Close
Windows Update

Matikan Windows 10 Update untuk Menghemat Quota Internet Saat Tethering Wifi

Suatu ketika saat koneksi internet dirumah mati, dan ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan, maka kebutuhan internet disuplai melalui tethering wifi dari mobile phone. Keasikan bekerja di cloud, lalu tiba-tiba koneksi terputus, setelah di cek ternyata paket quota internet di hp habis, dan hampir saja menghabiskan juga seluruh pulsa yang ada.

Gemes banget sama situasi kaya begitukan?? keselnya itu ya karena quota yang habis, otomatis menggunakan pulsa yang ada untuk koneksi internetnya.. dan itu muahal…. hahaha…

Nah usut punya usut ternyata si windows ada melakukan download update windows 10 di background… waduh gonodk banget, soalnya ngga dibutuhkan juga itu update… kan masih berfungsi OSnya… hehehehe… (masih bodo amat dengan security patch)

Nah agar kejadian yang sama tidak berulang, langsung saja deh Matikan Windows 10 Update untuk Menghemat Quota Internet Saat Tethering Wifi.

1. Hentikan Sementara Update Otomatis

Cara ini tidak bisa mematikan auto update secara permanen, tapi bisa membantu menghentikan update otomatis untuk sementara waktu. Buka menu Start dan masuk ke aplikasi Settings.

Setelah masuk ke Settings, klik Update & Security > Windows Update yang ada di sisi kiri > Advanced options. Di bawah Pause Updates, klik toggle yang ada hingga menjadi On.

Cara ini akan menghentikan update otomatis selama 35 hari, tapi kalian harus mengunduh update terbaru setelah periode tersebut berakhir jika kalian masih ingin menghentikan update otomatis.

2. Batasi Koneksi Internet

Cara ini mudah tapi sangat membantu menghentikan update dan menghemat kuota internet. Klik menu Start lalu buka aplikasi Settings. Dari sini klik Network & Internet, kemudian Wi-Fi di kolom sebelah kiri.

Cari nama koneksi Wi-Fi yang kalian pakai. Scroll ke bawah hingga menemukan bagian Metered Connection dan klik toggle yang ada hingga menjadi On. Cara ini akan memberitahu Windows 10 bahwa kalian memiliki internet yang terbatas sehingga tidak akan mengunduh update secara otomatis.

Windows Update
Windows Update

3. Cegah Update untuk Diinstal

Setelah proses instalasi update sudah berjalan, kalian jangan memaksa untuk menghentikannya. Tapi jika Windows 10 sudah mengunduh update tapi belum diinstal, kalian bisa menghentikannya.

Di search bar Windows 10 ketik Security and Maintenance, lalu klik hasil pencarian pertama untuk membuka Control Panel. Klik Maintenance untuk melihat lebih banyak opsi kemudian scroll ke bagian Automatic Maintenance.

Klik Stop Maintenance untuk mencegah update diinstal. Jika berubah pikiran kalian bisa memulai update dengan cara klik Start Maintenance.

4. Matikan Windows Update Startup Service

Di Search Bar Windows 10, ketik Service. Klik kanan di hasil pencarian teratas dan pilih opsi Run as administrator. Scroll down hingga menemukan entri Windows Update.

Jika di kolom Status tertulis Running, klik kanan Windows Update entri dan klik Stop. Setelah itu klik kanan lagi dan pilih menu Properties. Di menu yang muncul, di bagian bawah Startup type, pilih Disabled dan klik OK.

Cara ini mencegah Windows Update untuk menginstall update secara otomatis. Jika kalian ingin mencegah update otomatis tapi masih ingin menginstall update secara manual, pilih opsi Manual dari menu drop-down.

5. Lewat Group Policy

Cara mematikan auto update Windows 10 ini memang sedikit rumit, tapi bisa kalian coba. Ketik ‘gpedit.msc’ di search bar Windows 10 dan klik hasil pencarian pertama.

Setelah itu, navigasi langkah-langkah ini di kolom sebelah kiri: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update. Di jendela sebelah kanan, klik dua kali opsi Configure Automatic Updates.

Langkah ini akan membuka jendela baru. Di sudut kiri atas klik Disabled kemudian Apply dan OK. Cara ini akan mencegah Windows 10 mengunduh dan menginstal update secara otomatis, tapi kalian bisa mengunduh update secara manual lewat Windows Update.

Sumber: https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4782396/5-cara-mematikan-update-otomatis-windows-10-yang-mengganggu

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2019 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d blogger menyukai ini: