Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Pada saat kita berpuasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan air selama lebih dari 12 jam.

Agar ibadah puasa lebih lancar tentunya kita membutuhkan kondisi yang prima bukan? Untuk itu bagi Anda yang sering mengalami kondisi lesu dan dehidrasi pada saat berpuasa ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Hindari Makan Junkfood dan terlalu banyak minum air es
Hindari mengonsumsi junkfood ketika sahur dan berbuka, Junkfood memiliki dampak yang kurang baik untuk pencernaan Anda. Dan sebisa mungkin hindari untuk minum es terlalu banyak, karena es dapat memperlambat sirkulasi darah pada tubuh.

Junkfood memiliki dampak yang tidak baik untuk pencernaan Anda.

Hindari minum es terlalu banyak karena dapat memperlambat sirkulasi darah
2. Cukupi kebutuhan air putih
Ketika sahur atau berbuka perbanyak mengkosumsi air putih. Minumlah minimal 4 gelas pada saat makan sahur dan 2 gelas pada saat berbuka, sedangkan pada malam hari (sebelum tidur) minumlah 2-3 gelas lagi.

3. Perbanyak makan buah dan sayur
Sayur dan buah akan memberikan banyak energi ketika Anda tidak makan selama berpuasa. Untuk itu, pada menu makan sahur dan berbuka sediakanlah minimal 2 jenis buah untuk dikosumsi, seperti apel atau semangka.

“Sayur dan buah akan memberikan banyak energi ketika Anda tidak makan selama berpuasa”

4. Tetap berolahraga
Lakukanlah olahraga ringan pada saat ngabuburit misalnya jogging ringan, percayalah bahwa aktivitas-aktivitas tersebut dapat memperancar sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga tubuh andapun tetap prima.

5. Tidur Secukupnya
Selama bulan Ramadhan biasanya seseorang cenderung lebih banyak beraktivitas pada malam hari seperti menjalankan shalat Tarawih yang diteruskan dengan Tadarus Alquran. Perlu diketahui, kekurangan tidur pada saat berpuasa dapat menyebabkan tubuh tidak prima begitu juga jika Anda terlalu banyak tidur. Terlalu banyak tidur menyebabkan zat-zat glukosa tidak berfungsi dengan baik, akibatnya tubuhpun mengalami kondisi lesu dan lemah yang berlebihan.

“Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan”
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Tetap Segar Saat Berpuasa

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.