Merancang Survey Online Via Google Doc
Merancang kuesioner online via google doc memang memberikan kemudahan tersendiri. Kuesioner dapat dikirimkan ke berbagai email calon responden dan secara otomatis, google mentabulasinya untuk anda.
Berikut ini cara membuatnya :
Tahap 1. Jika anda belum punya account google, maka buat account terlebih dahulu
Tahap 2. masuk ke Google Document
Pada pilihan “Create”, pilih “Form”
Lalu akan tampil form kosong seperti ini
Tahap 3. Desain Awal
Bagian Judul Kuesioner
masukkan judul kuesioner anda, misal “kuesioner kepuasan kerja dan komitmen”
Lalu pada bagian bawahnya, masukkan kata pengantar dari anda.
Bagian Header
Untuk menambahkan header, klik “ADD”, lalu pilih “SECTION HEADER”
Atur posisi header tepat di bawah judul kuesioner.
Header dapat ditambahkan untuk memberikan penjelasan mengenai petunjuk pengisian
Tampilan judul dan header dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Tahap 4. Membuat Pertanyaan Demografi Responden
Pertanyaan awal tentang demografi responden
Jenis Kelamin. Question Type pilih “Choose from a List”
Masa Kerja. Setting seperti gambar dibawah
Dan seterusnya…jika anda ingin menambah informasi yang ingin anda peroleh dari responden seperti bidang kerja, pendidikan, dst.
Tahap 5. Membuat pertanyaan angket
Pertanyaan Kepuasan Kerja terdiri dari 5 item yaitu kepuasan atas gaji, pekerjaan itu sendiri, kesempatan promosi, rekan kerja dan pengawasan pimpinan.
Contoh pertanyaan 1
Pertanyaan selanjutnya silahkan dilanjutkan. Bentuk kuesioner final 5 pertanyaan mengenai kepuasan kerja dapat dilihat langsung disini
Tahap 6. Menyebarkan Angket
Klik “EMAIL THIS FORM”.
lalu masukkan email calon responden anda
Semoga bermanfaat , http://teorionline.wordpress.com