Gerak Edar Bumi & Bulan

Malam hari ini, waktu akan bertambah. Jika biasanya hitungan waktu sehari semalam 24 jam tepat, nanti malam akan bertambah satu detik. Sehinga total waktu menjadi 31.536.001 detik. Penambahan waktu ini akan terlihat dalam jam digital.

Jika biasanya dalam satu hari akan diakhiri pukul 23.59.59 kemudian berlanjut pukul 00.00.00 yang menandai hari berikutnya. Pada malam nanti, hari akan dikahiri pada pukul 23.59.60. Penambahan detik waktu ini dinamakan dengan detik kabisat.

Detik kabisat disisipkan untuk menjaga agar definisi satu hari menurut jam atom tetap sama dengan panjang satu hari yang ditentukan berdasarkan rotasi bumi. Hal ini merupakan gejala alamiah saat bumi berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari. Ternyata, pergerakan bumi selalu berubah dan melambat.

Pelambatan rotasi adalah gaya tidal bulan, dimana bulan semakin bergerak menjauh dari bumi. Ada studi yang menyebutkan dalam 100 tahun kecepatan rotasi bumi meambat 1,7 milidetik. Rotasi bumi sangat tidak sempurna, perubahannya kecil sekali. Dalam watu 100 tahun pun tidak terlihat perbedaannya. Setelah beberapa puluh ribu tahun baru terlihat perbedaannya.

Gerak Edar Bumi & Bulan
Gerak Edar Bumi & Bulan

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.