WhatsApp vs Telegram

[:id]Fitur Yang Kini ada di WA seperti yang di Tele[:]

[:id]Sepertinya strategi ATM akan terus berlanjut di jagat Teknologi Informasi, karena memang ini adalah strategi yang paling efisien untuk bisa tetap eksis.

Seperti kita ketahui bagi para pengguna WA (WhatsApp) merupakan aplikasi chat yang sangat minimalis ringan cepat dan tanpa iklan, sekarang pemiliknya adalah facebook. Kemudian hadir Telegram yang banyak memiliki beragam fitur, namun menurut saya pribadi kecepatannya masih bagus WA. Tapi karena fiturnya lebih OK, saya pribadi pun lebih suka Tele dibandingkan WA, selain itu bisa dibuka di desktop tanpa harus HP hidup. TOP bingitss kan…

 

Tanpa pemberitahuan resmi, para pengguna WhatsApp pada tanggal 20 September 2016 kemarin merasakan sebuah perubahan pada aplikasi chat tersebut. Apabila kamu menekan tanda “@” di sebuah group chat, maka akan muncul nama atau nomor telepon para anggota grup tersebut.

Jika kamu memasukkan sebuah nama atau nomor telepon ke dalam sebuah pesan, maka orang tersebut akan mendapat pemberitahuan, meski mereka menonaktifkan (mute) notifikasi dari grup tersebut. Fitur ini sangat mirip dengan fitur Mention yang telah dimiliki oleh pesaing WhatsApp, yaitu Telegram, sejak bulan Maret 2015 silam.

Niatan WhatsApp yang berniat “membagikan” informasi pengguna kepada Facebook berujung kontroversi. Eh ada cara mencegahnya lo!

Hal ini menambah panjang daftar fitur-fitur Telegram yang “dicontek” oleh aplikasi chat yang dimiliki oleh Facebook ini. Apa saja fitur lain dari Telegram yang juga telah dibuat oleh WhatsApp?

Gratis

Amnesia Gratis | featured

Pada awal kemunculannya, WhatsApp mengenakan biaya yang harus dibayar para pengguna setelah menggunakan aplikasi tersebut selama setahun untuk menikmati layanan ini. Hal ini berbeda dengan Telegram yang sejak awal memang memberikan layanan mereka secara gratis.

WhatsApp pun akhirnya memutuskan untuk mengikuti langkah tersebut pada bulan Januari 2016.

Batas anggota group chat yang besar

Telegram 4

Pada bulan November 2015 yang lalu, Telegram mengumumkan sebuah fitur baru bernama Supergroup, yang memungkinkan pengguna mereka untuk membuat group chat dengan jumlah maksimal pengguna 1.000 orang. WhatsApp pun ikut mengikuti langkah tersebut, dengan menaikkan jumlah maksimal pengguna di sebuah group chat dari hanya 100 orang menjadi 250 orang.

Tak berhenti sampai di situ, Telegram pun kembali menaikkan batas maksimal pengguna dari 1.000 orang menjadi 5.000 orang pada bulan Maret 2016.

End to end encryption

WhatsApp Encryption 1

Pada bulan April 2016, WhatsApp meluncurkan fitur end-to-end encryption yang berfungsi untuk menjamin keamanan pesan dan data yang terkirim lewat aplikasi tersebut. WhatsApp bahkan menyatakan kalau mereka sendiri tidak bisa melihat pesan yang dikirimkan oleh para pengguna mereka berkat kehadiran enkripsi tersebut.

Telegram sebenarnya telah terlebih dahulu menghadirkan end to end encryption. Bedanya, mereka hanya menggunakan enkripsi tersebut untuk fitur Secret Chat saja, dan tidak untuk semua jenis pesan.

Aplikasi khusus untuk desktop

WhatsApp di Perangkat Desktop | Ilustrasi

Berlanjut ke bulan Mei 2016, WhatsApp juga membuat sebuah aplikasi khusus untuk perangkat desktop berbasis Windows dan Mac. Langkah ini juga dinilai “mencontek” Telegram yang sebelumnya telah mempunyai aplikasi serupa. Aplikasi buatan Telegram bahkan selangkah lebih maju karena tidak perlu terhubung dengan smartphone ketika digunakan.

Reply

Whatsapp Fitur Quote di iOS dan Android | Screenshot

Perbandingan tombol untuk mengutip pesan di Whatsapp: iOS (kiri), dan Android (kanan)

Tak cukup meniru fitur-fitur “besar” dari Telegram, WhatsApp pun juga ikut menghadirkan fitur-fitur kecil yang dibuat oleh pesaingnya tersebut. Pada bulan Juni 2016, WhatsApp menghadirkan fitur Reply yang sebenarnya telah dibuat oleh Telegram sejak 1,5 tahun yang lalu.


Melihat fenomena ini, nampaknya tidak terlalu sulit untuk menebak fitur-fitur lain yang akan diluncurkan WhatsApp di kemudian hari. Kamu cukup mencari apa fitur Telegram yang belum dibuat tiruannya oleh WhatsApp. Setelah ini, mungkin Hashtag?

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber Gambar: IndoGadgetNews)

Sumber: https://id.techinasia.com/6-fitur-telegram-yang-telah-dicontek-oleh-whatsapp[:]

Leave a Reply

%d bloggers like this: