Close
Why Create a Search Engine Friendly Site

Kenapa Website Saya Tidak Muncul Saat Dicari?

Inilah cara menguji apakah situs Anda diindeks:
Lakukan pencarian Halaman Awal untuk www. [Domain Anda] .com untuk melihat apakah situs Anda muncul di hasil pencarian. Anda dapat meninjau semua halaman yang diindeks situs Anda menggunakan “situs:” sintaksis maju yang lebih khusus adalah “situs: www. [Domain Anda] .com”. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuat pencarian Anda lebih efektif, lihat  halaman Tips Pencarian kami  .

Jika situs Anda tidak muncul dalam indeks pencarian, kemungkinan penyebabnya adalah satu atau lebih hal berikut ini:

  1. Situs web Anda baru dan mesin pencari belum mengindeks situs web Anda. Anda dapat mengirimkan situs web Anda ke mesin pencari menggunakan tautan berikut:
  1. Situs web Anda tidak dioptimalkan untuk perayapan mesin pencari. Temukan info lebih lanjut di bawah ini di bagian berjudul “Tingkatkan peringkat situs web Anda dengan SEO suara.”
  2. Situs web Anda telah dihukum dan dihapus dari mesin pencari. Temukan info lebih lanjut di bawah ini di bagian berjudul “Pedoman tentang teknik SEO yang harus dihindari.”
  3. Pengaturan pencarian tidak akurat. Periksa untuk melihat apakah ada konten Anda yang ditandai sebagai konten dewasa dengan mematikan Filter Keluarga di menu “Pengaturan” Halaman Awal. Filter Keluarga menghapus situs yang berisi pornografi dan konten seksual eksplisit dari hasil pencarian. Meskipun tidak ada filter yang 100% akurat, Family Filter menggunakan teknologi eksklusif yang memeriksa kata kunci dan frasa, URL, dan kategori Open Directory. Terkadang flags konten yang tidak tepat sebagai dewasa ketika sebenarnya tidak.
  4. Pasar kata kunci Anda sangat kompetitif, yang telah mendorong situs Anda jauh ke bawah sehingga Anda tidak dapat menemukannya. Lihat saran di bawah ini untuk membuat situs Anda lebih terlihat.

Inilah cara mesin pencari mengindeks situs web:
Situs web sering kali diindeks secara otomatis. Jika situs Anda tidak diindeks, Anda harus mengirimkannya ke mesin pencari untuk memastikan mendapat perhatian yang layak. Setelah Anda mengirimkan situs web Anda ke mesin pencari, “laba-laba” dikirim ke situs Anda untuk menjelajahinya untuk konten. Laba-laba ini tidak melihat situs Anda seperti pengunjung. Mereka memindai situs Anda untuk konten meta, saturasi kata kunci, konten yang relevan, dan banyak faktor lainnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui konten situs web apa yang sebenarnya dilihat oleh spider mesin pencari yang akan membantu peringkat Anda.

Mengapa SEO?
Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik yang berupaya meningkatkan aspek teknis dan konten terkait situs web, membuat konten lebih mudah ditemukan, lebih relevan, dan lebih mudah diakses oleh spider mesin pencari.

Melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan SEO bukanlah jaminan untuk meningkatkan peringkat atau menerima lebih banyak lalu lintas dari mesin pencari, tetapi jika gagal berkomunikasi dengan benar dengan spider mesin pencari dapat menurunkan peringkat situs Anda. Ini juga bisa menyulitkan seseorang untuk menemukan situs web Anda. Perhatikan bahwa praktik SEO yang tepat dan terbaru sangat penting sehingga banyak bisnis mempekerjakan staf yang hanya didedikasikan untuk SEO. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki waktu atau uang untuk tingkat SEO ini, ini menunjukkan betapa pentingnya SEO bagi keberhasilan situs web.

SEO adalah topik yang rumit, tetapi patut dicari jika Anda ingin memaksimalkan lalu lintas dan peringkat situs web Anda. Kami akan membagikan beberapa tip umum di sini dan kami mendorong Anda untuk menggunakan mesin pencari Startpage untuk mencari lebih banyak tips dan sumber daya SEO yang mendalam. Tetap up-to-date tentang SEO juga penting karena algoritma mesin pencari terus berubah, berdampak pada praktik terbaik saat ini. Sebuah situs yang berada di peringkat atas hari ini bisa lebih rendah di peringkat besok berdasarkan bahkan perubahan algoritma kecil.

Tingkatkan peringkat situs web Anda dengan SEO yang bagus:

Umum:  Gunakan satu kata kunci per halaman. Setiap halaman membutuhkan judulnya sendiri, deskripsi meta, dan konten yang relevan. Kata kunci harus ada di setiap bagian ini untuk membantu mesin pencari membedakan halaman Anda. Penting: Mesin pencari memeringkat halaman individual, bukan domain.

Tip 1 – judul:  Mesin pencari menggunakan judul halaman untuk menentukan tentang apa itu. Ketika judul berisi kata kunci pilihan Anda, mesin pencari akan mempertimbangkan halaman yang relevan. Judul Anda juga harus menarik dan informatif untuk menarik banyak orang – semakin banyak klik, semakin baik peringkat Anda. Panjang optimal untuk judul terletak antara 40 dan 60 karakter, termasuk spasi kosong. Jika sebuah judul memiliki lebih banyak karakter, itu tidak akan ditampilkan sepenuhnya dalam hasil pencarian.

Kiat 2 – deskripsi meta: Deskripsi  meta dapat dilihat di bawah judul halaman dalam hasil pencarian. Ini adalah fitur SEO yang sangat penting dan dapat meningkatkan lalu lintas ke situs Anda jika diterapkan dengan benar. Jika Anda tidak mengisi deskripsi meta, mesin pencari akan menampilkan teks sewenang-wenang yang ditemukan pada halaman (biasanya dari paragraf pertama). Sebaliknya, Anda harus mempresentasikan topik Anda dengan cara yang menarik dan menempatkan kata kunci Anda secara efisien. Deskripsi meta Anda dapat mencapai hingga 160 karakter, termasuk spasi kosong. Jika lebih lama dari itu, itu tidak akan ditampilkan sepenuhnya.

Tip 3 – URL:  Ada tiga aturan untuk URL halaman (bukan situs web): Mereka harus mengandung kata kunci pilihan Anda, informatif dan terstruktur dengan baik. Pastikan bahwa URL tidak mengandung karakter atau kata-kata yang tidak berarti dan jangan menggunakan format tanggal – sebagai gantinya, buat teks pendek menggunakan kata kunci Anda.

Tip 4 – konten:  Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “konten adalah raja”. Aturannya sederhana: Konten yang baik mendapat peringkat tinggi, sementara konten yang buruk mungkin tidak mendapatkan peringkat sama sekali. Tapi bagaimana cara mesin pencari mengenali konten yang bagus? Berikut adalah aspek yang paling penting:

  • Tempatkan kata kunci atau kombinasi kata kunci Anda dalam tajuk <h1> Anda, dalam subtitle <h2> <h3> <h4>, daftar, paragraf pertama Anda dan di alt atribut gambar Anda. Kepadatan kata kunci harus berkisar dari 1 hingga 3%. Selain itu, Anda dapat menggunakan variasi kata kunci Anda.
  • Buat teks unik. Apa yang disebut duplikat konten akan dipindai oleh mesin pencari dan berdampak pada peringkat Anda.
  • Hindari kalimat yang rumit dan pastikan untuk menggunakan ejaan yang tepat.
  • Atur kalimat Anda dengan paragraf dan subjudul.
  • Memberikan nilai: Teks yang bermanfaat dan mudah dipahami menarik mesin pencari dan pembaca.
  • Jangan lupa tentang kuantitas: Agar menarik bagi mesin pencari, Anda membutuhkan antara 400 dan 500 kata per halaman.
  • Optimalkan gambar: Pangkas gambar di situs web Anda – file berukuran besar cenderung menyebabkan waktu pemuatan yang lama. Juga, jangan lupa untuk memilih atribut alt yang pas yang mengandung kata kunci Anda untuk setiap gambar.
  • Optimalkan tautan: Semua halaman situs web Anda harus terhubung satu sama lain dengan baik. Anda tidak hanya akan mendapatkan peningkatan peringkat, tetapi pengunjung Anda akan mendapat manfaat juga dengan dapat menavigasi situs Anda dengan lebih mudah. Penting: Selalu tautkan halaman internal dengan kata kunci masing-masing. Anda juga dapat menautkan ke situs eksternal, tetapi hanya jika mereka sesuai dengan topik situs Anda.

