Close
Rokok, Merokok

Bintang Iklan Rokok tapi Tidak Merokok

Pada tahun 1964, ahli bedah umum mengatakan, merokok dapat berbahaya bagi kesehatan. Hal ini juga diakui oleh Philip Morris sebagai pembuat rokok terbesar yang mengatakan, bahwa merokok menyebabkan kanker paru-paru.
Bintang iklan rokok yang tidak merokok, Robert Norris meninggal dunia. Foto: CNN
Bintang iklan rokok yang tidak merokok, Robert Norris meninggal dunia. Foto: CNN

 

 

Bintang iklan terkenal sebuah merek rokok, Robert C. Norris asal Amerika Serikat meninggal dunia. Ia meninggal di usia 90 tahun pada Minggu (3/11) saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pikes Peak Hospice, Colorado Springs, Colorado.

Semasa hidupnya, pria yang dikenal sebagai ‘Marlboro Man’ sejak menjadi bintang iklan rokok pada 1955, ternyata tidak pernah merokok. Hal ini sangat bertolak belakang dengan perannya sebagai bintang iklan dari Marlboro selama lebih dari 14 tahun.

Iklan tersebut membantu Marlboro menjadi merek rokok terkenal di dunia pada tahun 1972. Sejak saat itu, merek tersebut menjadi yang paling banyak dibeli oleh 43 persen masyarakat Amerika Serikat.

Meskipun terkenal sebagai bintang iklannya, ia terus menasihati anak-anaknya agar menjauhi rokok. Ia merasa, selama menjadi bintang iklan rokok, ia memberikan contoh yang buruk bagi mereka.

Dikutip dari New York Times, sehari-hari Norris bekerja sebagai seorang peternak. Ia memiliki peternakan yang luasnya mencapai ratusan hektar di Colorado Spring dan menjadi tempat bagi 150 ekor kuda dan ribuan sapi. Ia juga mendirikan peternakan keduanya di Arizona.

Larangan iklan untuk rokok pada televisi dan radio, mulai berlaku pada 1971. Kemudian, kampanye ‘Marlboro Man’ dihentikan pada akhir 1990-an di Amerika Serikat sebagai bagian dari litigasi yang dilakukan semua negara bagian.

Silakan berikan komentar, pertanyaan, maupun sanggahan. InsyaAllah dibalas secepatnya.

© 2019 Just Shared on Tel-U | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d blogger menyukai ini: