Membuat Situs dan Blog Baru Anda Cepat terindeks oleh Google

smart customers book

Setiap kali Anda membuat blog atau mungkin website baru untuk bisnis Anda, hal pertama yang mungkin Anda harapkan adalah langsung memiliki pengunjung ke website anda tersebut. Dan, tentu saja, salah satu cara yang diharapkan adalah keluarnya alamat website anda melalui pencarian di internet. Untuk diketahui, biasanya Anda harus menunggu beberapa waktu untuk membiarkan Googlebot menjelajahi situs Anda dan menambahkan (konten terbaru suatu situs) ke database indeks Google.

Why Create a Search Engine Friendly Site
Why Create a Search Engine Friendly Site

Jadi pertanyaannya adalah: bagaimana memastikan google mengindeks secepat mungkin? Berikut adalah dasar-dasar cara agar isi suatu website dijelajahi dan diindeks oleh mesin pencari, ditambah beberapa cara yang bagus untuk mendatangkan Googlebot ke website atau blog untuk mengindeks konten Anda lebih cepat dari pada sebelumnya.What is googlebot?

Apa itu Googlebot, Crawling, dan Indexing?

Sebelum kita memulai beberapa tips yang baik untuk menarik Googlebot ke situs Anda, mari kita mulai dengan apa itu Googlebot? ditambah pengetahuan mengenai perbedaan antara indeks dan crawl.

Secara sederhana Googlebot merupakan software bot untuk memastikan Google mengirimkan data untuk mengumpulkan informasi tentang konten suatu web guna menambah indeks dimesin pencari Google.
Crawling adalah proses dimana Googlebot mendatangi setiap situs web, mencari informasi baru dan diperbarui untuk kemudian melaporkan kembali ke Google. Googlebot menemukan apa yang harus ditelusuri (crawling) menggunakan referensi dari link yang ada di suatu situs.
Pengindeksan adalah pengolahan informasi yang dikumpulkan oleh Googlebot dari aktivitas penelusurannya. Setelah dokumen diproses, mereka menambahkan data indeks ke mesin pencari Google, apabila diputuskan konten suatu web tersebut berkualitas. Selama pengindeksan, Googlebot memproses kata-kata di halaman dan di mana kata-kata berada. Informasi seperti tag, judul, dan atribut ALT, juga dianalisis selama pengindeksan.
Jadi bagaimana Googlebot menemukan konten baru di web seperti website baru, blog, halaman, dll? Dimulai dengan halaman web yang ditangkap selama proses penjaringan sebelumnya dan menambahkan data sitemap yang disediakan oleh webmaster. Seperti menelusuri halaman web melalui link yang terdeteksi pada halaman tersebut untuk kemudian menambahkan daftar halaman untuk dijelajahi. Jika Anda ingin lebih detail, Anda dapat membaca tentang mereka di Webmaster Tools Bantuan.

Oleh karena itu, konten baru di web ditemukan melalui peta situs dan link. Sekarang kita akan melihat bagaimana untuk mendapatkan peta situs di website Anda dan link tersebut yang akan membantu Googlebot menemukan situs-situs baru, blog, dan konten. wpid-screenshot_2015-03-07-19-12-08.png

Bagaimana Agar Blog atau Website Baru Anda Segera Ditemukan?

Jadi bagaimana agar website baru Anda segera ditemukan oleh Googlebot? Berikut akan dibahas beberapa caranya. Kita berikan tips juga agar mendapatkan kunjungan dari halaman web terkenal ke situs anda!

Buat Peta Situs

Sebuah sitemap yaitu berupa dokumen XML pada server website yang berisi data setiap halaman di situs Web Anda. Ini memberitahu mesin pencari ketika halaman baru telah ditambahkan dan seberapa sering untuk memeriksa kembali mengenai perubahan pada halaman tertentu. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin mesin pencari untuk datang kembali dan memeriksa situs Anda setiap hari untuk produk baru, berita, dan konten baru lainnya. Jika situs Web Anda dibangun di WordPress, Anda dapat menginstal XML Sitemaps Plugin Google dan secara otomatis membuat dan memperbarui sitemap Anda untuk Anda serta mengirimkannya ke mesin pencari. Anda juga dapat menggunakan alat seperti XML Sitemaps Generator. Membuat Kuesioner Online Dengan Google Docs

Kirim Sitemap ke Google Webmaster Tools

Tools pertama yang harus Anda miliki untuk melaporkan sitemap sebuah website baru adalah Google Webmaster Tools. Sebaiknya Anda memiliki satu akun dan itu gratis, kemudian mendaftar untuk Webmaster Tools. Tambahkan situs baru Anda ke Webmaster Tools, kemudian masuk menu Optimasi> Sitemaps dan tambahkan link ke sitemap website Anda, selanjutnya Webmaster Tools akan memberitahu Google tentang hal itu dan halaman yang sudah diterbitkan oleh situs anda. Untuk tools tambahan, baiknya buat account juga di Bing dan submit sitemap Anda kepada mereka melalui Webmaster Tools mereka.

Google Analytics

Tools ini berguna untuk tujuan pelacakan, tapi secara tidak langsung tools ini memberikan Google data bahwa website baru tersebut memang ada dan hidup (bisa diakses).

Kirim URL Situs ke Search Engine

Bisa jadi sebagian ahli menyarankan agar tidak perlu melakukan ini karena tidak berguna, dan ada cara lain agar mesin pencari mau menjelajahi situs anda. Tapi sebetulnya untuk melakukan hal inipun tidak membutuhkan waktu lama, jadi tidak ada salahnya dilakukan

Kirimkan URL website Anda ke Google dengan masuk ke Akun Google Anda dan masuk ke Submit pilihan URL di Webmaster Tools begitu pula di Bing add URL. Saat menambahkan data ke Bing, otomatis data akan masuk juga ke Yahoo.

Membuat atau Perbarui Profil Media Sosial

Seperti disebutkan sebelumnya, crawler mendapatkan referensi ke situs Anda melalui link. Salah satu cara untuk mendapatkan beberapa link cepat adalah dengan menciptakan profil jaringan sosial untuk website baru Anda atau menambahkan link ke website baru Anda ke profil yang sudah ada sebelumnya. Ini termasuk profil Twitter, halaman Facebook, profil Google+ atau halaman, profil LinkedIn atau halaman perusahaan, profil Pinterest, dan saluran YouTube.

Bagikan Link Situs Web Baru di Portal Media Sosial

Setelah Anda telah menambahkan link website baru Anda ke profil sosial yang baru atau yang sudah ada, maka bagikan link situs didalam update status di jaringan tersebut. Sementara link ini nofollow, mesin bot tetap akan melacak link terbaru yang ada di social media. Untuk Pinterest, buat pin gambar dari situs web, dan untuk YouTube, buat video profile untuk memperkenalkan situs baru Anda dan menyertakan link ke dalam deskripsi video.

Bookmark It

Gunakan fitur situs bookmark media sosial berkualitas seperti Delicious dan StumbleUpon.

Membuat Konten Offsite

Sekali lagi, untuk membantu dalam proses membangun link, mendapatkan beberapa link lebih ke website baru Anda dengan menciptakan konten offsite seperti mengirimkan posting tamu untuk blog di niche Anda, artikel ke direktori artikel berkualitas, dan siaran pers ke layanan yang menawarkan optimasi SEO dan distribusi. Harap dicatat, ini adalah tentang kualitas konten dari situs berkualitas – Anda tidak ingin konten spam dari situs spam karena itu hanya memberitahu Google bahwa website Anda adalah spam.

Cara Agar Blog Baru Anda Ditemukan

Bagaimana jika website baru Anda adalah sebuah blog? Ada beberapa cara tambahan selain semua pilihan di atas.

Pengaturan RSS Anda dengan Feedburner

Feedburner adalah alat manajemen RSS milik Google. Daftar baru atau ke akun Google Anda kemudian kirimkan feed Anda dengan Feedburner dengan cara menyalin URL atau RSS feed URL blog Anda ke dalam “Burn feed“. Selain sitemap Anda, ini juga akan memberitahu Google mengenai blog baru Anda dan setiap kali blog Anda diperbarui dengan posting baru.

Blog Direktori

TopRank memiliki daftar besar situs direktori blog agar Anda bisa mengirimkan RSS feed dan alamat blog untuk didaftarkan. Ini akan membantu Anda membangun link bahkan lebih “mengena”. Jika Anda merasa repot untuk melakukan semuanya, setidaknya mulai dengan Technorati karena merupakan salah satu direktori blog papan atas. Setelah Anda memiliki baik jumlah konten, coba juga Alltop.

Hasil Akhir

Setelah website atau blog diindeks, Anda akan mulai melihat lebih banyak lalu lintas dari pencarian Google. Plus, konten baru Anda akanditemukan lebih cepat jika Anda telah menyiapkan peta situs atau memiliki RSS feed. Cara terbaik untuk memastikan bahwa konten baru Anda ditemukan dengan cepat hanya dengan berbagi pada jaringan media sosial melalui update status, terutama di Google+.

Juga ingat bahwa konten blog umumnya dijelajahi dan diindeks jauh lebih cepat dari halaman biasa pada website statis, jadi pertimbangkan memiliki blog yang mendukung website Anda. Misalnya, jika Anda memiliki halaman produk baru, menulis posting blog tentang hal itu dan link ke halaman produk di posting blog Anda. Ini akan membantu halaman produk bisa ditemukan lebih cepat oleh Googlebot!

Tentang Penulis: Kristi Hines adalah penulis lepas, blogger profesional, dan antusias media sosial. Blognya Kikolani berfokus pada pemasaran blog untuk pribadi, profesional, dan bisnis blogger. Anda dapat mengikutinya di Google+, Twitter, dan Facebook.

Membuat Situs dan Blog Baru Anda Cepat terindeks oleh Google

Terjemahan dari: https://blog.kissmetrics.com/get-google-to-index/

 

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.