Close
Telkom University Universitas Swasta Terbaik se Indonesia

Panduan Penghapusan Blacklist Situs Web untuk Google, McAfee, dan Norton

Setiap hari, di dunia internet yang begitu cepat berubah, ribuan situs web masuk daftar hitam. Sayangnya untuk webmaster, mendapatkan daftar hitam dapat berdampak buruk pada situs web. Turunnya peringkat traffic dan mesin pencari, peringatan peramban yang keras, dan penangguhan hosting hanyalah beberapa konsekuensi dari daftar hitam.

Daftar Hitam Situs Web

Apa itu Blacklist?

Singkatnya, “Daftar Hitam” adalah daftar situs web, domain, dan alamat IP yang telah ditandai untuk mendistribusikan konten berbahaya.

Daftar tersebut dikelola oleh otoritas daftar hitam. Pihak berwenang termasuk mesin pencari, ISP, dan antivirus.

Di mana setiap otoritas memiliki kepentingan dalam melindungi pengguna dan jaringan mereka.

Misalnya, perusahaan antivirus dapat melindungi komputer klien mereka dengan menolak akses ke situs yang dikenal mendistribusikan perangkat lunak terlarang, drive-by-download, dan muatan berbahaya.

Untuk pemilik situs web, otoritas daftar hitam yang paling penting adalah Google.

Divisi Penjelajahan Aman Google bertanggung jawab atas keamanan lebih dari 3 miliar pengguna setiap hari di seluruh rangkaian layanan perusahaan, yang meliputi:

  • Chrome
  • Pencarian Google
  • Gmail
  • Iklan Google
  • Android

Ketika situs web yang tidak aman terdeteksi, Penjelajahan Aman akan menandai situs dan menampilkan peringatan di Pencarian Google dan di Chrome (serta browser web lainnya).

Peringatan Keamanan Google Chrome
Peringatan Keamanan Google Chrome

Pada saat menulis artikel ini, Agustus 2018, Google menandai rata-rata 30.000 situs phishing dan hampir 10.000 situs web yang terinfeksi malware per minggu.

Malware dan phising Penjelajahan Aman
Jumlah rata-rata situs web yang di-blacklist oleh Google Safe Browsing

Pada dasarnya, Google berkepentingan untuk membuat informasi dapat diakses dengan aman dan  menjadi daftar hitam jelas bukan untuk kepentingan Anda!

Mengapa saya masuk daftar hitam?

Jika situs web Anda dimasukkan dalam daftar hitam, kemungkinan situs web Anda  diretas  atau ditandai untuk mengirim  email spam .

Bagaimana saya tahu kalau saya diretas?

Jika situs web Anda berjalan pada  sistem manajemen konten WordPress yang populer  , instal dan pindai instalasi Anda dengan salah satu plugin penghapusan malware berikut  .

Hasil pemindaian akan menunjukkan apakah ada file yang terinfeksi ditemukan di situs web Anda.

Untuk pengguna non-WordPress, pertimbangkan salah satu dari 11 alat pemindaian malware berikut  .

Sayangnya, masuk daftar hitam belum tentu salah Anda – terutama jika Anda berada di server bersama dengan alamat IP bersama. Misalnya, mungkin saja situs lain di server Anda dengan sengaja mengirimkan email spam. Konsep yang sama berlaku jika jaringan penyedia hosting Anda terinfeksi malware.

Periksa Daftar Hitam

Sekarang kami memiliki pemahaman yang lebih baik tentang daftar hitam dan menilai jika situs web kami diretas, sekarang saatnya untuk memeriksa apakah kami telah masuk daftar hitam dan, jika demikian, oleh otoritas mana. Untuk menghemat waktu, kami akan menggunakan 3 alat pemindaian online.

Jika situs web Anda masuk daftar hitam, layanan yang bersangkutan akan memperingatkan Anda.

1. Penjelajahan Aman Google

Penjelajahan Aman Google

Teknologi Penjelajahan Aman Google memeriksa milyaran URL per hari untuk mencari situs web yang tidak aman. Setiap hari, sistem mereka menemukan ribuan situs baru yang tidak aman, banyak di antaranya adalah situs web sah yang telah disusupi. Ketika situs web yang tidak aman ditemukan, peringatan ditampilkan di Google Search dan di browser web.

2. Jumlah Virus

Jumlah Virus

VirusTotal memungkinkan Anda menganalisis file dan URL yang mencurigakan untuk mendeteksi jenis malware dan membaginya secara otomatis dengan komunitas keamanan. Namun di luar itu, mereka juga menawarkan alat pemindaian online super yang memeriksa  67 daftar hitam .

VirusTotal - Cek Blacklist

3. Periksa Situs Sucuri

Periksa Situs Sucuri

Malware dan pemindai keamanan situs web Sucuri adalah perangkat lunak gratis yang memindai malware yang diketahui, status daftar hitam, kesalahan situs web, dan perangkat lunak kedaluwarsa. Sucuri akan memeriksa status situs web Anda di antara 9 otoritas daftar hitam yang paling penting.

Panduan Penghapusan Daftar Hitam

Kami telah menyertakan 3 panduan (Google, McAfee, dan Norton) untuk membantu Anda dengan daftar hitam paling populer.

Namun, sebelum meminta penghapusan, penting untuk memastikan bahwa Anda telah memperbaiki situs web Anda dan bebas dari malware.

Peringatan!

Mengirimkan situs web yang rusak / terinfeksi untuk ditinjau dapat semakin memperburuk situasi.

Untuk pengguna WordPress, kami memiliki panduan 18 langkah terperinci tentang  cara menghapus malware dari situs web yang diretas .

1. Google

Untuk menghapus situs web dari daftar hitam Google dan kemudian menghapus peringatan keamanan dari browser web, Anda memerlukan akun Google Search Console yang terverifikasi   .

Masuk ke akun Anda, dan pilih tab “Tindakan Manual”. Jika Google telah mendeteksi masalah keamanan dengan situs web Anda, itu akan mencantumkannya di sana.

Google - Tindakan Manual

Anda akan memiliki opsi untuk meminta peninjauan dan akan diminta untuk memberikan penjelasan terperinci tentang cara Anda memperbaiki situs.

Google - Minta ulasan

Kirim penjelasan Anda dan yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menunggu dengan sabar bagi Google untuk meninjau situs web Anda.

2. McAfee

Permintaan ulasan McAfee ditangani melalui Trustedsource.org. Permintaan ini biasanya ditangani dalam waktu rata-rata 3-5 hari kerja – dengan beberapa permintaan memerlukan peninjauan tambahan dan membutuhkan waktu lebih lama.

McAfee SiteAdvisor

Untuk mengirimkan situs web Anda,  buat akun . Setelah masuk, klik “Periksa URL Tunggal”.

McAfee - Penghapusan daftar hitam I

Dari drop-down pilih “McAfee SiteAdvisor / WebControl”, dan masukkan URL situs web Anda.

Jika Anda masuk daftar hitam, Anda akan memiliki reputasi negatif. Di bagian komentar, Anda dapat menjelaskan secara singkat langkah-langkah yang telah Anda ambil untuk menghapus konten berbahaya dari situs web Anda.

Setelah dikirim, Anda dapat melacak status ulasan dengan mengklik tautan “Lacak Status Tiket URL”.

McAfee - Penghapusan daftar hitam II

3. Norton

Daftar hitam populer lainnya dikelola oleh Norton Safe Web. Seperti layanan lainnya, Anda harus membuat akun. Setelah Anda membuat akun , cari basis data Norton untuk meninjau status situs Anda.

Norton Safe Web

Untuk membantah peringkat Norton, kunjungi bagian “Profil Saya” di situs web. Pilih tab “sengketa situs”, dan klik “Tambahkan situs” untuk memasukkan URL Anda.

Norton Safe Web - Penghapusan Blacklist

Setelah menambahkan situs, Anda harus memverifikasi kepemilikan properti. Anda dapat melakukannya dengan mengunggah file HTML atau dengan menambahkan tag meta di header situs web.

Norton SafeWeb # 1

Setelah memverifikasi kepemilikan Anda, Anda dapat mengajukan permohonan untuk mengevaluasi ulang situs.

Norton SafeWeb # 2

Masukkan deskripsi singkat tentang langkah-langkah yang telah Anda ambil untuk memperbaiki pelanggaran dan langkah-langkah yang Anda ambil meningkatkan keamanan situs web Anda.

Norton SafeWeb # 3

Tekan tombol kirim, dan situs Anda akan antri untuk ditinjau.

Norton SafeWeb # 4

Kesimpulan

Dalam artikel singkat ini, kami menyertakan 3 contoh populer tentang cara menghapus situs web dari daftar hitam. Secara alami, ada lebih banyak otoritas, dan masing-masing otoritas memiliki caranya sendiri dalam memproses permintaan.

Ingat, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda telah memperbaiki situs web Anda sebelum memulai proses peninjauan. Situs web yang masuk daftar hitam untuk kedua kalinya akan lebih sulit untuk dihapus dari daftar hitam daripada pelanggar pertama kali.

 

Sumber: https://fixmysite.com/website-blacklist-removal/

2 thoughts on “Panduan Penghapusan Blacklist Situs Web untuk Google, McAfee, dan Norton

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2020 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.