[:id]Apa sih itu Google Panda[:]

[:id]Saya pusing tujuh keliling melihat traffic website saya turun drastis. apa-sih-itu-google-pandaKalau biasanya web mendapatkan 800 visitor/hari, tapi suatu kali hanya mendapatkan 160 UV/hari. Penurunan sebanyak 80 persen ! Apa yang salah dengan website saya ini ? Bagaimana cara mengembalikan SERP ? Dan apa rencana kedepannya ? Selidik punya selidik, ternyata perubahan alogaritma Google yang menjadi penyebabnya, nama updatenya adalah Google Panda ! Sial dua belas !

Penyebab turunnya traffic website

Apa sih itu Google Panda

UPDATE DARI GOOGLE CAFFEIN KE GOOGLE PANDA
Bagi blogger yang ingin sukses mendulang dollar di internet tentunya asing dengan istilah caffein dan panda ini…hehehehe… Pokoknya bisa nangkring di halaman pertama, begitu pikirnya. Ngapain belajar caffein-caffeinnan dan panda-pandaan. Muncul di halaman pertama saja sulitnya bukan main, ngapain belajar hal-hal yang gak penting ini !

Tapi, mulai bulan April lalu, tepatnya tanggal 12 April 2011, blogger, seo’er, pembuat web, dan segala antek-anteknya di seluruh dunia mengalami keputusasaan yang dalam. Traffic website mereka anjolg ! Rata-rata 50 persen, yang paling parah drop sampai 90 persen. Artinya kalo sehari website mereka dikunjungi 1.000 visitor, hari ini hanya 100-500 unique visitor saja. Benar-benar tamparan yang keras ! Mikir Pak ?? JELAS LAH ! Apalagi mereka yang menggantungkan hidupnya dari Bisnis Internet saja !

Mau tidak mau, saya dan mereka harus belajar yang namanya Google Caffein atau Google Panda ini !

Sebelumnya, kita harus tahu bahwa orang-orang pintar di Google kerjanya adalah mengutak-atik alogaritma Search Engine. Tiap hari, bahkan tiap jam selalu ada perubahan dalam sistem pencarian dan peringkat website. Tujuannya adalah menampilkan hasil yang relevan dengan keyword yang diketikan oleh pengguna internet. Ketika seseorang mengetik tentang “harga Nokia E75” maka dia mengharapkan Google menampilkan harga E75 hari ini, bukan bisnis internet atau memperbesar penis dan ingin sex tahan lama.

Ini adalah kelemahan alogaritma Google sebelum diupdate. Sudah menjadi hukum alam kalau maling lebih pinter dari polisi. Google tidak pernah membuat alogaritma yang seperti ini, tetapi hal ini disebabkan karena sudah banyak orang yang mengetahui alogaritma SEO google yang dikenal dengan nama Caffein ini.

Bagaimana dengan kita sendiri ? Apakah kita ingin melihat hasil pencarian harga Nokia E75 atau Teknik memperbesar penis ? Atas dasar inilah Mbah Google mengupdate alogaritmanya !  Semuanya untuk kepentingan kita sendiri.

Update sistem yang dilakukan Google kali ini sifatnya mendasar ! Artinya perubahan besar-besaran atau perubahan total ! Kalo Google Caffein dulu tujuannya adalah pengindex-an yang cepat dan meluas, maka Google panda kali ini adalah memangkas dan menyingkirkan hasil yang tidak relevan dari database mereka !

Booming Internet di awal tahun 2000 lalu menyebabkan semua orang membuat website, blog, dan toko online. Alogaritma Google tidak mampu mengindex ledakan besar dan cepat ini, karena itulah insinyur-insinyur google melekan dan banyak minum kopi untuk menyelesaikan masalah ini. Bagaimana supaya googlebot bisa mengindex dengan cepat, menyeluruh, dan relevan. Banyaknya kafein dan kopi yang diminum oleh  tim google inilah yang membuat update alogaritma awal tahun 2000 dinamakan Google Caffein (Bukan fakta dan data yang akurat ! Hanya berdasarkan imajinasi saya…wakakakakak)

Mengapa kok Update kali ini dinamakan  Panda ? Kira-kira karena perkembangan dan jumlah penduduk Cina yang besar. Insinyur-insinyur Google membayangkan 2.000.000.000 orang membuat 2.000.000.000 website secara serentak ! Bukan kopi lagi yang harus diminum rek…hahahahaha….

Alogaritma si Panda ini tujuannya untuk membuang website-website yang tidak relevan dengan hasil pencarian. Sekalipun relevan tapi kalo banyak iklannya akan mempengaruhi hasilnya loh ! Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi si putih totol-totol hitam yang gendut ini ?

 

TIPS SEO TERBARU GOOGLE PANDA

Google PandaPerubahan alogaritma google harus diikuti dengan perubahan teknik SEO. Yang pasti, semua cara Black Hat yang kita ketahui sebelumnya menjadi tidak berlaku lagi. Untungnya saya hanya belajar White Hat saja. Kabar buruknya, sekalipun menggunakan White Hat SEO, website saya tetap saja kena dampak Google Panda (apalagi mereka yang 100 persen Black Hat. Bisa nangis dan mencret karena dihapus dari index google!)

Jadi ? Apa yang harus kita lakukan ? Yang pasti adalah membuat website yang berkualitas. Berkualitas seperti apa Pak ? Berkualias menurut pemikiran si Panda dong ! Seperti apa ? Kira – kira seperti dibawah ini :

  • Apakah isi website anda sesuai dengan yang dicari oleh pengunjung anda ? (Ini yang disebut “Content is King”)
  • Apakah pengunjung anda mudah menemukan yang dicarinya ? (Ini yang disebut “Navigasi”)
  • Apakah pengunjung anda terganggu dengan letak dan jumlah iklan ?
  • Apakah isi website anda bisa dipercaya, bernilai, dan ilmiah ?
  • Apakah “semua” isi website anda berkualitas

 

Tips Pertama, Content is a King. Dari dulu sampai sekarang aturan SEO tidak berubah yaitu konten yang berkualitas. Ini sangat masuk akal, bukankah kita menginginkan jawaban atas pertanyaan yang kita ? Betapa bencinya ketika menemukan website yang tidak berujung pangkal alias AGC (Auto Generate Content). Ini web kok muter-muter di tempat yang sama sih ! Sialan ! Apa tujuan webmasternya ? Kabar baiknya, Google Panda berhasil mengenyahkan situs jenis ini dari databasenya ! Tulislah konten yang berkualitas agar tidak ditendang Google.

Konten yang berkualitas adalah konten yang menjawab pertanyaan pengunjung anda. Ketika mereka search dengan keyword “manfaat minyak Zaitun”, pastikan artikel anda menulis tentang semua manfaat minyak ini terhadap kesehatan. Lebih baik lagi jika ditambahi dengan saran penyajian, informasi nutrisi, dan dosis pemakaian. Lebih luar biasa lagi kalau disertai dengan hasil riset yang anda lakukan sendiri….wik keren puool !

Sebagai informasi, satu halaman yang jelek di website anda akan mempengaruhi peringkat secara keseluruhan. Karena itu buang saja konten yang tidak berkualitas dan tidak ada hubungannya dengan fokus website anda. Jika tema anda adalah handphone, maka buang segala tulisan tentang kesehatan atau humor. Karena Si Panda akan kebingungan menentukan hubungan antara handphone, humor, dan kesehatan.

Tips kedua, kurangi jumlah iklan. Ini mungkin salah satu alasan mengapa situs saya jelek di mata alogaritma Google Panda. Anda bisa melihat iklan di sisi kiri, sisi kanan, dan di akhir tulisan-tulisan saya ! Semakin panjang topik yang saya tulis, semakin banyak pula iklan yang mengisinya. Maklum, waktu itu disain situs saya adalah iklan di sebelah kanan konten. Sekarang… mati aku ! Harus merubah disain secara keseluruhan ! Dieeeeng !!! Tapi, siapa yang tahu akan perubahan mendasar ini ?

Berapa jumlah iklan yang ideal per halaman ? Tidak ada patokan yang pasti dari Google. Tapi menurut saya jumlahnya tidak boleh lebih dari 3 iklan ! Kalo lebih gimana pak ? Yah tentunya akan berbanding terbalik dengan SERP anda. Semakin sedikit iklan, akan semakin muncul di halaman awal, semakin banyak iklan akan semakin tersingkir di belakang ! Terserah anda mau pilih yang mana !

Sumber: http://wapannuri.com/a.komputer/google-panda.html

GOOGLE PANDA, PENYEBAB TURUNNYA TRAFFIC WEBSITE ANDA

[:]

Leave a Reply

%d bloggers like this: