Close
Dough star

Mengapa orang islam tidak boleh membaca atau melihat ramalan?

Lihat berita Sriwijaya yang muncul Mbak You
.
Jelang akhir 2020 muncul dukun meramal kejadian 2021. Lihat berita pesawat jatuh, muncul lagi peramal model Mbak You.
Kasihan, yang nonton jutaan.
.
Sebagai sesama muslim saya mengingatkan netizen khususnya yang muslim:
1️⃣ Mereka yang memproduksi tayangannya menanggung dosa untuk dirinya, ditambah dosa orang dikali lipat jumlah orang yang menontonnya.
2️⃣ Nonton meskipun tidak meyakini, tapi bukan untuk membongkar kedustaannya, masuk dalam hadits tidak diterima shalat 40 hari 40 malam. Nonton dan membenarkan, masuk dalam hadits kufur terhadap Al-Qur’an. Haditsnya ada di bawah.
3️⃣ Yang terlanjur sengaja nonton untuk menikmati, atau tidak sengaja tapi tetap terus nonton, wajib bertaubat dengan cara: istighfar, menyesal, berjanji tidak mengulangi. Itu semua dilakukan untuk Allah semata.
4️⃣ Mengapa nonton doang tanpa meyakini tetap haram dan berdosa?
– Keburukan bagi diri sendiri: ramalannya nyantol di hati kepala. Jika ada yang bertepatan/kebetulan, hati sedikit demi sedikit akan membenarkan. Itu yang paling banyak terjadi di kalangan orang awam yang suka baca ramalan di majalan dan koran.
– Keburukan bagi orang lain: Medsos memprogram video dengan algoritma yang akan semakin memperbanyak ruang, dengan semakin banyak views. Akhirnya video ramalan semacam Mbak You jadi beredar dimana-mana, di beranda berbagai akun, hingga trending media. Akan semakin banyak dosa yang didapatnya.
.
Ingat hadits:
.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَالْحَسَنِ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَتَى كَاهِنًا أَوْ عَرَّافًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari Abu Hurairah dan Al Hasan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Barangsiapa mendatangi seorang dukun atau peramal kemudian membenarkan apa yang ia katakan, maka ia telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Ahmad)
.
عَنْ صَفِيَّةَ عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً
Dari Shafiyyah dari sebagian para isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Barangsiapa mendatangi tukang tenung lalu dia bertanya kepadanya tentang suatu hal, maka shalatnya tidak akan diterima selama empat puluh
malam.” (HR. Muslim)

 

Sumber: https://www.instagram.com/p/CJ_HHIpg2kk/

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d blogger menyukai ini: