Anakku Semoga Aku Ikhlas Mendidikmu

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Anakku Semoga Aku Ikhlas Mendidikmu

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

 

👤Ustadz Amir As Soronjy حفظه الله

 

🏹Mendidik anak adalah ibadah, sehingga harus ikhlas. Bukan hanya rutinitas atau kebiasaan sehari2

 

🎯Allah berfirman dalam surat Al Bayyinah : 5. Tidaklah mereka diperintahkan kecuali beribadah dengan ikhlas.

 

🔰Hadits Nabi : sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. (H.R Bukhari & Muslim)

 

💡Pahala mendidik anak tergantung keikhlasannya. Pendidik yang ikhlas akan mendapatkan keutamaan2 mendidik anak

 

🍥Orang yang tidak ikhlas mendidik anak, tidak akan mendapat keutamaan2 tsb. Bahkan bisa jatuh kepada kemusyrikan. Misalnya hanya ingin dipuji dan disanjung. Ini termasuk riya’ dan sum’ah.

 

🍬Kalau kita ikhlas mendidik mereka, kita akan sukses dan berhasil. Sebagaimana para Nabi dan Rasul dalam mendidik kaumnya.

 

📝Allah berfirman dalam surat Hud : 29 & 51.
Nabi Nuh dan Nabi Hud berkata: Wahai kaumku. Aku tidak meminta harta atau upah. Upahku hanya dari Allah.

 

🌾Orang yang ikhlas adalah orang yang medidik anak sesuai apa yg diinginkan oleh Allah & Rasul-Nya yaitu dengan ilmu & sabar. Pendidikan membutuhkan kesabaran, krn pendidikan adalah proses.

 

🔢 Tips mencetak anak yang shalih:

1⃣ Mendidik mereka dgn Al-Qur’an & As-Sunnah, krn keduanya telah memberikan perhatian khusus mengenai pendidikan

2⃣ Membaca buku2 para ulama yang berkaitan dgn pendidikan anak

3⃣ Mengambil ibrah/pelajaran/pengalaman dari orang2 yang telah berhasil mendidik anak2 mereka.

 

💦Ketika anak2 masih kecil, PAUD, TK, SD adalah masa2 yg sangat penting. Ini ibarat tanaman yang mungil. Butuh air, udara, cahaya matahari agar tumbuh besar dan kuat. Demikian halnya dengan anak2 membutuhkan kontrol dan pengarahan sejak kecil agar mereka terbiasa melakukan kebaikan.

 

🌴Kita dapati pada masa sekarang, kebanyakan ummat mengadukan anak2 mereka. Misalnya anak2 mereka tidak terbiasa shalat shubuh di masjid. Hal ini karena tidak dibiasakan sejak kecil. Di Indonesia bukan hanya anak2 saja, namun juga orang tuanya tidak shalat di masjid. Waliyadzubillah

 

🕋Ada kisah seorang anak SD kelas 3 yang selalu shalat berjama’ah di masjid, suatu ketika sedang musim dingin di Saudi, ia tetap berangkat. Kemudian salah satu makmum masjid menegur bapaknya, kenapa kamu tidak mencegah anakmu untuk berangkat ke masjid karena cuaca dingin sekali. Bapaknya jawab: Itu kemauannya anaknya sendiri, krn sejak kecil ia sdh terbiasa melakukanya. Disamping itu jarak antara waktu shubuh dengan waktu sekolah hanya satu jam. Setelah shalat subuh, ia langsung berangkat ke sekolah.
Bapaknya melanjutkan: Kalau kita sebagai orang tua tdk mempermasalahkan anak pergi ke sekolah pada saat musim dingin. Kenapa kita harus mempermasalahkan anak pergi ke masjid pada saat musim dingin!
Akhirnya ketika usia dewasa, ia terbiasa melakukan shalah berjamaah.

 

🌅Imam Ahmad bin Hanbal hidup di Baghdad bersama ibunya, sedang ayahnya sudah wafat. Imam Ahmad bercerita: Apabila fajar tiba, ibuku membangunkanku dan memanaskan air untukku agar aku bisa berwudhu. -saat itu umur Imam Ahmad adalah 10 tahun-. Saat itu kami mengerjakan shalat malam lalu istirahat sebentar hingga dikumandangkan adzan shubuh. Lalu sang ibu mengantarnya ke masjid untuk shalat shuhuh karena pada saat itu pasar masih gelap dan banyak binatang buas. Ibunya menunggunya hingga selesai shalat. Setelah dewasa, ibunya menyuruh Imam Ahmad untuk menuntut ilmu. Ibunya Imam Ahmad ini tentu mendapatkan pahala yang besar karena sukses mendidik anaknya dan akan menuai hasilnya melalui anaknya tersebut. Beliau menghafal satu juta hadits beserta sanadnya dari ibu yang tangguh dan luar biasa.

 

❤Anak merupakan nikmat yang sangat besar dan agung. Mungkin orang yang punya anak banyak tidak terlalu merasakan nikmat ini, berbeda dengan orang yang tidak punya anak, baginya anak adalah kenikmatan yg sangat besar.

 

🍯Cara mensyukuri nikmat ini yaitu dengan mendidiknya dengan baik. Kalau orang tua melalaikan tugas ini, maka orang tua akan ditanya oleh Allah tentang amanah dan tanggung jawab ini❓Semua akan ditanya baik suami, istri,maupun seorang guru. Apakah sudah mendidik anaknya dengan baik atau tidak.

🔜Sejak kapan orang tua bertanggung jawab atas pendidikan anak?
Jawabannya adalah sejak sebelum akad. Pilihlah pasangan yang baik agama dan akhlaknya wanita yang baik agamanya.

 

💞Laki2 yg shalih mencari wanita yang shalihah, begitu juga sebaliknya. Seperti petani yang ingin menanam tanaman supaya mendapat tanaman yang baik dan subur, maka ia akan mencari tanah yg baik & subur.

Nabi sudah mengingatkan hal ini jauh2 hari. Disamping itu Rasul perintahkan untuk berdo’a sebelum berhubungan intim agar setan tidak mengganggu anak tersebut selama-lamanya ketika ditakdirkan punya anak.

✅Setelah menikah, dianjurkan mendoakan anak terus menerus jangan pernah berhenti. Berdoa sejak dalam kandungan, sejak lahir, sejak kecil dan selama ia tumbuh menjadi dewasa, dst…

 

💝Nabi Zakariya berdoa: Yaa Allah karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik. (Ali-Imran: 38)

 

🔆Istri ‘Imran atau ibunya Maryam pernah berdoa: Ingatlah ketika istri ‘Imran: aku bernadzar kepadaMu, anak yang aku kandung menjadi anak yang shalih di Baitul Maqdis. Allah lebih tau dari siapa ia melahirkan, semoga Allah melindungi anakku dan menjauhi dari godaan setan. (Ali-Imran: 34-36).

 

🌀Banyak kisah tentang ibu2 yang mendoakan anaknya dengan doa tersebut, anak tersebut menjadi mudah dididik.

 

🗣Apa yang anak2 tanyakan saat ini, harus dijawab dengan logis karena anak2 saat ini banyak yang kritis. Tidak cukup kita jelaskan dengan pahala dan dosa. (Sulit untuk dididik), mungkin hal itu disebabkan ibunya tidak berdoa ketika mengandung & melahirkannya.

Maka itu, usahakan para ibu berdoa dengan doa istri ‘Imran tersebut saat melahirkan.

 

🌼Ummu Sulaim mengajarkan kalimat tauhid kepada Anas, lalu bapaknya menegur jangan merusaknya. Ummu Sulaim menjawab: aku tidak merusaknya.

 

🌻Saat Anas bin Malik masih kecil tinggal di Madinah, Rasul tinggal di Mekah. Anas & sahabat2 yang lain menanti Rasulullah. Ketika Rasulullah tiba, mereka sangat senang. Hal ini karena Anas bin Malik sudah ditanamkan mencintai Allah dan RasulNya sejak kecil.

 

🌤Kisah anak SD kelas 5 yang biasa shalat dhuha, suati hari ia tidak shalat dhuha karena waktunya sangat mepet. Namun pada hari itu ia merasa gelisah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tidak lain adalah karena sudah dibiasakan.

 

🍬Biasanya anak senang diberikan hadiah & menyukai orang yg memberikan hadiah kepadanya. Seandainya anak diingatkan; yang beri kamu pakaian, makanan, minuman, kesehatan, dll setiap hari adalah Allah, niscaya ia akan cinta & sangat sayang kepada Allah. mendapatkan sesuatu dari orang lain. Diingatkan bahwa segala rizki yang ia dapatkan dari Allah, maka kelak akan tertanam dalam dirinha kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya.

 

🍇Kisah seorang ayah membawa buah2an ketika pulang, sedang orang tuanya sedang membicarakan sesuatu, tiba2 anak itu mengatakan: aku cinta kepada Rabbku. Ketika ditanya kenapa? Anak menjawab karena buah2an ini dari-Nya. Terkadang orang tua lalai, lalu diingatkan oleh anaknya.

 

🏁Sebagian orang merasa lelah menasehati anaknya, kenapa anak saya bandel, padahal saya sudah menasehatinya berkali.

 

💗Ada kisah seorang anak yang ngeyel dan tidak pernah mendengarkan. Suatu ketika ia melihat peristiwa dimana temannya di sekolah ada yang dikeluarkan karena pacaran. Barulah anak tersebut menyadari apa yang dikatakan orang tuanya adalah suatu kebenaran.

 

🔑Inilah kunci mendidik anak yaitu harus berilmu dan bersabar. Jangan pernah bosan dalam mengingatkan & menasehati anak sampai hasilnya kita dapatkan. Mungkin tidak instan dan tidak sekarang. Namun suatu saat pasti kita mendapatkan hasilnya selama kita terus bersabar dalam menasehatinya.

 

Semoga yang disampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua آمين

Tentunya harapan kita kepada generasi penerus adalah :

Berakidah Shahih, Beramal Shalih dan Berakhlak Mulia

Insya Allah…..

Share ke saudara yg lain

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *