Perpustakaan Digital dan Pengelolaanya

Perpustakaan Digital merupakan salah satu cara dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sedangkan peningkatan SDM adalah bagian dari pendidikan, sehingga hal ini sesuai dengan program STISI Telkom dalam upaya peningkatan mutu mahasiswa STISI Telkom.

Dahulu para mahasiswa di lingkungan STISI Telkom, hanya menerima layanan yang terbatas dan konvensional, maka sekarang sudah bisa diakses melalui pengembangan jejaring Perpustakaan Digital di WDS_LINK_PLACEHOLDER_ad8508dd0b152d6c2b6d5bb59de776f9.

Abad 21 ini, abad dimana setiap saat muncul informasi baru, sehingga setiap orang perlu melek informasi. Meskipun fasilitas yang digunakan tidak canggih, masyarakat tetap dapat memiliki kemampuan untuk dapat memanfaatkan dan menikmati informasi.

Perpustakaan, dulu hanya berisi buku-buku, namun perpustakaan modern saat ini ditambah dengan berbagai kebutuhan zaman, seperti ribuan keping VCD yang berisi tentang berbagai ilmu pengetahuan, termasuk juga jejaring melalui internet sehingga terkoneksi antar perpustakaan lain di Indonesia.

Dalam pengelolaan perpustakaan penting memiliki kemampuan dalam literasi informasi. Literasi di bidang informasi ini harus dikembangkan karena selalu ada hal baru dan orang tidak boleh ketinggalan, tapi masa lalu itu bagian dari masa sekarang. Kemajuan kita sekarang ini tidak boleh menghilangkan hal-hal yang lama, oleh karena itu sangat penting untuk menyimpan dan merawat buku-buku lama, yang mungkin saat ini sudah sedikit digunakan. Selain itu penting pula mewujudkan interoperabilitas antar anggota jejaring perpustakaan.

Kalangan akademisi, baik yang di tingkat dasar maupun universitas, harus memiliki kesadaran akan informasi yang masuk, sehingga mereka akan terus mengetahui informasi yang baru. Namun, pengetahuan terhadap informasi-informasi itu tidak lepas dari bantuan pustakawan. Pustakawan harus mengetahui hal-hal lama maupun baru dalam berbagai bidang, meskipun pustakawan memiliki interestnya sendiri.

Literasi informasi dapat membantu pustakawan dalam mengatur, menyusun, merawat, dan memanfaatkan informasi. Selain itu, penting juga bagi pustakawan khususnya dan akademisi pada umumnya, untuk mendorong minat masyarakat Indonesia dalam membaca, maupun memanfaatkan internet untuk menambah informasi.

Penting bagi pengajar maupun pustakawan untuk bisa mengembangkan kemampuan literasi informasinya. Selain itu, fasilitas buku-buku dalam perpustakaan juga mendukung berkembangnya kemampuan masyarakat dalam menggunakan dan memanfaatkan informasi literasi bagi dirinya maupun orang lain. Tugas universitas-universitas yang memiliki fasilitas perpustakaan yang lengkap untuk bisa mengajarkan kemampuan literasi informasi kepada lapisan masyarakat yang lain.

Aplikasi perpustakaan digital STISI Telkom, menggunakan aplikasi opensource yang dibuat oleh Pusat Informasi dan Humas Depdiknas RI. Informasi lebih lengkap silahkan akses WDS_LINK_PLACEHOLDER_1d2c5e48dddceb1006be1c01ba7e53c0

Sistem informasi perpustakaan digital di lingkungan STISI Telkom dikelola oleh Pak WDS_LINK_PLACEHOLDER_1b340f48e25caf71699e625ff98ed09c dan Ibu WDS_LINK_PLACEHOLDER_73c1d0ed1fcd9dbab6d007774e99c099. Silahkan menghubungi keduanya apabila ada hal yang ingin ditanyakan mengenai perpustakaan STISI Telkom.

Untuk panduan penggunaan perpustakaan digital di STISI Telkom silahkan download di WDS_LINK_PLACEHOLDER_2123f93bb003b42447241e7a5834811d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *