Category: CEO YPT

Tulisan dari CEO Yayasan Pendidikan Telkom yang di share melalui E-Mail, di copas ke sini sebagai bahan bacaan bari para pegawai YPT yang tidak buka email.

Bersama Melebarkan Sayap Dengan Peran Aktif Yayasan

Bersama Melebarkan Sayap Dengan Peran Aktif Yayasan

Dwi S. Purnomo

Dwi S. Purnomo

Assalamualaikum Wr,Wb

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Perubahan merupakan hal yang mutlak terjadi, tak terkecuali di dunia pendidikan. YPT sebagai Yayasan yang menaungi lembaga pendidikan berbasis ICT harus memiliki visi ke depan. Bagaimana menyikapi segala perubahan yang terjadi saat ini dan masa depan.

Sebagai contoh, berkembangnya teknologi ICT yang begitu pesat telah membawa dampak yang dahsyat di seluruh dunia. Hal ini tentunya perlu disikapi dengan serius, agar lembaga pendidikan YPT dapat bertahan.

Sekaranglah waktunya para pimpinan di Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan untuk berperan aktif. Bukan lagi masanya untuk berdiam diri dengan segala perubahan, hanya menunggu perubahan itu datang dan gagap menyikapinya, lalu meresponnya secara sporadis, pada akhirnya kita hanya menjadi pengikut.

Saat ini waktunya kita merumuskan strategi, merancang dan menentukan langkah ke depan menuju masa depan seluruh lembaga yang berada di naungan YPT. Sehingga di tengah gempuran teknologi ICT yang terus melesat, lembaga pendidikan YPT dapat terus hadir untuk berkontribusi pada dunia pendidikan, menghasilkan generasi berkualitas dan lulusannya mampu diserap bahkan ditunggu oleh industri.

Planning yang smart, didukung kemampuan untuk memetakan tantangan di masa depan menjadi kunci bagi YPT untuk sampai ke tujuan. Sehingga langkahnya pasti, tidak sekedar meraba-raba mengikuti tren. Hal ini juga penting bagi lembaga untuk dijadikan sebagai guidanceatau arahan untuk mengembangkan diri.

Seluruh pimpinan di Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan harus memiliki visi yang sama, begitu juga dengan pimpinan di semua lembaga, bekerja dengan ikhlas, berperan aktif untuk mengembangkan seluruh lembaga. Semuanya harus bekerjasama dan saling mendukung, yang tidak kalah penting yaitu adanya  dukungan dari seluruh lembaga.

Dengan fondasi yang kuat tersebut, yakinlah seluruh lembaga di bawah naungan YPT dapat terus berkibar. Semua ini sangat penting, terlebih Yayasan telah mencanangkan 2018 sebagai Tahun Pertumbuhan, yang memusatkan perhatian pada kualitas dan kuantitas. Menjaga kualitas layanan menjadi modal bagi Yayasan untuk terus maju.

Tentunya Yayasan akan terus memperkuat lembaga pendidikan dan non pendidikan yang telah ada. Disamping itu, Yayasan juga akan melebarkan sayapnya untuk dapat tumbuh semakin besar dengan memperluas jangkauan layanan pendidikan di kota-kota yang baru.

Tunas-tunas lembaga pendidikan YPT akan tumbuh di wilayah Jawa Timur, yaitu jenjang SMK di Sidoarjo dan jenjang perguruan tinggi yaitu Institut Teknologi Telkom di Surabaya. Tahun depan, dua lembaga pendidikan ini sudah mulai melaksanakan penerimaan peserta didik baru.

Penambahan lokasi layanan pendidikan telah masuk dalam Rencana Strategis Yayasan 2018-2022,  bahkan diamanatkan dalam YPT Annual Message tahun 2018,  dalam Program Utama Yayasan, khusunya pada poin ke tiga mengenai Expansion&Sinergy yaitu mengembangkan lembaga pendidikan yang didukung dengan sinergi dengan lembaga internal lainnya, mengenai pengembangan lembaga pendidikan di Surabaya/Sidoarjo.

Pengembangan ini juga sesuai dengan komitmen Yayasan untuk mendekatkan layanan pendidikan berkualitas pada masyarakat di seluruh Indonesia. Sehingga sesuai dengan amanat PT Telkom untuk membangun bangsa melalui pendidikan.

Seluruh lembaga hendaknya dapat mendukung seluruh program Yayasan, sehingga kita semua dapat berjalan bersama-sama dalam langkah yang sama, melebarkan sayap  untuk terbang bersama membawa Yayasan ini semakin besar, semakin berjaya.

yayasan pendidikan telkom

yayasan pendidikan telkom

Wassalamualaikum Wr,Wb

Dwi S. Purnomo 

Sinergi Untuk Masa Depan

yayasan pendidikan telkom

yayasan pendidikan telkom

Sinergi Untuk Masa Depan

 

Assalamualaikum, Wr Wb

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Yayasan Pendidikan Telkom merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dengan 52 lembaga pendidikan dasar dan menengah. Dengan aset yang besar ini, YPT menjelma menjadi satu kekuatan yang semakin diperhitungkan di dunia pendidikan. Hal ini pula mengukuhkan cita-cita Yayasan untuk menjadi lembaga pendidikan yang terdepan di bidang ICT di Indonesia.

 

Segala yang dimiliki oleh YPT ini selayaknya dapat mengantarkannya ke masa depan yang gemilang. Sinergi menjadi salah satu kunci bagaimana kita dapat mencapai mas depan yang diharapkan.

 

Senang sekali, saya telah menyaksikan sinergi tersebut dalam pelaksanaan RAPIM 1 2017 YPT Group di Makasar beberapa waktu lalu. Pada kali perdana itu, seluruh pimpinan lembaga di bawah YPT dipertemukan, mulai dari pimpinan lembaga pendidikan dasar dan menengah, lembaga pendidikan tinggi hingga lembaga non pendidikan.

 

Seluruhnya berbaur, saling mengenal satu sama lain hingga akhirnya dapat saling membantu dan memajukan. Inilah sinergi yang sebenarnya dan seharusnya terjadi di YPT.

 

Sinergi adalah energi baru yang dapat menciptakan kekuatan YPT Group dari dalam, sehingga semakin kuat di luar. Lembaga yang lebih kecil mengambil banyak pelajaran dari lembaga yang lebih besar, sementara lembaga yang lebih besar dengan keikhlasannya membagikan ilmu yang dimilikinya.

 

Sinergi mampu mengikis arogansi dan di lain sisi juga meningkatkan kepercayaan diri. Sehingga kemajuan satu lembaga YPT dapat ditularkan pada lembaga yang lain. Inilah sinergi, seluruhnya maju bersama sehingga kesuksesan ini dapat dirasakan oleh bersama juga.

 

Dengan sinergi maka, tidak perlu takut menghadapi persaingan di luar, karena kita telah siap dan kuat. Dengan segala amunisinya, antara lain kebersamaan, keikhlasan mengabdi dan berbagi ilmu. Inilah yang membuat YPT semakin solid.

 

Saudaraku, kita berada dalam satu naungan, satu rumah, maka begitupun dengan kantongnya, kita mempunyai satu kantong yang diisi oleh seluruh lembaga mulai dari lembaga pendidikan dasar dan menengah juga lembaga pendidikan tinggi.

                       

Isi kantong tersebut bercampur baur menjadi satu dan dikelola dengan sebaik-baiknya. Pada akhirnya digunakan sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Yayasan, untuk pertumbuhan dan kesejahteraan bersama untuk seluruh lembaga tanpa terkecuali.

 

Karena kita semua satu, maka arah langkah pun harus seiring sejalan. Bagaimana kita menyamakan langkah?. Dengan menyamakan persepsi, satu misi sehingga visi dari Yayasan ini dapat tercapai dengan baik.

 

Jika diibaratkan sebuah peperangan, maka target atau yang menjadi misi kita adalah mencapai visi. Jika sudah seiring sejalan misinya maka, cara apapun yang digunakan visinya dapat tercapai sesuai dengan target yang ditentukan sebelumnya.

 

Apa yang telah terjalin dengan baik ini hendaknya dapat terus dipelihara, sehingga gaung YPT yang semakin besar diluar juga dirasakan manfaatnya oleh seluruh lembaga tanpa terkecuali.

 

Wassalamualaikum Wr.Wb

Dwi S. Purnomo

 

yayasan pendidikan telkom

Tahun Untuk Berbalik Arah

Tahun Untuk Berbalik Arah   ​ Assalamualaikum Wr. Wb Salam Sejahtera Bagi Kita Semua    Jika kita kembali berkaca ke tahun-tahun sebelumnya, Lembaga Non Pendidikan dan Anak Perusahaan di bawah Yayasan masih belum cukup memiliki pondasi yang kuat. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal dimana salah satunya adalah lembaga non pendidikan dan anak perusahaan dibawah…

Makna Ikhlas Dalam Bekerja

CEO Notes Maret 2017 Makna Ikhlas Dalam Bekerja ​ Assalamualaikum Wr. Wb Salam Sejahtera Bagi Kita Semua   Bekerja merupakan kewajiban bagi setiap manusia. Tetapi perlu kita ketahui saudaraku, bahwa bekerja juga perlu untuk dilandasi dengan keikhlasan. Ya, Ikhlas,  suatu kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebuah kata yang singkat namun sangat…

%d bloggers like this: