haram..haram…kan Mama sendiri yang bilang…gimana sih Mama ini?”

“Kalau Man suka, dan dia suka Man ada gak..?”
“Ada Mama,.dia lebih pintar dari Man,..cantik,..”
“Trus,.Man tahu darimana dia suka sama Yaman? ”
“Ada teman yang bilang,..dia bilangnya keteman Man”.
“Terus,..Man nya gimana,..?”
“Yah enggaklah Mama,..suka itu kan normal,.biasalah Mama,..manusia normal,..suka sama lawan jenis,.tapi kan gak boleh sama Mama pacaran,..kan haram Mama bilang,.lagian buat apa Mama..masih kecil..masih kelas III SMP”

“Tuh..ada orang yang SD, SMP, apalagi SMA pacaran kan?”
“teman teman Man ada yang pacarankan Man”
“Yah adalah Mama”
“Terus yaman gak terpengaruh,..gak malu kalau orang pada pacaran,..Man gak pacaran?”

“Yah enggaklah Mama, kalau orang pacaran,..biarin saja..yang penting Yamannya kagak,..buat apa?..merokok aja sering diajak Yaman gak mau,.apalagi pacaran..?”
“Terus,.kalau diajak mereka merokok gimana?”
“Yah..Yaman hindari sajalah Mama,.kan Mama sering bilang,..jadilah manusia itu seperti ikan di laut,.meski ia berada dilaut yang asin,..namun rasa ikannya tetaplah tawar,.tidak terikut menjadi asinnya air laut”.

Demikianlah yang kulakukan terhadap anak anakku. Aku sangat ketat, tegas,.tapi caranya dengan pendekatan keagamaan,.sehingga tak perlu repot repot lagi,..mereka sudah menyadari semua itu sejak kecil,.sampaipun Muhammad yang masih kls 4 SD, sudah sangat mengerti, kalau pacaran itu hukumnya haram”.

Lakukanlah sesuka hatimu, apa yang suka kamu melakukannya, tapi ingat, kamu juga akan mendapatkan balasan atas apa yang kamu lakukan itu.

Dan akhirat itu, jauh lebih baik dari dunia

Sikap menghormati pada sesama, bukanlah tanda suatu kecintaan kita pada seseorang. Namun, lebih kepada pertanda baiknya pendidikan akhlaq seseorang.

Oleh sebab itu, hormatilah manusia, meskipun mereka bukan orang-orang yang kamu cintai

 

 

WDS_LINK_PLACEHOLDER_6f53acf144e65495317066b16e7621b9 WDS_LINK_PLACEHOLDER_846d069ab4d3f0c6fbf2bfc73079f86a WDS_LINK_PLACEHOLDER_2ddb213af633a7bd93a8989707ce486a WDS_LINK_PLACEHOLDER_1899d09fd02cfe8fed64eb244c45a75e WDS_LINK_PLACEHOLDER_b2c4a515f5edbd62443315a15c388434 WDS_LINK_PLACEHOLDER_ded097342b373edbd96575f1d7f50d54 WDS_LINK_PLACEHOLDER_b17c4451bda0a736ff6e320d1c70c372 WDS_LINK_PLACEHOLDER_6cf1a04ca3d60c5ba4cdb79a2d21862f WDS_LINK_PLACEHOLDER_0a013e87de57f5b2fd6d865641514813 WDS_LINK_PLACEHOLDER_9aa8a323eb43d84022d5afd4a6baf0c7 WDS_LINK_PLACEHOLDER_0a159cbaa0f3217b495d40c7307bc9a3 WDS_LINK_PLACEHOLDER_f2aa4b8a0f2e7476ef79273726677ab1 WDS_LINK_PLACEHOLDER_7d5116ca855ac96918e2875d8a3bd690 WDS_LINK_PLACEHOLDER_1391477d85e06dbaea9d7080d461fc02 WDS_LINK_PLACEHOLDER_d381756a87104a22924abe394b633def WDS_LINK_PLACEHOLDER_133e03f7f75fbb8e472f8e69044fa7f9 WDS_LINK_PLACEHOLDER_50101cc6327319fee549639c4ceaafff WDS_LINK_PLACEHOLDER_0d4c04e5856b257c951eff7f900d5759 WDS_LINK_PLACEHOLDER_40dd70cea77727fdf510eefa45a11b30 WDS_LINK_PLACEHOLDER_7fc65453e32655b48cea4b929c05ec57 WDS_LINK_PLACEHOLDER_b802f957dc43694e75914e261972242e WDS_LINK_PLACEHOLDER_de7b801025cc6ae7e0820a33d9bc318d WDS_LINK_PLACEHOLDER_c93d1fc0bb15b7543652a1b7e605ab35

 

Caraku mendidik anak anak agar tidak merokok dan pacaran

2 Replies to “Caraku mendidik anak anak agar tidak merokok dan pacaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *