Close
Google Tools

Tools dari Google

Hampir tidak ada yang tidak mengenal Google. Semua orang tahu dan sudah pasti menggunakannya untuk mencari informasi dan pengetahuan. Banyak juga tools yang Google ciptakan untuk para penggunanya, mulai dari pelajar sampai para profesional atau pebisnis.

 

1. Google My Business

Ketika ingin mulai berbisnis dan menyertakan internet, tentu yang kita inginkan adalah mudah ditemukan oleh para netizen kan? Nah, bagi para pebisnis yang ingin lebih cepat dan mudah ditemukan, daftarkan saja bisnis Anda ke Google My Business(yang sebelumnya dikenal sebagai Google Places) dan bisnis Anda bisa ditampilkan dalam hasil pencarian(juga di Google Maps). Dengan mendaftar biodata bisnis kita akan mudah untuk dicari dan tampil di halaman pertama Google. Dan secara otomatis, data yang kita inputkan juga akan tampil di halaman Google+ bisnis kita.

2. Google+

Semenjak dihapusnya Google Authorship dan Google +1 dari hasil pencarian, kita menjadi tahu betapa pentingnya halaman Google+ untuk bisnis kita. Dari yang awalnya hanya sebagai akun yang secara otomatis aktif ketika kita membuat akun Google, kali ini Google+ banyak dicari karena dinilai mampu bersaing dengan Facebook dan Twitter untuk media sosial berbisnis.

Di dalam akun Google+, kita bisa memaksimalkan tampilannya, memaksimalkan kinerja dengan konten yang kita berikan, dan lain sebagainya. Mencari dan mendapatkan pelanggan juga investor juga bisa dari Google+.

3. Google Webmaster Tools

Jika Anda ingin memiliki website yang sehat di mata Google, Anda bisa menggunakan dan mengoptimasi Google Webmaste Tools. Google Webmaster Tools akan mengingatkan Anda untuk selalu update, karena ini bisa mencegah situs kita dari dihapus dari mesin pencari. Selain itu juga bisa menganalisis lalu lintas pencarian yang ada, sehingga kita bisa memahami bagaimana pengujung yang datang dan aktif di website kita.

4. Google Adwords

Selain itu, jika Anda ingin meningkatkan peringkat website Anda pada mesin pencari, cobalah untuk aktif penggunakan Google Adwords, seperti PPC(Pay Per Click) dari Google. Jika Anda ragu untuk mencobanya, berikut ini cara kerjanya:

Anda membuat iklan yang menargetkan kata kunci dengan spesifik yang tentu saja terkait dengan bisnis Anda. Dan iklan akan muncul di atas atau di sebelah kanan hasil mesin pencarian Google, ketika orang mencari kata kunci tersebut. Biaya iklan yang harus dibayar tergantung pada daya saing kata kunci yang Anda targetkan, tapi Anda hanya akan membayar jika pengunjung benar – benar mengklik iklan Anda.

5. Google Adwords Keyword Planner

Memiliki website yang banyak dicari pengguna internet, tidak lepas dari penggunaan SEO di dalam website kita. Kita mungkin ingin melakukan penelitian terhadap kata kunci yang kita inginkan. Google Adwords Keyword Planner akan membantu kita untuk mengidentifikasi kata kunci yang akan kita targetkan. Karena jika keyword sudah sesuai, maka dengan mudah kita bisa membuat konten website yang relevan dan mudah ditemukan di Google.

Perlu diingat! Ketika kita perlu menyiapkan akun AdWords menggunakan Google Adwords Keywords Planner.

6. Google Trend

Selain Google Keywords Planner, kita juga membutuhkan satu tools Google lainnya, yaitu Google Trends. Google Trends adalah alat yang hebat untuk membantu kita membuat pilihan cerdas dari kata kunci yang kita miliki. Hal ini memungkinkan kita untuk mengevaluasi popularitas keyword atau istilah tersebut. Membandingkan variasi kata kunci lainnya, menganalisis bagaimana popularitas mereka bisa bervariasi dari waktu ke waktu, dari daerah, bahasa dan menunjukkan kata kunci terkait, yang memberik kita saran untuk kata kunci yang baru.

7. Google Docs, Sheets, Slide & Formulir

Era kolaborasi, Google ternyata sudah jauh berfikir ini sebelum kita. Google memiliki tools yang membuat kita bisa menjalin kolaborasi dengan para pebisnis. Dengan itu Google menciptakan tools kolaborasi yang besar dan bisa digunakan oleh banyak orang sekaligus. Mulai dari:

  • Google Docs untuk membuat dokumen Word
  • Google Sheets untuk membuat spreadsheet Excel
  • Google Slides untuk membuat presentasi Power Point
  • Google Formulir untuk memudahkan kita mengumpulkan feed back dari survey sederhana

Kita harus mempertimbangkan untuk menggunakan mereka dalam berbagai project kolaborasi, seperti data pemasaran analisis, e-book atau postingan blog yang di draft.

8. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan online gratis dari Google. Dengan tools ini memungkinkan pengguna dapat menyimpan sekitar 15GB data secara gratis pada penyimpanan cloud. Mulai dari fie foto, dokumen, desain, video dan lain sebagainya. Google Drive juga memungkinkan kita untuk berbagi file atau folder dengan orang lain dan ini membantu kita menciptakan kolaborasi dengan mudah.

9. Google Alerts

Google Alerts memungkinkan Anda untuk memonitor website untuk menyebutkan kata kunci tertentu atau frase yang ada. Setelah itu, kita akan menerima email atau hasil melalui RSS setiap kali ada ungkapan ini disebutkan secara online. Misalnya ketika kita mendaftarkan diri untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali seseorang menyebutkan nama perusahaan kita, produk kita, bahkan pesaing kita. Google Alert akan memberitahu kita pada
waktu yang tepat.

10. Google News

Bermain di rana online mengharuskan kita bisa memanfaatkan popularitas berita yang ada. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan penjualan dan keberhasilan pemasaran kita. Dengan Google News kita dengan mudah menemukan dan mengidentifikasi berita yang relevan dengan bisnis kita.

11. Google Voice

Pada era dimana semua orang sudah menggunakan ponsel dan aktif menggunakan internet, itu juga saat dimana para pebisnis memiliki peluang besar mendapatkan pelanggan dari perkembangan ini. Sekalipun masih tersedia di Amerika, Google Voice memungkinkan kita utnuk membuat pesan suara pribadi tergantung kepada siapa kita menelpon dan mudah untuk menuliskan pesan suara itu.

12. Google Calendar

Ada kalanya kita bekerja tapi lupa waktu, bahkan semua tugas yang ingin dikerjakan menjadi berantakan. Dan menjadi orang yang teratur dan terorganisir akan menjadi pemasar yang produktif. Google Calendar adalah cara yang mudah untuk dapat membantu mengatur aktivitas harian kita.

Dengan Google Calendar, kita juga dengan mudah untuk mengatur postingan blog, konten pemasaran lain dan membagi kontributor konten baik secara internal maupun eksternal.

13. Google Analytics

Memiliki website yang ramai adalah impian kita. Dan untuk melihat bahkan mengoptimalkan konten dan aktivitas website kita, kita bisa melakukan pemantauan dari Google Analytics. Kita akan tahu berapa lama ornag akan menghabiskan waktu di situs kita, apakah konten kita memiliki bounce rate yang tinggi, dan juga siapa pengunjung kita semua akan dijawab oleh Google Analytics, produk analisis website gratis dari Google. Google Analytics
dapat memberikan Anda wawasan dan sumber informasi dengan menjelajahi situs kita.

14. Google FeedBurner

Ingin menumbuhkan jangkauan bisnis Anda? Maka Anda juga harus memungkinkan pengunjung untuk kembali dan bahkan berlangganan konten website Anda, khususnya blog atau website dengan menggunakan feed. Dengan menggunakan Google FeedBurner, pengunjung situs akan dengan mudah berlangganan konten Anda dan menerima update reguler melalui browser website mereka.

15. Youtube

Salah satu produk paling populer yang diresmikan Google pada tahun 2006, Youtube memiliki lebih dari 1 miliar pengguna yang menonton ratusan juta jam di Youtube dan menghasilkan miliaran pandangan setiap harinya. Dan kini video merupakan salah satu alat untuk memasarkan sebuah bisnis dengan sangat kuat dan mudah. Dengan membuat jaringan bisnis lebih banyak kita akan dengan mudah mendapatkan leads pelanggan potensial bagi bisnis kita.

 

 

Tools dari Google

Sumber: http://mebiso.com/15-tools-terbaik-google-untuk-para-marketer/

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2019 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d blogger menyukai ini: