Close
low angle photo of high rise building

Mau Update Windows 11 dari Windows 10?

Microsoft akhirnya resmi meluncurkan Windows 11, sistem operasi teranyar penerus Windows 10. Sistem operasi anyar ini akan mulai dirilis secara bertahap, dimulai pada akhir tahun 2021 ini.

Microsoft sendiri juga telah mengonfirmasi, bahwa nantinya sistem operasi teranyar ini juga dapat diunduh secara cuma-cuma oleh pengguna Windows 10.

Namun, agaknya pengguna Windows 10 harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan update Windows 11 secara gratis, setidaknya hingga pertengahan 2022 bila menunggu update otomatis dari Microsoft.

Pasalnya, upgrade bertahap Windows 11 untuk pengguna Windows 10 saat ini baru akan dimulai pada awal tahun 2022. Sedangkan pada perilisan awal yang dimulai pada akhir tahun ini, agaknya hanya dikhususkan untuk komputer personal (PC) keluaran terbaru saja.

Hal ini terungkap dari kicauan Windows di akun Twitter resminya.

“Windows 11 akan dirilis nanti pada tahun 2021 dan akan dikirimkan selama bertahap dalam beberapa bulan. Upgrade Windows 11 untuk perangkat Windows 10 yang digunakan hari ini, akan dimulai pada 2022 hingga paruh pertama tahun itu,” twit Windows.

Karena diluncurkan secara bertahap, sebagian pengguna Windows 10 kemungkinan harus menunggu hingga satu tahun mendatang, atau hingga Juni 2022.

Ini mengingat pembaruan software otomatis Windows 11 akan diutamakan didistribusikan pada perangkat Windows 10 yang paling kompatibel terlebih dahulu.

Tujuannya untuk mencegah pembaruan software terbaru di-install pada perangkat Windows 10 yang kemungkinan tidak kompatibel dan memiliki masalah.

Bila tak sabar menunggu pembaruan otomatis, pengguna Windows 10 yang kompatibel bisa mengunduh Windows 11 versi final secara manual melalui file ISO.

Namun, sebelum melakukan proses instalasi, pengguna Windows 10 harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat miliknya sudah memenuhi persyaratan spesifikasi minimum untuk menjalankan OS Windows 11.

Adapun kebutuhan spesifikasi komputer untuk Windows 11:

  • CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz
  • RAM: 4 GB
  • Storage: 64 GB
  • System firmware: UEFI, mendukung Secure Boot
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0
  • Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel
  • Syarat lainnya: Koneksi internet dan akun Microsoft

Atau, pengguna juga bisa dengan mudah memasang aplikasi PC Health Check dari Microsoft untuk mengetahui apakah perangkat mereka bisa dipasang Windows 11 atau tidak.

Untuk tahap awal, Microsoft sebenarnya memberikan kesempatan bagi para pengembang untuk menguji Windows 11 melalui program Windows Insider Program.

Mereka yang terdaftar di Windows Insider dapat mencicipi Windows 11 versi beta dalam waktu dekat. Build Windows 11 Insider pertama dijadwalkan rilis akhir pekan ini.

Berita ini aslinya dari kompas, dan diambil dari Microsoft News: https://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/kapan-pengguna-windows-10-kebagian-update-windows-11-gratis/

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d blogger menyukai ini: