Close
adzan panggilan untuk melakukan shalat

Sedihnya ketika nikmat mendengarkan adzan hilang

Selepas jam 12 siang, tiba-tiba jaringan listrik PLN mati didaerah Bandung. Konfirmasi dari tetangga yang bekerja di PLN terjadi blackout untuk daerah jawa barat dan sedang dilakukan penanganan.

Ketika waktu ashar tiba, tidak ada suara adzan yang biasa bersahut-sahutan antar masjid. Alhamdulillah kita hidup ditempat yang mudah terdengar suara adzan, yang menandakan waktu shalat telah tiba.

Matahari pun mulai menyisih, tibalah waktu maghrib, dan kali ini pun tidak terdengar suara adzan, shof shalat pun yang biasanya lebih dari 3, sekarang hanya 2.

Sebetulnya adzan tetap ada, namun karena tidak ada pengeras suara, maka hanya terdengar seputaran masjid saja.

Isya pun tiba, biasanya jama’ah sudah hadir, tapi kali ini baru ada 2 orang saja, padahal waktu sudah begitu lewat.

Ya Allah….., sungguh mendengar suara adzan itu salah satu nikmat, karena dengan adzan syaithon lari terbirit-birit, sehingga dalam waktu beberapa saat manusia diberi hidayah untuk segera mengambil wudhu dan melakukan shalat. Namun memang tidak semua orang tanggap dengan sejentik hidayah yang datang beberapa saat tersebut. Sebagian besar lalai dengan urusan dunianya, sebagian lagi menundanya, dan sebagian kecilnya segera tanggap untuk berjamaah ke masjid atau pun shalat sendiri.

Sedih rasanya tidak mendengar adzan, karena setidaknya kehilangan pahala untuk menjawab panggilan adzan, sedih karena bisa jadi shalat tidak pada awal waktu, sedih karena menjadi masbuk, sedih karena telinga ini tidak mendengar kalimat agung “Allahuakbar”….

Semoga Allah selalu memberikan nikmat kepada kita untuk selalu bisa mendengar suara adzan ketika waktu shalat wajib telah tiba….

Alhamdulillah Indonesia masih diberi keleluasaan untuk mengumandangkan adzan, semoga Allah ‘azza wajalla selalu memberikan rahmat kepada negeri ini, dan memberikan taufik dan hidayah kepada seluruh penduduknya.

adzan panggilan untuk melakukan shalat
adzan panggilan untuk melakukan shalatp

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2019 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d blogger menyukai ini: