Close
Why Create a Search Engine Friendly Site

Perbedaan Link DoFollow dan NoFollow

Biasanya para web master tidak begitu memerhatikan perihal konfigurasi link pada suatu website yang dia kembangkan apakah itu nanti link-nya akan menjadi DoFollow atau NoFollow.

Secara default konfigurasi sebuah website semua link-nya akan bersifat DoFollow, dan untuk menjadikannya NoFollow dibutuhkan konfigurasi khusus.

Apa itu DoFollow dan NoFollow link?

DoFollow artinya kurang lebih mengikuti, sehingga mesin pencari, apabila menemukan link yang DoFollow maka dia akan menelusurinya, kemudian meng-crawl nya pula.

NoFollow adalah kebalikannya, si mesin pencari diperintahkan untuk tidak mengikuti link yang ada pada suatu tulisan di website.

Kapan dilakukan?

Sebaiknya konfigurasi link suatu website jangan semuanya DoFollow, ataupun jangan semuanya NoFollow.

Lakukan DoFollow saat ada interaksi antara bahasan tulisan dengan link target, nantinya search engine akan mengikutinya, menggalinya secara mendalam, apabila ada keterkaitan maka baik, namun apabila tidak ada keterkaitan, bisa jadi dianggap spam. Dianggap spam karena hanya menyimpan link-link saja aka iklan brutal… hehehe…

Saat ada keterkaitan maka ini akan mempengaruhi pagerank, akan ada share page rank, sehingga antara web yang mereferensikan link bisa meningkat pagerank nya didunia search engine, karena merupakan website yang valid dengan kualitas konten yang unik.

Sedangkan NoFollow, sebaiknya dilakukan misalnya saat mereview sesuatu, sehingga akan ada link kesuatu alamat, nah kenapa saat reviwe, ya karena sebetulnya awalnya ini adalah bahasan satu arah, jadi kecil kemungkinan ada imbal balik dari link yang ditautkan. Maka search engine bisa diperintahkan untuk tidak perlu mengikuti link yang dituliskan.

DoFollow dan NoFollow ini hanya akan terasa didunia mesin pencari, sedangkan orang yang membaca suatu situs kemudian meng-klik link nya tidak akan ada perbedaan, dia tetap bisa membuka linknya.

Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca di https://support.google.com/webmasters/answer/96569?hl=en

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2019 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d blogger menyukai ini: