Close

Menanam Bawang Putih di Rumah

Cara menanam bawang putih. Foto: iStock
Cara menanam bawang putih. Foto: iStock

Bagi kamu yang hobi berkebun, kali ini bisa mencoba tanaman baru yang bermanfaat. Selain cabai, bawang putih juga bisa ditanam di rumah. Ini cara menanam bawang putih yang mudah.

Bawang putih menjadi salah satu rempah wajib dalam setiap masakan. Bahkan daunnya pun sangat bermanfaat untuk menambah kelezatan masakan.

Tertarik memiliki tanaman bawang putih di rumah? Yuk intip beberapa cara menanam bawang putih dengan tanah sampai hidroponik yang bisa kamu coba.

1. Cara Menanam Bawang Putih di Pot

– Siapkan bibit bawang putih

Kamu bisa membeli bibit bawang putih yang dijual di toko tanaman atau membelinya secara online. Meskipun bisa saja menanam dari bawang putih yang dibeli di pasar, akan tetapi agar lebih mudah disarankan untuk menanam dari bibit saja.

– Proses penanaman

Cara menanam bawang putih di rumah cukup mudah. Tanam bibit di kedalaman tanah 2-3 cm. Kalau bobot siung lebih dari 1,5 gram berikan jarak tanam dengan ukuran 20×20 cm.

– Lakukan perawatan rutin

Pastikan tanaman bawang putih tercukupi air dan juga paparan sinar matahari. Lakukan pengairan selama 3-5 hari sesuai dengan cuaca.

– Perhatikan teknik penyiraman

Cara menanam bawang putih di pot, saat awal pertumbuhannya berikan pengairan 2-3 hari sekali. Sedangkan pada periode pembentukkan tunas hingga menjadi umbi, lakukan pengairan 7-15 hari sekali. Dan menjelang proses panen, pengairan dapat dihentikan.

Cara menanam bawang putih. Cara menanam bawang putih. Foto: iStock

2. Cara Menanam Bawang Putih Hidroponik

Jika tak punya cukup halaman dengan media tanah yang luas. Salah satu cara untuk menanam bawang putih adalah dengan teknik hidroponik.

Hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Begini cara menanam bawang putih tanpa tanah:

– Bibit bawang putih

Untuk menanam bawang putih awalnya bisa dilakukan dua cara yakni dengan menggunakan bibit bawang putih ataupun bawang putih segar. Jika menggunakan bawang putih besar, kamu harus memiliki bawang putih berkualitas baik dengan ciri-ciri ukurannya besar dan tidak cacat.

– Persiapan media tanam

Media tanam bawang putih dengan cara hidroponik sedikit berbeda. Potonglah botol plastik menjadi dua bagian dan ukur kesesuaiannya. Bagian bawah botol harus memiliki panjang sekitar 4 cm dan jangan lupa memberikan lubang-lubang pada dasar botol.

Bagian atas botol dapat diiris bagian tutup botol agar diameter lubang pada tutup botol menjadi lebih besar dan lebar. Ukurlah kira-kira sepanjang 1 cm untuk diameter lubangnya.

Pada bagian bawah juga jangan lupa dilubangi dan masukkan kain flannel sebagai media penyerapan air. Jika tak ada kain flannel, kamu juga bisa menggantinya dengan sumbu kompor.

– Proses penanaman

Pertama, bersihkan bibit terlebih dahulu. Dan buat lubang tanam pada media tanam, untuk setiap satu wadah botol plastik hanya diperbolehkan untuk membuat 1 lubang tanam saja dan jangan menanam dua bibit pada satu wadah botol.

Masukkanlah bibit bawang putih ke dalam lubang tanam dan tutupi lubang tanam menggunakan tanah campuran.

– Proses penyiraman

Penyiraman pada tanaman hidroponik ini cukup mudah dan hanya perlu menyiram jika media tanam mulai kering saja.

Sumber: detik.com

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.