Periksa konten dewasa (gambar, teks, tag meta). Sering kali detail kecil yang menyebabkan situs web menerima peringkat dewasa.

Kiat 5 – kegunaan: Kegunaan yang  buruk dapat menyebabkan pengunjung meninggalkan situs web Anda dengan cepat dan tidak kembali. Untuk alasan ini, kegunaan sangat penting jika Anda ingin menghasilkan klik dan meningkatkan peringkat Anda.

  • Pastikan waktu pemuatan pendek: Situs web ramping (volume file!), Host yang memenuhi syarat dan kode bersih mengurangi waktu tunggu yang tidak perlu.
  • Buat ikhtisar: Struktur sederhana dan menu yang dapat dipahami membantu pengunjung menavigasi situs web Anda, dan hal yang sama berlaku untuk mesin pencari.
  • Jangan lupa tentang perangkat seluler: Daya tanggap seluler adalah persyaratan yang harus dipenuhi semua situs web. Jika milik Anda tidak, peringkat Anda akan menurun.

Kiat 6 – keamanan:  Dapatkan sertifikat SSL. Situs web yang tidak dienkripsi peringkatnya lebih rendah daripada situs terenkripsi mereka. Selain itu, browser modern dapat memperingatkan penggunanya tentang mengakses situs yang tidak aman. Jika Anda menambahkan formulir kontak, enkripsi menjadi wajib karena Anda harus memastikan bahwa data pengguna yang masuk akal akan dikirim disandikan.

SEO: Apa yang harus Anda hindari:

Beberapa langkah yang disukai oleh mesin pencari di masa lalu sekarang memiliki efek sebaliknya. Jika situs web Anda dulunya memiliki peringkat tinggi, tetapi tiba-tiba tidak dapat ditemukan lagi, Anda dapat memeriksa hal-hal berikut:

1. Terlalu sedikit teks:  Mesin pencari mendukung konten yang relevan dan rumit. Minimal 350 – atau lebih baik -, 450-500 kata per halaman akan meningkatkan peringkat Anda. Teks yang cukup juga mencegah jenuh kata kunci, yang mengarahkan kita ke poin 2:

2. Spamming kata kunci:  Ketika sebagian besar teks Anda terdiri dari kata kunci Anda atau variasi itu, baik kualitas dan peringkat teks Anda akan menderita. Jika konten Anda tidak dapat dipahami, mesin pencari akan menurunkan peringkat halaman Anda.

3. Konten yang dihasilkan secara otomatis:  Beberapa situs web diisi dengan teks yang dihasilkan secara otomatis. Teks seperti itu umumnya tidak masuk akal dan akan menyebabkan peringkat rendah. Teks yang telah diterjemahkan menggunakan perangkat lunak atau diambil dari feed Atom / RSS termasuk dalam kategori ini.

4. Berpartisipasi dalam skema tautan:  Jika Anda menggunakan tautan untuk memanipulasi peringkat situs web Anda, mesin pencari akan melihat dan menurunkannya. Pembelian atau tautan perdagangan, menggunakan pertukaran tautan dan situs afiliasi yang satu-satunya tujuan jaringan (terutama jika kontennya tidak relevan), serta program otomatis yang menghasilkan tautan ke situs web Anda semua dianggap sebagai skema tautan.

5. Cloaking:  Beberapa pemilik situs web mencoba menyesatkan mesin pencari dengan menampilkan berbagai konten untuk pengunjung manusia, dan konten yang berbeda untuk crawler mesin pencari. Misalnya, pengunjung dapat ditampilkan gambar, sementara mesin pencari ditampilkan situs teks HTML. Upaya semacam itu akan mengarah ke peringkat yang lebih rendah.

6. Pengalihan licik:  Anda mungkin ingin meneruskan pengunjung ke URL baru jika Anda baru-baru ini memindahkan situs Anda atau memiliki beberapa situs – yang sepenuhnya ok. Tetapi jika Anda menerapkan pengalihan untuk mencoba dan menipu mesin pencari, itu akan berdampak negatif pada peringkat Anda. Salah satu contohnya adalah jika Anda memiliki satu situs untuk pengguna desktop dan satu untuk pengguna seluler yang isinya sangat berbeda.

7. Teks atau tautan tersembunyi:  Teks atau tautan tak terlihat dianggap sebagai penipuan – tautan tersebut dibuat untuk menyajikan konten ke mesin telusur sementara tidak terlihat oleh pengunjung manusia. Ini termasuk

  • Teks putih dengan latar belakang putih
  • Teks di belakang gambar
  • Memposisikan teks di luar layar menggunakan CSS
  • Ukuran font 0
  • Menempatkan tautan dalam karakter kecil (seperti tanda hubung)

Saat Anda mencari tautan tersembunyi di situs web Anda, awasi segala sesuatu yang mungkin sulit ditemukan seseorang. Apakah orang melihat hal yang sama dengan mesin pencari?
Perlu diingat juga bahwa banyak orang menggunakan pembaca layar, peramban seluler, dan peramban tanpa plugin. Bagi orang-orang itu, teks deskriptif sangat penting, itulah sebabnya Anda harus memilih atribut alt yang berisi kata kunci Anda untuk setiap gambar, menempatkan konten JavaScript dalam tag <noscript> dan menambahkan teks deskriptif ke video Anda dalam HTML.

8. Halaman doorway: Halaman  seperti itu akan ‘diletakkan di depan’ situs web dan sangat dioptimalkan untuk memastikan peringkat yang bagus. Namun, mereka tidak menawarkan konten nyata dan dengan demikian bertentangan dengan pedoman kualitas mesin pencari. Halaman doorway biasanya manipulatif dan bertujuan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman akhir tertentu. Beberapa contoh akan menjadi

  • Beberapa domain untuk berbagai wilayah yang semuanya mengarah ke halaman yang sama.
  • Halaman dengan konten yang sangat mirip dan tidak ada hierarki yang terlihat

9. Konten yang dihapus:  Beberapa situs web hanyalah akumulasi dari konten yang diambil dari situs lain yang sah. Konten tersebut tidak memiliki nilai nyata dan melanggar hak cipta, yang pada gilirannya menyebabkan peringkat yang lebih rendah.

CATATAN: 

  • Sangat sedikit yang bisa dilakukan pesaing untuk merusak peringkat situs web Anda atau menghapus situs Anda dari indeks pencarian. Jika Anda khawatir tentang apakah situs lain yang menautkannya merusak pengindeksan Anda, sebaiknya hubungi webmaster situs tersebut. Mesin pencari mengumpulkan dan mengatur informasi yang dipublikasikan di web. Mereka tidak mengontrol konten halaman ini.
  • Kadang-kadang, fluktuasi hasil pencarian adalah hasil dari perbedaan di pusat data. Saat Anda melakukan pencarian, kueri Anda dikirim ke server di dalam pusat data untuk mengambil hasil pencarian. Ada banyak pusat data, dan banyak faktor (seperti lokasi geografis, volume lalu lintas pencarian, dll.) Yang menentukan ke mana kueri dikirim. Karena semua pusat data tidak diperbarui secara bersamaan, dimungkinkan untuk melihat hasil pencarian yang sedikit berbeda tergantung pada pusat data yang menangani permintaan Anda.
  • SEO yang dilakukan dengan benar membutuhkan waktu, tenaga, dan pengetahuan yang signifikan. Anda mungkin ingin melakukan outsourcing SEO Anda atau menggunakan salah satu dari banyak layanan evaluasi SEO online untuk lebih cepat mengidentifikasi masalah dan menemukan cara untuk melakukan perbaikan. Anda dapat menemukan layanan dan sumber daya SEO dengan mencari di Startpage.com menggunakan permintaan pencarian seperti berikut: “Penganalisa halaman web SEO”; “Evaluasi SEO Online”; “Layanan peringkat halaman SEO”

Kami harap tips SEO cepat ini akan membantu Anda meningkatkan layanan situs web Anda ke komunitas dan peringkatnya di Startpage.com dan mesin pencari lainnya

Sumber: https://support.startpage.com/index.php?/Knowledgebase/Article/View/1150/0/why-is-my-site-not-showing-in-startpage-search-how-can-i -improve-situs-saya-mesin pencari-peringkat

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2020 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.