Bersama Melebarkan Sayap Dengan Peran Aktif Yayasan

Bersama Melebarkan Sayap Dengan Peran Aktif Yayasan

Dwi S. Purnomo

Dwi S. Purnomo

Assalamualaikum Wr,Wb

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Perubahan merupakan hal yang mutlak terjadi, tak terkecuali di dunia pendidikan. YPT sebagai Yayasan yang menaungi lembaga pendidikan berbasis ICT harus memiliki visi ke depan. Bagaimana menyikapi segala perubahan yang terjadi saat ini dan masa depan.

Sebagai contoh, berkembangnya teknologi ICT yang begitu pesat telah membawa dampak yang dahsyat di seluruh dunia. Hal ini tentunya perlu disikapi dengan serius, agar lembaga pendidikan YPT dapat bertahan.

Sekaranglah waktunya para pimpinan di Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan untuk berperan aktif. Bukan lagi masanya untuk berdiam diri dengan segala perubahan, hanya menunggu perubahan itu datang dan gagap menyikapinya, lalu meresponnya secara sporadis, pada akhirnya kita hanya menjadi pengikut.

Saat ini waktunya kita merumuskan strategi, merancang dan menentukan langkah ke depan menuju masa depan seluruh lembaga yang berada di naungan YPT. Sehingga di tengah gempuran teknologi ICT yang terus melesat, lembaga pendidikan YPT dapat terus hadir untuk berkontribusi pada dunia pendidikan, menghasilkan generasi berkualitas dan lulusannya mampu diserap bahkan ditunggu oleh industri.

Planning yang smart, didukung kemampuan untuk memetakan tantangan di masa depan menjadi kunci bagi YPT untuk sampai ke tujuan. Sehingga langkahnya pasti, tidak sekedar meraba-raba mengikuti tren. Hal ini juga penting bagi lembaga untuk dijadikan sebagai guidanceatau arahan untuk mengembangkan diri.

Seluruh pimpinan di Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan harus memiliki visi yang sama, begitu juga dengan pimpinan di semua lembaga, bekerja dengan ikhlas, berperan aktif untuk mengembangkan seluruh lembaga. Semuanya harus bekerjasama dan saling mendukung, yang tidak kalah penting yaitu adanya  dukungan dari seluruh lembaga.

Dengan fondasi yang kuat tersebut, yakinlah seluruh lembaga di bawah naungan YPT dapat terus berkibar. Semua ini sangat penting, terlebih Yayasan telah mencanangkan 2018 sebagai Tahun Pertumbuhan, yang memusatkan perhatian pada kualitas dan kuantitas. Menjaga kualitas layanan menjadi modal bagi Yayasan untuk terus maju.

Tentunya Yayasan akan terus memperkuat lembaga pendidikan dan non pendidikan yang telah ada. Disamping itu, Yayasan juga akan melebarkan sayapnya untuk dapat tumbuh semakin besar dengan memperluas jangkauan layanan pendidikan di kota-kota yang baru.

Tunas-tunas lembaga pendidikan YPT akan tumbuh di wilayah Jawa Timur, yaitu jenjang SMK di Sidoarjo dan jenjang perguruan tinggi yaitu Institut Teknologi Telkom di Surabaya. Tahun depan, dua lembaga pendidikan ini sudah mulai melaksanakan penerimaan peserta didik baru.

Penambahan lokasi layanan pendidikan telah masuk dalam Rencana Strategis Yayasan 2018-2022,  bahkan diamanatkan dalam YPT Annual Message tahun 2018,  dalam Program Utama Yayasan, khusunya pada poin ke tiga mengenai Expansion&Sinergy yaitu mengembangkan lembaga pendidikan yang didukung dengan sinergi dengan lembaga internal lainnya, mengenai pengembangan lembaga pendidikan di Surabaya/Sidoarjo.

Pengembangan ini juga sesuai dengan komitmen Yayasan untuk mendekatkan layanan pendidikan berkualitas pada masyarakat di seluruh Indonesia. Sehingga sesuai dengan amanat PT Telkom untuk membangun bangsa melalui pendidikan.

Seluruh lembaga hendaknya dapat mendukung seluruh program Yayasan, sehingga kita semua dapat berjalan bersama-sama dalam langkah yang sama, melebarkan sayap  untuk terbang bersama membawa Yayasan ini semakin besar, semakin berjaya.

yayasan pendidikan telkom

yayasan pendidikan telkom

Wassalamualaikum Wr,Wb

Dwi S. Purnomo 

Leave a Reply

%d bloggers like this: