Close
turned on computer monitor displaying text

Kegunaan https bagi pemilik website

Dari sisi pengguna sebetulnya mereka tidak terlalu peduli apakah web itu diakses menggunakan http atau https tapi dari segi layanan, kita sebaiknya menggunakan https dan dari segi SEO search engine mudah merekomendasikan apabila webnya https, https dianggap lebih terpercaya.

Kenapa HTTPS?

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) memiliki fungsi yang sama dengan HTTP. Hanya saja, kedua protokol ini dibedakan dengan huruf “S” yang ditambahkan pada HTTPS.

Huruf “S” ini merupakan kependekan dari “Secure” yang berarti aman. HTTPS disebut lebih aman dibandingkan HTTP, karena telah dilindungi dengan format enkripsi seperti Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS).

Enkripsi pada HTTPS bekerja dengan mengacak semua lalu lintas data yang melewati protokol ini, membuat pengguna lebih kesulitan untuk melihat perintah-perintah yang dieksekusi.

Pada tipe enkripsi TLS misalnya, HTTPS yang dienkripsi menggunakan model ini akan memanfaatkan teknologi kriptografi berupa “public key” yang dibagikan dengan perangkat client melalui sertifikat SSL server.

Ketika client membuka akses koneksi ke server, kedua perangkat akan saling menggunakan public key dan private key untuk membuat key baru, session key, yang berfungsi mengamankan alur komunikasi.

Setelah semua permintaan (request) dan tanggapan (response) HTTP berhasil dienkripsi dengan session key, pengguna akan mendapati deretan panjang karakter acak, alih-alih kode yang terdiri dari teks normal.

Keterangan yang terdapat pada HTTPS Get pada umumnya adalah sebagai berikut:

GET /hello.txt HTTP/1.1

User-Agent: curl/7.63.0 libcurl/7.63.0 OpenSSL/1.1.l zlib/1.2.11

Host: www.telkomuniversity.ac.id

Accept-Language: en

Contoh tampilan kode HTTP yang dilihat pengguna apabila telah dienkripsi:

t8Fw6T8UV81pQfyhDkhebbz7+oiwldr1j2gHBB3L3RFTRsQCpaSnSBZ78Vme+DpDVJPvZdZUZHpzbbcqmSW1+3xXGsERHg9YDmpYk0VVDiRvw1H5miNieJeJ/FNUjgH0BmVRWII6+T4MnDwmCMZUI/orxP3HGwYCSIvyzS3MpmmSe4iaWKCOHQ==

Penggunaan HTTPS dapat mempersulit hacker yang berupaya meretas data pribadi pengguna. HTTPS umumnya digunakan pada situs yang menyimpan informasi pribadi, seperti layanan e-commerce, internet banking, e-mail, dan masih banyak lagi.

Di Telkom University https diberlakukan bagi seluruh aplikasi web didalam domain *.telkomuniversity.ac.id

Mengapa HTTP?

Ya bisa dipakai untuk web-web yang tidak memiliki data penting, misalnya blog.

Dan karena sertifikat SSL itu harus beli lagi, perlu biaya tambahan.

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

%d blogger menyukai ini: