Categories
SISFO Kampus

Strategi Pengembangan dan Implementasi e Learning di Perguruan Tinggi

Strategi Pengembangan dan Implementasi e Learning di Perguruan Tinggi

Salah satu materi seminar di dalam Seminar Effective e-Learning for Education adalah Strategi Pengembangan dan Implementasi e-Learning di Perguruan Tinggi yang dipresentasikan oleh Bapak  Zainal A. Hasibuan, Ph.D., beliau adalah Kepala Laboratorium Digital Library and Distance Learning Universitas Indonesia. Website elearning UI.

Strategi Pengembangan dan Implementasi e-Learning di Perguruan Tinggi
Strategi Pengembangan dan Implementasi e-Learning di Perguruan Tinggi

Point penting isi materi adalah sebagai berikut :
Mengapa E-Learning? :

  • Tingkat partisipasi pendidikan tinggi relatif rendah-18%. Target:2014–2015 adalah 30% (M. Nuh, 2011).
  • Peningkatan kualitas Manusia Indonesia (Tahun 2010 Human Development Index-HDI peringkat 108 dari 170; Tahun 2011 turun ke peringkat 124).
  • Penyebaran Infrastruktur TIK tidak Merata (akses internet sekita 20 juta, penetrasi PC 6 juta, sebagian besar di P. Jawa)
  • Penyebaran Pendidik yang Berkualitas tidak Merata (60 % Pendidik bergelar S2, S3 berada di Pulau Jawa)
  • Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa.
  • 59% menempati Pulau Jawa yang hanya memiliki luas wilayah 6,75% dari wilayah Indonesia.
  • Kondisi geografis ini memunculkan tantangan pemerataan pembangunan sarana dan prasarana di bidang pendidikan.
  • Kualitas pengajar, terkonsentrasi dibeberapa tempat.
  • Akses ke materi belajar yang relevan dan up-to-date, masih terbatas.

Keuntungan E-Learning bagi Mahasiswa;

  1. Lebih fleksibel menyusun rencana dan waktu untuk kuliah, Sangat sesuai untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan waktu
  2. Mempunyai kebebasan dan waktu yang cukup untuk mempelajari materi contoh: playback materi yang disampaikan
  3. Fasilitas kolaborasi diskusi, kegiatan grup dapat terekam dan mudah diakses
  4. Personalisasi (student-centered) tracking materi (roadmap, bookmark, self-test), akses online hasil quiz/ujian

Keuntungan E-Learning bagi Dosen);

  1. Tidak terikat pada tempat/lokasi, jumlah peserta dapat lebih besar.
  2. Dapat memberikan dukungan materi yang luas: penyampaian (multimedia) maupun referensi, materi pendukung, link global dengan Internet (WWW).
  3. Dapat memberikan perhatian terhadap individu: monitor kemajuan setiap mahasiswa, terbuka komunikasi tanpa dibatasi waktu
  4. Mudah mengatur struktur matak uliah, tugas, ujian

Download materi seminar mengenai Strategi Pengembangan dan Implementasi e Learning di Perguruan Tinggi disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from Just Shared on Tel-U

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading