28 tahun sudah Yayasan Pendidikan Telkom hadir untuk membangun bangsa melalui dunia pendidikan

Dwi S. Purnomo
Dwi S. Purnomo
Dwi S. Purnomo

Assalamualaikum Wr Wb

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua 

28 tahun sudah Yayasan Pendidikan Telkom hadir untuk membangun bangsa melalui dunia pendidikan. Bukan masa yang singkat, namun juga masa pengabdian yang masih seumur jagung.

Jika diibaratkan seorang manusia, saat ini Yayasan telah memasuki usia dewasa, dimana langkahnya telah mantap, rencana dan strategi untuk masa depannya telah tersusun dengan baik, sumber daya yang dimilikinya pun telah memadai untuk bisa meraih apa yang diharapkannya.

Terima kasih saya ucapkan pada seluruh insan di Yayasan, yang telah menjadi bagian penting dalam sejarah Yayasan ini. Mulai sedari awal kelahiran Yayasan hingga hari ini, pengabdian saudara tentunya berdampak luar biasa pada Yayasan sehingga dapat seperti sekarang.

Perjalanan Yayasan Pendidikan Telkom dimulai sejak 20 Mei 1990 seperti yang tertulis dalam Akta Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, SH tertanggal 23 Mei 1990 nomor 163, dengan nama  Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi.

Di awal pendiriannya, YPT hadir dengan dua Perguruan Tinggi yaitu MBA-Bandung yang berubah nama menjadi Sekolah Tinggi manajemen Bandung (STMB Telkom) kemudian berganti lagi menjadi Institut Manajemen Telkom. Dan Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom), yang kemudian berganti nama menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom).

Sejak kelahirannya tersebut, YPT memberikan warna tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kehadirannya memberikan banyak kejutan, dengan lahirnya berbagai lembaga pendidikan yang berbeda dari yang telah ada.

YPT dicanangkan oleh PT Telkom sebagai Center of Excellent teknologi di Indonesia. YPT dirancang menjadi Landmark Kota Bandung, menjadi institusi pendidikan teknologi terbesar di Indonesia, baik untuk memenuhi kebutuhkan PT.Telkom khususnya dan untuk Indonesia umumnya.

Semangat itu terus digelorakan hingga saat ini, alhamdulillah lembaga pendidikan dibawah naungan YPT dapat melahirkan tenaga-tenaga ahli di bidang ICT yang kini telah mengisi berbagai industri, tak hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara. YPT terus berupaya untuk mengantarkan seluruh lembaganya  menjadi yang terbaik,  dengan komitmen yang tinggi pada peningkatan kualitas lembaga.

YPT pun terus tumbuh dan berkembang, dalam perjalanannya, kekuatan YPT pun semakin besar. Sejarah baru pun dimulai, dengan terjadi penggabungan antara YPT dan Yayasan Sandhy Putra Telkom (YSPT) yang menaungi pendidikan dasar dan menengah pada 10 Juli 2015 bersarkan Akta Notaris Tedy Triadi, SH tentang Penggabungan YPT dan YSPT No.1.

Lembaga yang berada di bawah naungan YPT pun semakin besar, saat ini di bawah YPT terdapat 57 lembaga  terdiri dari lembaga pendidikan dasar dan menengah, pendidikan tinggi, lembaga sertifikasi dan anak perusahaan, dengan total pegawai 2.450 orang.Lebih dari 43.000 siswa / mahasiswa saat ini tengah mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan YPT. Semuanya tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia.

Selain meningkatkan kualitas lembaga yang telah ada, YPT pun melebarkan sayapnya. Memperluas jangakauan layanan pendidikan, salah satu yang saat ini tengah dipersiapkan adalah IT Telkom Surabaya.

Dengan aset yang luar biasa ini, YPT terus memaksimalkan diri untuk dapat memberikan yang terbaik pada setiap anak bangsa. Sehingga melalui lembaga pendidikan yang ada di YPT dapat melahirkan generas-gerasi unggul untuk selanjutnya membangun peradaban bangsa. Inilah komitmen YPT pada negeri untuk membangun bangsa melalui dunia pendidikan.

Wassalamualaikum Wr Wb

Dwi S. Purnomo 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.