[:id]Penamaan makanan yang mengandung babi[:]

[:id]Tulisan ini diperuntukan bagi saudara-saudara muslimku yang ingin menghindari makanan yang mengandung babi. Saya sendiri sebetulnya sempat beberapa kali kecele order makanan yang mengandung babi.

Pernah waktu itu mendekati sebuah kaki lima yang jualan nasi goreng, dari spanduk kaki limanya cuma ada tulisan nasi goreng, tidak ada emblem babi, saya lihat dari jauh yang jualan bapak ibu sudah tua, dan si ibu pakai penutup rambut, kain yang diuntel-untel kaya nenek-nenek di desa habis mandi. Saya masih berpikiran itu kerudung, kayanya yang jualan muslim. Saya dekatin lalu bilang “bu nasi goreng 2 ya” kebetulan saya sama istri, dan istri saya berjilbab. Si ibu dengan mukan heran, lalu berkata “ini babi den…”, saya dengan heran dan malu… “oh babi… ya udah ngga jadi…” leos indit…”

Beberapa kali juga di bali, di resto-resto, karena ngga ada kandungannya, saya pesan ini itu, eh pas ada temen yang ngerti, baru dia ngasih tau kalau itu babi, sedangkan makanan sudah dihidangkan, akhirnya cuma bisa bayar tanpa memakannya. Dulu pernah juga waktu belum ngerti makan big burger di bandara luar negri… eh ternyata sebulan kemudian baru tahu kalau itu babi… hadeuhhh….

Yang paling update di salah satu swalayan, hampir aja beli bumbu masakan mengandung babi, baca isi kandungan, lalu menengadah keatas, zong… ternyata zona babi… hehehehe…, masih bagus kalau di swalayan besar biasanya ada pengumuman mengandung babi…

 

Pork

Crispy Pork Belly Sambal Matah

Photo source: bago.jakarta

Istilah yang pertama dan paling banyak ditemui adalah pork, kayak nama menu dari Bago Jakarta, yaitu Crispy Pork Belly Sambal Matah. Dari namanya aja sudah keliatan kan guys kalau menu makanan ini mengandung daging babi.

Swine

Swine

Photo source: natdonuts.blogspot.com

Swine adalah sebutan untuk daging babi dari semua jenis babi yang ada. Salah satu restoran yang punya menu Swine adalah H Gourmet & Vibes. Jangan sampai salah pesan ya guys!

Bacon

Bacon

Photo source: www.culinarybonanza.com

Meskipun bacon juga bisa dipakai untuk daging sapi yang dikeringkan atau diasap, tapi sebagian besar orang menyebut bacon sebagai sebutan daging babi yang diasap atau dikeringkan. Kayak menu yang ada di St.Ali Jakarta yaitu Waffles with Bacon & Maple Syrup contohnya. Menu ini adalah menu waffle yang diatasnya diberi irisan bacon babi.

Char Siu

Char Siu

Photo source: @y0ungmango

Char siu adalah daging babi yang dimasak merah, atau biasanya juga dipakai untuk menu barbeque. Makanya, kalau nemu menu yang ada istilah char siu-nya, berarti makanan itu mengandung daging babi.

Cu Nyuk

Cu Nyuk Bubur Babi

Photo source: @anak__kucing

Kalau Cu Nyuk adalah daging babi yang biasanya banyak ditemukan dalam masakan seperti bubur atau siomay. Jangan sampai salah pesan dan salah makan ya!

Yakibuta

Yakibuta

Photo source: @bee.jay.jarin

Sajian dari daging babi hampir mirip dengan char siu dan biasanya dijadikan topping ramen.

Dwaeji

Dwaeji

Photo source: @xvrlum

Dwaeji adalah sebutan daging babi dalam bahasa Korea. Biasanya banyak ditemukan dalam menu bulgogi atau galb. Siapa yang suka makan makanan Korea? Jangan sampai salah pesan nih ya…

Tonkotsu

Tonkotsu

Photo source: @chiffon_quilt

Tonkkotsu adalah sajian dari irisan daging babi yang digoreng pakai tepung panir sampai crispy. Atau biasanya juga ditemukan sebagai topping ramen.

Nasi Goreng Merah

Nasi Goreng Merah

Photo source: www.perutgendut.com

Meskipun namanya ngga ada unsur babi sama sekali, tapi kamu harus waspada kalau nemuin menu Nasi Goreng Merah yang ada di RM. Irtim Makassar karena nasi goreng merah ini mengandung potongan daging babi lho!

Sebenarnya masih banyak banget istilah makanan yang mengandung babi kayak lard, B2, rou, nibuta, ham, hog, Nasi Goreng Lap Chong/Lap chiong, dan berbagai istilah lainnya yang harus kamu pahami biar ngga salah pesan.

 

Sumber : https://www.qraved.com/journal/people/berikut-ini-istilah-makanan-mengandung-daging-babi-yang-harus-kamu-ketahui[:]

Leave a Reply

%d bloggers like this: