Close
vps virtual private server

(Bahasa Indonesia) VPS Virtual Private Server

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah physical server yang dibagi menjadi beberapa sever yang bersifat virtual. Setiap VPS terlihat dan bekerja seperti sebuah jaringan server sistem yang sebenarnya, komplit dengan pengaturan sendiri untuk init script, user, pemrosesan, filesystem, dan lain sebagainya.

 

Dasar VPS:

VPS bekerja seperti sebuah server yang berdiri sendiri.

VPS memiliki process, user, files dan menyediakan full root access. Setiap VPS mempunyai alamat IP, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri. Setiap VPS dapat delete, add, modify file apa saja, termasuk file yang ada di dalam root, dan install software aplikasi sendiri atau konfigurasi root application software-nya.

Anda bisa melihat gambar di atas. Setiap VPS terpisah dengan VPS yang lain. Setiap VPS memiliki aplikasi dan root user yang berbeda dari VPS lainnya.

 

Server yang digunakan sebagai VPS biasanya merupakan sebuah server yang mempunyai jumlah resources yang besar. Meski begitu, bisa saja sebuah VPS individu berlebihan menggunakan resources server total. Hal ini mengakibatkan VPS lain tidak kebagian jatah CPU dan RAM. Untuk mengantisipasi hal inilah, dalam VPS dikenal istilah resource management.

Resource management mengijinkan kita untuk mengatur level minimum dari penggunaan RAM dan CPU untuk setiap VPS. Jadi apapun yang dilakukan VPS ini tidak akan berpengaruh pada VPS lainnya. Resource management juga megijinkan kita untuk memberi level maximum resource jika ada resource yang tersedia (burst memory).http://mediabisnisonline.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif

 

VPS menempati celah di antara dedicated server dan shared hosting. Namun, jika dibandingkan dengan keduanya, VPS unggul dari berbagai segi. Di antaranya:

Keunggulan VPS dibanding dedicated server:

1. Biaya : Sebuah virtual private server memberi kegunaan layaknya dedicated server dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

2. Integritas data : Dengan VPS, anda akan mendapatkan incremental back-up yang sudah built-in pada array RAID 5 yang berkelas dunia untuk memastikan integritas data anda.

3. Management : Dengan VPS, kita bisa manage semua aspek, dari upgrade hingga patching software. Jadi anda tidak perlu kuatir tentang updating paket anda, karena hal ini sudah dikontrol oleh penyedia layanan.

  1. Fungsionality : Sebuah VPS berfungsi sama seperti dedicated server.

5. Resource Efficient : Anda mendapatkan resources yang anda perlukan dan kustomisasinya bisa diatur pula agar sesuai dengan kebutuhan anda.

Keunggulan VPS dibanding shared hosting:

1. Kontrol : Sebuah VPS memberikan anda access root untuk system. Hal ini mengijinkan anda untuk memodifikasi konfigurasi file server, install aplikasi atau memodifikasi software sistem. Semuanya tidak anda dapat di shared hosting. Di mana dalam shared environment, setting disesuaikan dari segi ‘best fit’. Artinya setting yang dilakukan mencakup kebutuhan semua client dan seringkali tidak memenuhi kebutuhan anda.

2. Keamanan : Sebuah VPS memastikan privacy dan keamanan penuh untuk anda. Pada VPS, file system anda tidak akan bisa diakses oleh pemilik VPS lain, tidak seperti shared evironment dimana siapapun dengan shell access bisa mencari jalan ke file anda (kecuali shell access telah ditutup).

3. Eksklusifitas : Dalam sebuah shared hosting environment, anda adalah ‘held hostage’ untuk tindakan lainnya. Artinya, jika akun shared ‘tetangga’ anda menjalan sebuah script yang tidak cocok dengan server maka server anda akan turun performanya. Dengan VPS, anda memiliki resource yang terpisah. Tidak peduli dengan apa yang dilakukan VPS lain, hal ini tidak membawa pengaruh apa-apa di server anda.

  1. Performa : Pada shared environment, resource server bisa saja digunakan oleh akun yang ‘berteriak paling kencang’, atau dengan kata lain akun besar yang menyerap semua resource dan membuat performance server menjadi buruk. Sedangkan dalam sebuah VPS environment, anda dijaminkan sebuah set resources untuk memastikan website anda selalu perform dengan full speed, dengan resource management yang menjamin VPS lain tidak membawa pengaruh ke performa website anda.

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2019 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d bloggers like this: