Close
Google Apps, Google Suite

Mulai 15 Februari 2021, akun G Suite hanya akan memungkinkan akses ke aplikasi menggunakan OAuth. Akses berbasis kata sandi tidak lagi didukung

GAFE akan mematikan akses ke aplikasi yang kurang aman (LSA) – aplikasi non-Google yang dapat mengakses akun Google Anda hanya dengan nama pengguna dan kata sandi, tanpa memerlukan langkah verifikasi tambahan. Akses hanya melalui nama pengguna dan kata sandi membuat akun Anda lebih rentan terhadap upaya pembajakan. Ke depan, hanya aplikasi yang mendukung metode akses yang lebih modern dan aman yang disebut  OAuth  akan dapat mengakses akun G Suite Anda.

Akses ke LSA akan dimatikan dalam dua tahap:

  1. 15 Juni 2020  – Pengguna yang mencoba terhubung ke LSA untuk pertama kalinya tidak lagi dapat melakukannya. Ini termasuk aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan akses hanya kata sandi ke kalender Google, kontak, dan email melalui protokol seperti CalDAV, CardDAV dan IMAP. Pengguna yang telah terhubung ke LSA sebelum tanggal ini akan dapat terus menggunakannya sampai penggunaan semua LSA dimatikan.
  2. 15 Februari 2021  – Akses ke LSA akan dimatikan untuk semua akun G Suite.

Apa yang harus saya lakukan?

Untuk terus menggunakan aplikasi tertentu dengan akun G Suite Anda, pengguna di organisasi Anda harus  beralih ke jenis akses yang lebih aman yang disebut OAuth . Metode koneksi ini memungkinkan aplikasi untuk mengakses akun dengan kunci digital alih-alih mengharuskan pengguna untuk mengungkapkan nama pengguna dan kata sandi mereka. Kami menyarankan Anda  membagikan instruksi pengguna  (termasuk di bawah) dengan individu di organisasi Anda untuk membantu mereka melakukan perubahan yang diperlukan. Atau, jika organisasi Anda menggunakan alat khusus, Anda dapat meminta pengembang alat untuk memperbaruinya untuk menggunakan OAuth. Instruksi pengembang juga termasuk di bawah ini.

Konfigurasi MDM

Jika organisasi Anda menggunakan penyedia manajemen perangkat seluler (MDM) untuk mengonfigurasi profil CalDAV, CardDAV, dan Exchange ActiveSync ( Google Sync ), layanan ini akan dihapus menurut garis waktu di bawah ini:

  1. 15 Juni 2020  – MDM push IMAP, CalDAV, CardDAV, dan Exchange ActiveSync (Google Sync) tidak akan lagi berfungsi untuk   pengguna baru .
  2. 15 Februari 2021  – MDM push IMAP, CalDAV, CardDAV, dan Exchange ActiveSync (Google Sync) tidak akan lagi berfungsi untuk pengguna yang sudah ada. Admin perlu mendorong  Akun Google  menggunakan penyedia MDM mereka, yang akan menambahkan kembali akun Google mereka ke perangkat iOS menggunakan OAuth.

Aplikasi kurang aman lainnya

  • Untuk LSA lainnya, tanyakan pengembang aplikasi yang Anda gunakan untuk mulai mendukung OAuth.
  • Jika Anda menggunakan  aplikasi lain di iOS atau MacOS  yang mengakses informasi akun G Suite Anda hanya dengan kata sandi, sebagian besar masalah akses dapat diselesaikan dengan menghapus lalu menambahkan kembali akun Anda. Ketika Anda menambahkannya kembali, pastikan untuk memilih Google sebagai jenis akun untuk secara otomatis menggunakan OAuth.

Pemindai dan perangkat lain

Tidak diperlukan perubahan untuk pemindai atau perangkat lain yang menggunakan protokol transfer surat sederhana (SMTP) atau LSA untuk mengirim email. Jika Anda mengganti perangkat Anda, cari yang mengirim email menggunakan OAuth.

Instruksi pengguna

Jika Anda menggunakan aplikasi yang mengakses akun Google Anda hanya dengan nama pengguna dan kata sandi, ambil salah satu tindakan berikut untuk beralih ke metode yang lebih aman dan terus mengakses email, kalender, atau kontak Anda. Jika Anda tidak mengambil salah satu tindakan berikut, ketika akses LSA dihentikan setelah 15 Februari 2021, Anda akan mulai menerima pesan kesalahan bahwa kombinasi nama pengguna dan kata sandi Anda salah.

Surel

  • Jika Anda menggunakan Outlook 2016 yang berdiri sendiri atau sebelumnya , pindah ke Office 365 (versi Outlook berbasis web) atau Outlook 2019, keduanya mendukung akses OAuth. Atau Anda dapat menggunakan Google  Apps Sync untuk Microsoft Outlook .
  • Jika Anda menggunakan Thunderbird atau klien email lain , tambahkan kembali Akun Google Anda dan konfigurasikan untuk menggunakan IMAP dengan OAuth.
  • Jika Anda menggunakan aplikasi email di iOS atau MacOS, atau Outlook untuk Mac , dan hanya menggunakan kata sandi untuk login, Anda harus menghapus dan menambahkan kembali akun Anda. Saat Anda menambahkannya kembali, pilih “masuk dengan Google” untuk secara otomatis menggunakan OAuth.
OS Mac iOS
tampilan aplikasi mail Mac OS
tampilan aplikasi email iOS

Kalender

  • Jika Anda menggunakan  CalDAV  untuk memberikan aplikasi atau perangkat akses ke kalender Anda, beralihlah ke metode yang mendukung OAuth. Kami merekomendasikan aplikasi Kalender Google [ Web / iOS / Android ] sebagai aplikasi paling aman untuk digunakan dengan akun Google Apps Anda.
  • Jika akun G Suite Anda ditautkan ke aplikasi kalender di  iOS atau MacOS  dan hanya menggunakan kata sandi untuk masuk, Anda harus menghapus dan menambahkan kembali akun Anda ke perangkat Anda. Saat Anda menambahkannya kembali, pilih “masuk dengan Google” untuk secara otomatis menggunakan OAuth. Baca lebih lajut

Kontak

  • Jika akun G Suite Anda menyinkronkan kontak ke  iOS atau MacOS  melalui  CardDAV  dan hanya menggunakan kata sandi untuk masuk, Anda harus menghapus akun Anda. Saat Anda menambahkannya kembali, pilih “masuk dengan Google” untuk secara otomatis menggunakan OAuth. Baca lebih lajut
  • Jika akun G Suite Anda menyinkronkan kontak ke platform atau aplikasi lain apa pun melalui CardDAV dan hanya menggunakan kata sandi untuk masuk, beralihlah ke metode yang mendukung OAuth.

Catatan: Jika aplikasi yang Anda gunakan tidak mendukung OAuth, Anda harus  beralih ke aplikasi yang menawarkan OAuth , atau meminta admin Anda untuk menghubungi pemasok aplikasi Anda dan meminta mereka menambahkan OAuth sebagai cara menghubungkan akun Google Anda .

Instruksi pengembang

Untuk menjaga kompatibilitas dengan akun G Suite, perbarui aplikasi Anda untuk menggunakan OAuth 2.0 sebagai metode koneksi. Untuk memulai, ikuti panduan pengembang kami tentang  penggunaan OAuth 2.0 untuk mengakses Google APIs . Anda juga dapat merujuk ke panduan kami di  OAuth 2.0 untuk aplikasi seluler & desktop .

Bagaimana saya bisa mendapat bantuan?

Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan bantuan, silakan hubungi  dukungan G Suite . Saat Anda menelepon atau mengirimkan kasus dukungan Anda, referensi nomor masalah 145694552.

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2020 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.