Adab Penuntut Ilmu

Adapun sifat Zuhud dimaknai dengan tidak melakukan yang haram serta menjauhkan diri dari segala sesuatu yang menjerumuskan kepada keharaman dengan menahan diri dari syubhat dan tidak menginginkan apa yang dimiliki orang lain.

Diriwayatkan dari Imam Asy-Syafi’i rahimahullah beliau berkata, “Seandainya ada seseorang yang berwasiat agar memberikan sesuatu kepada orang yang paling berakal, maka harus diberikan kepada orang-orang yang zuhud”.

Karena mereka menjahui segala yang tidak membawa manfaat bagi akhirat mereka.

Sedangkan Qana’ah adalah sifat yang paling paling utama yang harus dimiliki seorang muslim, yakni menerima apa adanya yang diberikan Allah ‘Azza wa Jalla.
Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ, ورُزِقَ كَفَافًا, وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ”

“Sungguh beruntung orang yang masuk Islam, diberi rezeki yang cukup, dan diberikan oleh Allah sikap qana’ah (rasa cukup) terhadap pemberian-Nya” (HR. Tirmidzi, dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani).

Adab Penuntut IlmuSeorang ulama salaf, Syaikh Muhammad Amin Asy-Syinqithi adalah orang yang zuhud pada urusan dunia.
Pernah suatu hari beliau berbicara bahwa beliau tidak pernah memiliki lembaran uang dalam jumlah besar. Beliau datang dari negeri Syinqith dengan membawa modal yang jarang dimiliki orang lain, yaitu rasa qana’ah. “Seandainya aku menginginkan jabatan, aku akan bisa mencapainya, namun aku tidak akan mementingkan urusan duniaku di atas akhiratku, aku tidak akan menjadikan ilmu ini untuk memperoleh kedudukan duniawi.”

Semoga dengan mengaplikasikan Adab Penuntut Ilmu yaitu sifat Qana’ah dan Zuhud dalam kehidupan dunia, kita mendapat balasannya nanti di akhirat yaitu syurga.
————
Informasi, saran, dan komunikasi ⤵
Facebook/LinkedIn :
Tarbiyah Sunnah Learning
Instagram : @tarbiyahsunnahlearning
Twitter : @salamTSL
Helpdesk Whatsapp : +6282120413300
Helpdesk LINE :
http://line.me/ti/p/%40uad4886w

Adab Penuntut Ilmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *