Close

Hal-hal lainnya yang dapat membantu peningkatan ranking webometrics

Rekomendasi berikut dimaksudkan untuk membantu Universitas dan lembaga litbang di seluruh dunia untuk memiliki keberadaan web yang memadai. Situs web kelembagaan harus secara akurat mewakili sumber daya, aktivitas, dan kinerja global mereka, memberikan pengunjung visi yang jelas tentang lembaga. Kami mendorong lembaga untuk terlibat dalam proyek-proyek kehadiran web jangka menengah dan panjang yang memberikan prioritas pada publikasi volume besar konten berkualitas di bawah model tipe Open Access.

Kami sangat tidak menyetujui penggunaan teknik penentuan posisi yang kasar yang dapat menghasilkan indikator yang menyesatkan. Jika kami mencurigai suatu institusi terlibat dalam kegiatan tersebut, kami akan memberikan peringatan, dan kemudian institusi yang terlibat akan dikeluarkan dari Pemeringkatan.

1. Penamaan URL

Setiap institusi harus memilih domain institusional unik yang dapat digunakan oleh semua situs web institusi. Kami sugest akronim terkenal dan jika mungkin kata-kata penuh menggambarkan kota, negara atau item deskriptif lainnya.

Sangat penting untuk menghindari mengubah domain institusional karena dapat menimbulkan kebingungan dan memiliki dampak buruk pada nilai-nilai visibilitas. Alternatif atau mirror domains harus diabaikan bahkan ketika mereka diarahkan ke yang disukai.

Hari ini sangat mudah dan murah untuk menyewa layanan untuk hosting halaman web Anda. Jika Anda tidak dapat karena alasan teknis, politik atau ekonomi untuk membangun layanan web Anda sendiri, kami sarankan untuk menghubungi penyedia asing yang juga dapat menjamin akses di seluruh dunia.

Informasi yang dapat dipercaya dan independen tentang web hosting services.

2. Konten: Produksi/Pembuatan Konten

Kehadiran web yang besar hanya dimungkinkan dengan upaya sekelompok besar penulis. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah mendorong dan mendukung sejumlah besar cendekiawan, peneliti, atau mahasiswa pascasarjana Anda sebagai penulis potensial.

Sistem penulisan yang terdistribusi dapat beroperasi di beberapa tingkatan:

  • Organisasi pusat dapat bertanggung jawab atas pedoman desain dan informasi kelembagaan
  •   Perpustakaan, pusat dokumentasi, dan layanan serupa dapat bertanggung jawab atas basis data besar yang mencakup basis data bibliografi, tetapi juga repositori besar (tesis, pra-cetak, dan laporan)
  •   Orang atau tim individu harus memelihara situs web mereka sendiri, memperkaya mereka dengan praktik pengarsipan diri.

Hosting sumber daya eksternal dapat menarik bagi pihak ketiga dan meningkatkan visibilitas: situs web konferensi, repositori perangkat lunak, masyarakat ilmiah dan publikasi mereka, terutama jurnal elektronik.

3. Konten: Konversi (Kertas ke Elektronik)

Sumber daya penting tersedia dalam format non elektronik yang dapat dikonversi ke halaman web dengan mudah. Sebagian besar universitas memiliki catatan panjang kegiatan yang dapat dipublikasikan di situs web bersejarah.

Sumber daya lain juga merupakan kandidat untuk konversi, termasuk kegiatan sebelumnya, laporan atau koleksi gambar.

4. Menghubungkan (link institusi dengan link lainnya)

Web adalah korpus hiperteksual dengan tautan yang menghubungkan halaman. Jika konten Anda tidak dikenal (desain buruk, informasi terbatas, atau bahasa minoritas), tidak ada cukup halaman atau mereka memiliki kualitas rendah, situs mungkin akan menerima sangat sedikit tautan dari situs lain.

Mengukur dan mengklasifikasikan tautan dari orang lain bisa berwawasan luas. Anda harus mengharapkan tautan dari mitra “alami” Anda: Lembaga dari wilayah atau wilayah Anda, direktori web dari organisasi serupa, portal yang mencakup topik pribadi, kolega, atau mitra Anda. Halaman Anda harus memberi dampak pada komunitas bahasa umum Anda.

Periksa halaman yatim, mis. Halaman yang tidak ditautkan dari yang lain.

5. Penggunaan Bahasa, utamanya penggunaan bahasa Inggris

Audiens Web benar-benar global, jadi Anda tidak boleh berpikir secara lokal. Versi bahasa, terutama dalam bahasa Inggris, wajib tidak hanya untuk halaman utama, tetapi untuk bagian yang dipilih dan khususnya dari dokumen ilmiah.

6. Banyaknya file dan berbagai media

Meskipun HTML adalah format standar halaman web, kadang-kadang lebih baik menggunakan format file kaya seperti Adobe Acrobat pdf atau MS Word doc karena memungkinkan distribusi dokumen yang lebih baik. PostScript adalah format yang populer di bidang-bidang tertentu (fisika, teknik, matematika) tetapi bisa sulit untuk dibuka, sehingga disarankan untuk memberikan versi alternatif dalam format pdf.

Bandwidth tumbuh secara eksponensial, sehingga merupakan investasi yang baik untuk mengarsipkan semua bahan media yang diproduksi di repositori web. Koleksi video, wawancara, presentasi, grafik animasi, dan bahkan gambar digital bisa sangat berguna dalam jangka panjang.

7. Desain yang memudahkan mesin pencari

Hindari menu navigasi rumit berdasarkan Flash, Java atau JavaScript yang dapat memblokir akses robot.
Direktori bersarang yang dalam atau interlinking yang kompleks dapat memblokir robot juga.

Basis data dan bahkan halaman yang sangat dinamis dapat tidak terlihat untuk beberapa mesin pencari, jadi gunakan direktori atau halaman statis sebagai pilihan.

Ada beberapa koleksi trik dan saran yang dapat berguna.

8. Popularitas dan statistik

Jumlah kunjungan penting, tetapi penting juga untuk memantau asal, distribusi, dan penyebab mengapa mereka mencapai situs web Anda. Sebagian besar penganalisis log saat ini menawarkan keragaman besar tabel dan grafik yang menunjukkan data demografis dan geografis yang relevan, tetapi pastikan ada opsi untuk menunjukkan perujuk, halaman web dari mana kunjungan tersebut tiba atau istilah pencarian atau frasa yang digunakan jika Kunjungan berasal dari mesin pencari. Sebagian besar halaman atau direktori populer juga relevan.

Pertimbangkan Google Analytics

9. Pengarsipan dan ketekunan

Menjaga salinan materi lama atau usang di situs harus wajib. Terkadang informasi yang relevan hilang ketika situs didesain ulang atau hanya diperbarui dan tidak ada cara untuk memulihkan dengan mudah halaman yang hilang.

10. Standar untuk memperkaya situs

Penggunaan judul-judul yang bermakna dan metatag deskriptif dapat meningkatkan visibilitas halaman. Ada beberapa standar seperti Dublin Core yang dapat digunakan untuk menambahkan info penulisan, kata kunci, dan data lain tentang situs web.

Periksa portal Dublin Core

Sumber: http://www.webometrics.info/en/Best_Practices

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2019 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d blogger menyukai ini: